Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Ini Alasan Kenapa Warna Bisa Mempengaruhi Harga Jual Sejumlah Barang

by Surtan Siahaan on 28 Januari, 2016

tips kaya _ investasi - CekAja.com

Harga sebuah barang biasanya ditentukan oleh kualitasnya. Makin berkualitas suatu barang, semakin mahal pula harganya.

Namun, untuk beberapa hal tertentu, mahal atau murahnya harga justru ditentukan oleh warna. Tertarik mengetahui hal apa saja yang harganya dibedakan oleh warna? Berikut ini daftarnya:

Berlian

Berlian adalah perhiasan yang sangat indah. Tidak heran harga batu alam ini sangat mahal. Nilainya bisa mencapai ratusan bahkan miliaran rupiah. Karenanya, berlian pun sering menjadi simbol kemewahan. Salah satu ukuran yang digunakan untuk menentukan harga berlian adalah warna.

Pada beberapa warna tertentu, harga jualnya bisa jauh lebih mahal dibanding warna lainnya. Berlian berwarna merah biasanya memiliki harga paling mahal. Alasannya, berlian jenis ini sangat langka.

Jumlahnya tergolong sedikit bila dibandingkan denan warna lain. Dan semakin intens warna merah pada berlian, semakin mahal pula harganya.

(Baca juga: Nggak Perlu Mahal, Tubuh Langsing Bisa Kamu Dapatkan Dengan 4 Hal Ini)

Mobil

Penggemar otomotif pasti paham mobil dengan warna tertentu punya harga lebih mahal. Sebab, warna cat pada mobil memang bisa mempengaruhi penampilan kendaraan itu sendiri. Ada beberapa warna yang bisa membuat mobil tampak lebih keren dan mewah.

Di pasar mobil bekas misalnya, warna-warna tertentu seperti kuning, oranye atau merah punya harga lebih tinggi dibandingkan warna hitam atau putih. Sebab, warna-warna tersebut dianggap lebih langka karena populasinya terbatas.

(Baca juga: Mobil Murah 2016)

Salah satu warna mobil paling sedikit adalah kuning. Akibatnya, mobil dengan warna ini jadi terlihat ekslusif. Meski warna kuning kurang pupuler, ternyata banyak pula penggemar fanatik yang berani membayar harga lebih mahal untuk mobil warna kuning.

iPhone

Perbedaan harga juga berlaku untuk iPhone. Biasanya Apple juga membatasi produksi untuk warna-warna tertentu. Agar makin ekslusif, iPhone dengan beberapa warna tertentu juga dirilis belakangan.

Contohnya seperti iPhone 4/4S di mana harga handset berwarna putih lebih mahal dibandingkan warna lain. Begitu juga dnegan iPhone 5 di mana warna Black Slate lebih mahal. Untuk iPhone 5S, handset yang berwarna emas punya harga jual paling mahal dibanding warna lainnya.

(Baca juga: Bisa Bikin Miskin 7 Turunan, Ini 5 Makanan Termahal di Dunia)

Siberian Husky

Tidak hanya berlaku untuk harga jual barang, perbedaan warna juga mempengaruhi harga jual binatang. Salah satu contohnya adalah anjing jenis Siberian Husky. Anjing ras jinak yang terkenal dengan bulu tebal dan tampang mirip serigala ini punya harga jual yang tidak murah.

Maklum, Siberian Husky adalah anjing impor yang sebenarnya berasal dari daerah-daerah bersalju di Siberia. Di kalangan pecinta anjing, Siberian Husky yang memiliki warna bola mata biru memiliki harga jauh lebih mahal dibanding anjing dengan warna mata kuning maupun hitam. Alasannya karena anjing dengan bola mata biru punya populasi paling sedikit.

Tentang Penulis