Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Ini Alasan Kenapa Kredit Mobil Bekas Lebih Menguntungkan

by Tisyrin on 12 Oktober, 2016

gadai BPKB mobil _ kredit dengan agunan - CekAja.com

Bagi sebagian orang, memiliki mobil bukan cuma sekadar gaya-gayaan, melainkan kebutuhan untuk beraktivitas. Namun, mahalnya harga mobil membuat tak semua orang mampu membelinya. Meski sudah ada fasilitas kredit mobil baru, tetap saja tak semua orang bisa membayar cicilan dan uang mukanya.

Membeli mobil bekas secara kredit pun menjadi solusi jitu bagi mereka yang punya dana terbatas namun sangat butuh kendaraan roda empat. Ternyata, membeli mobil bekas  secara kredit juga lebih menguntungkan lho. Tidak percaya? Ini alasannya:

Mobil bekas pun bisa kredit

Uang kamu tidak cukup untuk membeli mobil bekas secara tunai? Tak perlu khawatir, lembaga keuangan pun memiliki program kredit mobil bekas. Peluang memiliki mobil terbuka pun jadi terbuka luas, asalkan kamu menyiapkan uang muka dan memastikan kamu mampu membayar cicilannya, mobil pilihan sudah bisa dibawa pulang.

Salah satu hal yang harus menjadi perhatian saat mengajukan kredit adalah besaran bunga. Setiap lembaga keuangan mematok bunga yang berbeda-beda. Manfaatkan situs pembanding produk keuangan untuk mencari bunga yang paling ringan.

(Baca juga: Daftar Kesalahan Finansial yang Mesti Dihindari Saat Pacaran)

Kamu bisa dapatkan harga lebih murah

Rata-rata harga mobil bekas jauh lebih murah dibandingkan rata-rata harga mobil baru. Bagi kamu yang baru meniti karier dan penghasilanmu belum mencukupi untuk membeli mobil baru, coba saja mengajukan kredit mobil bekas. Kamu sudah bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga Rp 80 juta–Rp 100 juta, sementara untuk mobil baru harganya berkisar antara Rp 150 juta–Rp 200 juta.

Asal teliti, bisa dapat yang masih prima

Bila kamu awam soal otomotif, ajaklah orang yang ahli saat ingin membeli mobil bekas. Asalkan teliti, kamu bisa mendapatkan mobil dalam kondisi masih prima. Saat membeli mobil, ingatlah kebutuhan bukan keinginan. Jika mobil akan banyak digunakan untuk keperluan keluarga, jangan pilih mobil sedan yang hanya punya empat kursi. Pilihlah MPV agar kamu bisa mengangkut lebih banyak orang.

Pengeluaran untuk angsuran lebih kecil

Bunga untuk kredit mobil bekas lebih tinggi daripada mobil baru. Namun, karena harga mobil bekas lebih murah, angsuran yang wajib kamu bayar lebih ringan. Berikut ini contoh perhitungannya:

Mobil baru

harga mobil: Rp 200 juta

Uang muka: Rp 60 juta

Tenor: 36 bulan

Bunga: 5,55%

Cicilan: Rp4,5 juta

Mobil bekas

harga mobil: Rp 80 juta

Uang muka: Rp 30 juta

Tenor: 36 bulan

Bunga: 8%

Cicilan: Rp 1,7 juta

(Baca juga: Mengenal Jenis Kredit Pinjaman UKM Sebagai Modal Usaha)

Masih banyak pengeluaran lain yang lebih prioritas

Kamu sangat memerlukan mobil, tetapi janganl lupa bahwa kamu juga memiliki kebutuhan lain yang tak kalah penting. Jika harus membeli mobil baru, kamu akan mengorbankan kebutuhan lain yang juga harus diprioritaskan. Coba pertimbangkan untuk kredit mobil bekas, siapa tahu jumlah cicilannya lebih realistis bagimu.

Meski uang terbatas kamu tetap bisa membawa pulang mobil impian dengan kredit mobil. Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.