Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Ini Alasan Perpanjangan Sim Online Lebih Baik dari Jasa Calo

by lhmdi on 9 April, 2016

tips jualan online_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Semakin berkembangnya teknologi membuat masyarakat mudah dalam memenuhi kebutuhannya.

Sebagai contoh, ketika akan menggunakan layanan perpanjangan SIM online atau Surat Izin Mengemudi secara daring. Jadi ,sekarang tidak perlu lagi datang ke kantor polisi atau mobil keliling yang telah disiapkan oleh Korps Lalu Lintas atau dikenal juga dengan Korlantas.

Hal ini juga berlaku bagi bagi masyarakat yang pertama kali ingin membuat SIM secara online. Bagi yang ingin membuat atau memperpanjang SIM hanya perlu menyiapkan elektronik kartu tanda penduduk yang dimiliki dan melakukan pembayaran melalui mesin ATM atau EDC sebagai bagian dari biaya pembuatan SIM online.

Nah! Bagaimana melakukan registrasi SIM online ini? Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu masuk ke laman https://sim.korlantas.polri.go.id kemudian lanjutkan dengan mengarahkan pilihan kamu ke pendaftaran SIM Online. Selanjutnya kamu bisa memilih apakah akan membuat baru atau melakukan perpanjangan SIM saja.

Setelah berhasil, masyarakat bisa langsung melakukan pembayaran di ATM atau menggunakan mesin EDC. Selanjutnya, kamu bisa bertemu langsung ke lokasi Satpas, Gerai atau layanan SIM keliling yang telah dipilih oleh Korlantas.

Setelah itu, Kepolisian akan memverifikasi data pribadi ketika akan membuat atau melakukan perpanjangan SIM online sebelumnya. Verifikasi ini dimulai dari pengambilan foto, membuat sidik jari dan melengkapinya dengan tanda tangan. Terakhir, masyarakat yang tadi sudah mengajukan permohonan akan menjalani ujian praktik yang sudah ditentukan.

Ada alasan tertentu khususnya saat perpanjangan SIM lebih dilakukan secara online ketimbang menggunakan calo atau biro jasa. Dalam laman resmi Polri, perpanjangan SIM A hanyalah Rp 80.000. Sementara itu perpanjangan SIM C secara online hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 75.000.

Sementara itu, jika menggunakan layanan biro jasa atau calo tentu saja hal tersebut akan menambah biaya. Nah! Ada beberapa alasan perpanjangan SIM online lebih baik dilakukan ketimbang menggunakan jasa calo atau biro jasa. Apa saja ya?

  1. Memperbaiki mental

Salah satu perwujudan pemerintah baru yang dipimpin oleh Presiden bersama lembaga seperti Polri adalah revolusi mental. Nah! Revolusi mental ini sangat penting jika dilihat dari contoh sederhana seperti perpanjangan SIM.

Ketika menggunakan jasa calo misalnya, kamu hanya membantu praktik yang sudah secara terang-terangan ilegal ini semakin berkembang. Semakin banyak yang memulainya, maka semakin banyak pula yang akan meneruskannya dan terus berlangsung dari waktu ke waktu.

Mental seperti ini yang sebenarnya dirasa kurang baik jika dirasakan terus menerus dan malah tidak menguntungkan sama sekali baik untuk pengeluaran pribadi dan juga pihak kepolisian.

  1. Uang yang dikeluarkan bisa digunakan untuk kebutuhan lain

Sebenarnya berapa besar sih uang yang digunakan untuk memperpanjang SIM menggunakan jasa calo? Di kota-kota besar, biayanya bisa berlipat-lipat. Tidak jarang pula masyarakat mengeluarkan uang hingga Rp 500.000, padahal biaya aslinya tidak mencapai nilai seperti itu.

Jadi, menggunakan calo sebagai tempat untuk memperpanjang SIM online tentunya akan membuat pengeluaran kamu akan bertambah. Padahal biaya tersebut bisa digunakan untuk keperluan lain seperti belanja kebutuhan hidup.

  1. Lebih santai

Namanya saja perpanjangan SIM online. Pastinya kamu bisa melakukannya lebih santai. Hanya bermodalkan komputer atau laptop atau ponsel pintar yang terhubung dengan internet kamu bisa melakukan permohonan untuk memperpanjang SIM secara digital.

Kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk bertemu dengan calo dan kemudian bicara, negoisasi harga dan melakukan hal lainnya  untuk mengajukan perpanjangan SIM yang hanya menyita waktu kan?

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami