Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini Alasan Kenapa Kamu Tetap Perlu Kartu Kredit Meski Ada e-Wallet

by Gito on 18 Oktober, 2019

Kamu para milenial pasti sudah memiliki beberapa dompet digital alias e-wallet di ponsel pintarnya. Memiliki dompet digital memang memiliki banyak kemudahan, ditambah promonya juga bertebaran di mana-mana. Meski begitu kamu tetap membutuhkan yang namanya kartu kredit.

Ditengah derasnya ajakan untuk menghidupkan masyarakat less cash society atau non tunai, kehadiran dompet digital seperti sebuah  keniscayaan. Masyarakat menjadi lebih mudah untuk bertransaksi keuangan tanpa harus repot memilih akun bank mana yang akan dipakai atau datang ke mesin ATM untuk menarik uang tunai.

Pun jika kamu tidak memiliki rekening di bank, dompet digital juga bisa kamu gunakan dengan melakukan top up secara tunai. Kreativitas semacam ini merupakan bentuk dari tingginya kebutuhan masyarakat, khususnya yang masuk dalam kategori unbanked untuk mendapatkan layanan keuangan.

(Baca juga: Lima Bisnis Menguntungkan Bermodal Kartu Kredit)

Melalui dompet digital, semua bisa kamu lakukan mulai dari membayar tagihan listrik bulanan, air, pulsa hingga untuk biaya perjalanan kamu menggunakan moda transportasi berbasis aplikasi. Kamu hanya tinggal memindahkan dana yang ada di rekening pribadi ke dompet digital kesayangan kamu.

Hal itu belum lagi ditambah dengan kemudahan-kemudahan lain yang bisa didapatkan dari setiap pembelanjaan di merchant kenamaan. Mulai dari cashback hingga promo potongan harga untuk pembelian item tertentu bisa didapatkan para pengguna dompet digital.

e-Wallet Terpopuler

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), saat ini terdapat 38 dompet digital yang memiliki izin resmi dari pemerintah. Sebanyak USD1,5 miliar dana berputar untuk transaksi yang menggunakan dompet digital, diproyeksi jumlah tersebut akan melonjak menjadi USD25 miliar di 2023 mendatang.

Di Indonesia penggunaan e-Wallet didominasi oleh dompet digital yang terintegrasi dengan aplikasi transportasi online seperti Gojek dan juga Grab. Berdasarkan hasil riset AppAnie, perusahaan analisis data yang berbasis di Amerika Serikat, 5 dompet digital terpopuler di Indonesia adalah Go-Pay, OVO, DANA, LinkAja dan Jenius.

Dalam riset tersebut juga disebutkan bahwa Go-Pay menjadi dompet elektronik dengan jumlah pengguna aktif terbanyak. Per Februari 2019 saja nilai transaksinya sudah mencapai USD6,3 miliar dimana 70 persennya dihasilkan dari transaksi pembayaran Gojek.

Saking tingginya, 30 persen dari seluruh transaksi uang elektronik di Indonesia dikontribusikan oleh Go-Pay. Meski mudah penggunaannya dan banyak manfaat yang bisa diambil dari dompet digital, bukan berarti kamu tidak perlu produk keuangan lainnya. 

Jangan sampai ada kondisi dimana ponsel kamu lowbatt sementara ada kebutuhan yang harus dibayarkan saat itu juga. Terbayangkan bagaimana susahnya? Disamping itu, ada juga benefit lainnya yang membuat kamu tetap tidak bisa meninggalkan kartu kredit meski ada e-wallet.

Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan kartu sakti yang dikeluarkan oleh perbankan. Dikatakan sakti lantaran kemampuannya yang bisa membantu kamu ketika dalam keadaan terjepit.

Ketika kamu membutuhkan dana ekstra untuk kebutuhan mendadak, kamu bisa memanfaatkannya untuk memenuhinya saat itu juga dengan pembayaran yang bisa dilakukan nanti saat kamu gajian.

Berdasarkan data Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), per Agustus 2019 sebanyak 17.302.241 kartu sudah diterbitkan. Jumlah tersebut menghasilkan transaksi sebanyak 222.378.266 kali. Adapun untuk nilai transaksi yang dihasilkan sudah mencapai Rp217,73 triliun. Hal itu menunjukkan bahwa kartu kredit masih dibutuhkan oleh orang banyak.

