Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Ini Beda Harga Kampus Negeri dan Kampus Swasta di Indonesia

by Ariesta on 4 Februari, 2017

kerja atau bisnis setelah lulus kuliah _ pinjaman bisnis - CekAja.com

Biaya masuk universitas seringkali membuat pusing orangtua. Karenanya biaya pendidikan tersebut harus disiapkan sejak dini.

Orangtua biasanya menyarankan agar anaknya masuk universitas negeri dengan alasan biaya lebih murah dan banyak beasiswa yang ditawarkan. Benarkah kampus negeri lebih murah daripada swasta? Cekaja membandingkan biaya kuliah di universitas negeri dan swasta dengan mengambil contoh sejumlah kampus dan jurusan unggulannya berikut ini.

UI dan LSPR

Universitas Indonesia

Biaya pendidikan S1 Reguler di UI dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya. UI memberlakukan subsidi silang dengan skema pembayaran yang dinamakan BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan).

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp100.000-Rp5.000.000. Selain itu sejak tahun 2013, untuk S1 reguler sudah tidak dikenakan uang pangkal. Alasannya karena uang pangkal mendapat subsidi dari pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). UI menggunakan Uang Kuliah Tunggal atau UKT sebagai sistem pembayaran dimana mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan program studi dan tidak dikenakan lagi biaya per-sks. Ini artinya uang praktikum pun termasuk di dalamnya.

UI

LSPR (London School of Public Relation)

Sebuah survei yang dilakukan Majalah Tempo tahun 2015 menempatkan London School of Public Relation (LSPR) pada posisi pertama sebagai Fakultas Komunikasi terfavorit kategori perguruan tinggi swasta (PTS). Survei tersebut berdasarkam 859 responden yang merupakan siswa SMA kelas XII dari Jabodetabek, Bandung, DIY, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Program sarjana LSPR terdiri dari Public Relation, Mass Communication, Marketing Communication, Digital Media Communication and Advertising, Performing Arts Communication, dan International Relation. Jika UI membedakan biaya kuliah berdasarkan penghasilan orangtua, makan LSPR membedakan berdasarkan nilai hasil tes masuk.

LSPR

UNPAD dan UNPAR

Universitas Padjadjaran

Program studi komunikasi Universitas Padjadjaran menjadi favorit karena memiliki fakultas tersendiri. Sama dengan UI, Unpad juga menerapkan subsidi silang di mana besaran biaya kuliah per semester disesuaikan dengan kemampuan ekonomi mahasiswa.

Di Unpad, sistem ini disebut UKT (Uang Kuliah Tunggu). Dengan sistem UKT ini maka mahasiswa tidak harus membayar uang pangkal dan uang praktikum.

UNPAD

ITT Telkom (Telkom University)

Popularitas Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) semakin menanjak seiring dengan semakin dibutuhkannya tenaga-tenaga ahli di bidang telekomunikasi. Dulunya, kampus ini bernama STT Telkom. Lulusan Telkom dilirik oleh banyak perusahaan IT maupun startup.

Selain sistem informatika, teknik industri, Telkom juga menyediakan jurusan Ilmu komunikasi dengan biaya kuliah di tabel berikut.

telkom

UGM dan UII

Universitas Gajah Mada

Popularitas maupun kualitas UGM tidak perlu diragukan lagi. UGM beberapa kali menempati posisi pertama sebagai universitas terbaik di Indonesia bergantian dengan UI dan ITB.

Seperti universitas negeri lainnya, UGM menerapkan UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang besarannya disesuaikan dengan penghasilan orangtua mahasiswa. Biaya kuliah jurusan Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam FISIPOL bisa dilihar di tabel berikut. (Baca juga: 5 Manfaat Bila Kamu Kuliah Sambil Bekerja)

ugm

Universitas Islam Indonesia

Posisi UII sebagai universitas swasta di Yogyakarta cukup diperhitungkan. Kampus swasta ini pernah menjuarai berbagai kompetisi baik ilmiah maupun kegiatan ekstrakampus.

Mahasiswa dikenakan dua komponen biaya, yakni Dana Catur Dhar,a dan SPP. Sumbangan Dana Catur Dharma dibayarkan sekali selama berstatus mahasiswa. Besaran sumbangan ini ditentukan berdasarkan nilai mahasiswa ketika mengikuti tes masuk (sama dengan LSPR). Berikut biaya kuliah untuk jurusan ilmu komunikasi.

uii

Tentang Penulis