Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Ini Alasan Harga Perumahan di Cibubur Bisa Berlipat

by lhmdi on 13 Agustus, 2017

inspirasi desain rumah_KPR - CekAja.com

Memiliki rumah sendiri tentunya adalah keinginan bagi setiap masyarakat. Salah satu tempat yang tempat untuk menemukan rumah adalah di kawasan Cibubur.

Lokasi perumahan Cibubur bisa menjadi lokasi alternatif dan favorit sebagai tempat tinggal. Pasalnya, kota Cibubur sendiri berbatasan dengan tiga kota lainnya yaitu Bogor, Depok dan Jakarta.

Selain itu, pada waktu 10 tahun yang lalu, kawasan Cibubur menawarkan rumah yang harganya terjangkau. Mulai dari kompleks perumahan, hingga rumah-rumah yang berada di luar pekerjaan para pengembang.

Hingga kini, kawasn Cibubur pun tetap menjadi tempat pilihan untuk menetap. Hal ini juga berlaku bagi masyarakat umum lainnya yang saat ini  mulai berencana untuk menyiapkan pembelian rumah.

Hanya saja, tidak semua masyrakat bisa mendapatkan rumah yang harganya relatif terjangkau di daerah Cibubur. Rata-rata pengembang yang akan membangun perumahan Cibubur menetapkan harga relatif tinggi.

Setidaknya hal ini cukup masuk akal. Mengingat banyak pengembang yang mendirikan rumah di sekitar Cibubur sudah memiliki reputasi yang bagus. Selain itu, dari daftar perumahan yang dibangun pun menawarkan kenyamanan bagi penghuninya.

Daftar Perumahan di Cibubur

rumah elite _ KPR - CekAja.com

Reputasi yang bagus dari pengembang yang membangun perumahan biasanya akan menjadi pertimbangan lain bagi masyarakat dalam memilih tempat tinggal atau rumah.

Hingga saat ini daftar perumahan Cibubur yang mudah untuk ditemukan dan menjadi pilihan masyarakat adalah Citra Grand, Cibubur Residence, Harvest City, Cycas Residences, Metland Cibubur dan  Modesta Coco Garden.

Selain itu, masih terdapat daftar perumahan yang memiliki kesan eksklusif seperti Bungur Residence, Perumahan Citra Garden Cibubur, Perumahan Kota Wisata, The Green Kranggan, Raffles Hills, Bukit Golf Cibubur hingga Norlind Townhouse.

Tentu saja, masih banyak perumahan lainnya di kawawan Cibubur baik yang sudah dibangun. Bahkan, bukan tidak mungkin, akan bermunculan perumahan-perumahan baru di sekitar kawasan Cibubur.

Widget TRV Insurance

Namun, berapa nilai properti saat ini di sekitar kawasan Cibubur? Berbagai perumahan yang sudah ada atau pun perumahan yang baru akan dibangun ternyata menawarkan harga yang bervariasi.

Catatan yang dihimpun dari kompas.com pada tahun 2104 yang lalu menyebutkan, harga rumah di kawasan Cibubur adalah Rp 400.000.000 hingga Rp 1 Miliar lebih.

Hal ini disebabkan di sekitar kawasan Cibubur terus berkembang, dari yang hanya pinggiran kota menjadi sebuah hunian dengan konsep modern.

Aapalagi, Jika sebuah kawasan kian prospektif dalam jangka waktu panjang, maka harga jualnya akan lebih tinggi. Lalu, kira-kira, apa yang membuat  harga rumah di Cibubur begitu tinggi hingga saat ini?

  1. Lokasi yang strategis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kawasan Cibubur berada sangat dekat dengan kota-kota yang pada penduduk lainnya seperi Bogor, Depok dan Jakarta.

Lokasi yang strategis plus pertimbangan ekonomis memiliki akses yang mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya merupakan pertimbangan kenapa harga rumah hingga tanah di sekitar perumahan Cibubur akan melambung naik etiap tahunnya.

Apalagi jika kualitas lingkungan fisik tempat tersebut juga sangat baik. Mulai dari salurang air, ketersediaan listrik, hingga taman dan lingungan yang sehat akan membuat nilai ekonomis harga rumah akan semakin mahal.

  1. Pengembangan transportasi masal

Dari tahun ke tahun semakin banyak masyarakat yang memilih tempat tinggal di daerah Cibubur. Semakin padatnya penduduk di sekitar kawasan tersebut membuat semakin banyaknya kebutuhan akan kendaraan pribadi.

Semakin banyaknya kendaraan pribadi yang dimiliki oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Cibubur, tentuya membuat jalanan di sekitar kawasan tersebut menjadi macet.

Usaha pemerintah untuk memperbanyak luas jalan semakin sia-sia karena jumlah kendaraan semakin meningkat. Pemerintah pun akhirnya tahun ini mengembangkan transportasi masal yang diberi nama Light Rail Transit (LRT)

Bagi negara-negara yang sudah mengadopsi Light Rail Transit, transportasi ini merupakan sistem Kereta Api yang beroperasi dikawasan perkotaan dan bisa berjalan dengan transportasi lainnya dalam sebuah sistem lalu lintas.

Pengembangan infrastruktur dan sistem transportasi publik ini nantinya akan mendorong daerah Cibubur menjadi kawasan yang lebih mudah terjangkau dan terbuka, dan akan menjadi pertimbangan masyarakat yang membutuhkan tempat tinggal meskipun beraktifitas di pusat kota.

  1. Mulai bermunculan tempat wisata baru di Cibubur

Telaga Arwana, Cibubur Garden Diary, merupakan beberapa tempat wisata yang saat ini sering dikunjungi masyarakat saat akhir pekan.

Hal ini masih belum dihitung dengan tempat-tempat wisata lainnya yang disediakan oleh pengembang atau pemerintah untuk mengembangkan kawasan Cibubur.

Inilah nantinya yang akan ikut memicu harga rumah di sekitar kawasan Cibubur akan semakin tinggi. Pasalnya dengan bermunculannya lokasi wisata baru, bukan hanya warga Cibubur saja yang dapat menikmatinya. Warga perkotaan dari Bogor hingga Jakarta pun nantinya akan memiliki pilihan untuk berwisata.

Jenis wisata lainnya yang diperkirakan akan dapat memicu naiknya harga rumah di Cibubur adalah kehadiran wisata di pusat perbelanjaan atau mall. Bagi kita yang selama in ipernah melintas di kawasan ini pastinya pernah mendengar nama Cibubur Junction atau Mall Ciputra Cibubur.

Bukan tidak mungkin, di masa yang akan datang akan semakin bermunculan tempat-tempat wisata baru berupa mall atau pusat perbelanjaan di kawasan Cibubur.

  1. Akses jalan tol

Selain Light Rail Transit, satu lagi pengembangan fasilitas publik yang dibangun di dekat kawasan perumbahan Cibubur adalah jalan tol.

Hingga kini akses bai masyarakat yang akan menuju Cibubur, hanya bisa menggunakan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi Jagorawi.

Kini, pemerintah tengah membangun akses tol Cimanggis-Cibitung yang nantinya diharapkan akan membuka jalur baru bagi masyarakat yang akan datang dan pergi di kawasan Cibubur.

Semakin banyak pintu masuk dan keluar tol menuju Cibubur pun dapat memicu harga rumah di kawasan Cibubur semakin meningkat, karena akses transportasi semakin mudah untuk digunakan

  1. Pertumbuhan daerah di sekitar Cibubur

Kawasan Cibubur sangat dekat dengan berbagai kota yang kini mulai tumbuh pesat. Selain Jakarta, masih ada kota-kota lainnya seperti Bogor, Cibinong, Cimanggis hingga Depok.

Masing-masing kota-kota yang berada tidka jauh dari Cibubur ini mengalami pertumbuhan yagn cukup signikan dari sisi sosial-ekonomi. Sebagai contoh di Depok kini mulai babnyak bermunculan perkantoran.

Sementara itu, aktifitas Cibinong pun kian berkembang. Selain pasar tradisional, pusat-pusat perbelanjaan mulau bermunculan di tempat ini. Pertumbuhan kota-kota yang berada di kawasan Cibubur ini nantinya akan membuat masyarakat mulali mengalihkan perencanaan pembelian rumah di kawasan Cibubur.

Permintaan jumlah hunian yang tinggi di kawasan Cibubur, nantinya akan memicu kenaikan harga rumah di kawasan ini.

 

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.