Nature transaksi yang ada di kartu kredit dan juga dompet digital berbeda. Promo yang ada di dompet digital kebanyakan digunakan untuk belanja makanan atau minuman, sementara di kartu kredit promo yang dimanfaatkan biasanya ada di produk fesyen dan juga akomodasi perjalanan.

Keunggulan Kartu Kredit Dibanding e-Wallet

Selain itu, berikut merupakan beberapa keunggulan lain yang bisa kamu gunakan dengan kartu  kredit,

1. Menunjang aktivitas di luar negeri

Aktivitas kamu untuk ke luar negeri belakangan mulai meningkat? Bepergian ke negara orang, baik untuk urusan pekerjaan, bisnis, atau sekedar liburan tentu perlu persiapan matang. Kamu harus menyiapkan alat transaksi pembayaran yang bisa diterima di negara tersebut.

Nah, selain mata uang negara tujuan, kartu kredit juga bisa menunjang sebagai alternatif alat pembayaran jika berada di luar negeri. Kartu kredit bisa diterima di mana saja selama suatu merchant memiliki logo VISA atau Mastercard. Dengan begitu, kamu akan sangat mudah bertransaksi selama berada di luar negeri.

Bayangkan jika kamu membawa uang tunai dalam jumlah yang minim, tetapi harus membeli sesuatu yang penting di luar negeri? Kamu tinggal mengeluarkan kartu kredit dan transaksi bisa langsung dilakukan.

2. Membantu berhemat lewat aneka promo

Nah, tak terbayangkan bukan bagaimana bisa kartu kredit membuat kamu berhemat? Ya, kamu bisa melakukan penghematan dengan selalu mengecek program promo kartu kredit yang sedang berlangsung.

Promo kartu kredit seringkali berupa potongan harga atau cashback di restoran, hotel, tempat wisata, dan sebagainya. Dengan adanya promo semacam itu, maka kamu bisa lebih hemat saat melakukan transaksi.

Selain itu, bagi para ibu rumah tangga, bisa memilih kartu kredit yang memberikan potongan harga apabila berbelanja di supermarket. Lumayan kan jika setiap berbelanja bulanan bisa menghemat uang?

3. Fasilitas cicilan yang meringankan

Fasilitas cicilan akan sangat meringankan ketika kamu harus membeli barang yang cukup mahal tetapi dana belum tersedia. Misalnya, untuk membeli peralatan elektronik baru karena yang lama rusak sehingga tak bisa digunakan lagi.

(Baca juga: Siap-siap, PIN Kartu Kredit Wajib Digunakan Mulai Tahun Depan)

Dengan adanya fasilitas cicilan, maka kamu akan lebih mudah mengatur pengeluaran. Kamu bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan di waktu yang tepat.

4. Memudahkan berbelanja online

Saat ini semakin banyak toko online yang menawarkan kemudahan berbelanja. Tanpa harus keluar rumah, kamu bisa mendapatkan barang yang diincar sesuai kebutuhan. Toko online pun menawarkan berbagai metode pembayaran, termasuk dengan menggunakan kartu kredit.

Kartu kredit akan membuat aktivitas belanja online kamu lebih lancar. Apalagi dengan banyaknya tawaran promo dari toko online untuk para pengguna kartu kredit. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas cicilan yang meringankan.

5. Membayar berbagai tagihan secara otomatis

Kamu mungkin pernah lupa membayar suatu tagihan? Tagihan listrik, telepon, internet, TV kabel, hingga asuransi adalah beberapa contoh daftar tagihan yang harus kamu lunasi setiap bulannya.

Jika kamu termasuk orang yang sering lupa membayar tagihan, maka kartu kredit bisa jadi solusi. Terdapat kartu kredit yang memberikan fasilitas pembayaran semua tagihan tersebut secara otomatis. Kamu pun tak perlu lagi khawatir.

Nah, CekAja.com merupakan marketplace finansial nomor satu di Indonesia yang menyediakan beragam produk finansial termasuk kartu kredit. Temukan, bandingkan, pilih, dan ajukan sendiri aplikasi kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup kamu lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami