Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Benda-benda yang Bikin Aktivitas Solo Traveling Kamu Aman

by Ariesta on 27 Agustus, 2016

Saat ini aktivitas traveling tunggal alias solo traveler sedang menjadi tren. Baik laki-laki maupun perempuan, tua dan muda bisa melakukan perjalanan tunggal tersebut. Traveling sendirian semakin mudah karena sudah banyak buku panduan perjalanan yang ditulis oleh orang Indonesia.

Dengan melakukan perjalanan sendiri, pengalaman yang kamu peroleh akan jauh lebih banyak karena kamu bebas mengatur bujet, waktu, gaya perjalanan, hingga destinasi yang akan dikunjungi. Berbeda dengan liburan yang diselenggarakan agen travel yang mahal dan membatasi waktu kunjungan peserta, aktivitas solo traveling jauh lebih asyik. Meski demikian liburan bersama agen travel tetap menjadi pilihan mereka yang tidak mau ribet.

Namun konsekuensi solo traveling juga lebih berisiko. Apalagi kalau Anda seorang perempuan dan mengunjungi negara dengan tingkat kriminalitas tinggi. Tetap waspada saat traveling dengan membawa benda-benda berikut.

Pepper spray

Pepper-Spray-Reviews

Benda pertama yang wajib ada di tas para solo traveler adalah pepper spray. Pepper spray merupakan tabung semprotan kecil yang memiliki kandungan capsaicin, alias bahan kimia alami yang terdapat pada cabai.

Pepper spray dapat menyebabkan efek ringan seperti rasa perih dan mata berair. Efek beratnya meliputi kebutaan total selama 15-30 menit, perasaan terbakar pada kulit selama 45-60 menit, dan kesulitan bernapas serta berbicara selama 3-5 jam.

Pepper spray merupakan senjata perlindungan diri jika kamu tiba-tiba mendapat paksaan atau ancaman yang mengarah pada tindakan kriminal. Senjata wajib para solo traveler nih!

Aplikasi pelacak ponsel

Kehilangan handphone saat liburan pasti bikin sedih. Bayangkan semua data dan foto-foto yang ada di dalamnya ikut hilang. Tapi kamu bisa mengatisipasi hal ini dengan mengunduh aplikasi pelacak ponsel. Dengan fitur lacak yang disediakan, kamu bisa mengetahui lokasi si pencuri! Kuncinya adalah bergerak cepat sebelum si pencuri membuang kartu SIM-mu.

(Baca juga: Keputusan Krusial yang Bikin Facebook Menjadi Perusahaan Raksasa)

Money belt

money belt

Jangan menaruh uang hanya di satu tempat. Karena jika dompet atau tasmu hilang, berarti kamu kehilangan semua uang yang kamu punya. Simpanlah uang di beberapa tempat, misalnya saku celana yang terseleting, di dompet secukupnya, dan sisanya di money belt yang menempel tubuh.

Bentuk money belt ini tipis dan bisa kamu pakai di balik baju. Jika ingin lebih aman, kamu juga bisa taruh paspor dan kartu kredit di situ. Karena selain uang, kedua benda tersebut juga menjadi incaran para penjahat.

Sabuk koper

Meski kemanan bandara berlapis, tetap saja ada penumpang yang kehilangan barang-barang mereka. Padahal barang tersebut tersimpan aman di dalam koper. Kok bisa hilang? Rupanya ada oknum bandara yang ‘bermain’.

Simpan barang berharga seperti laptop dan uang ke dalam kabin pesawat. Dan sebagai langkah antisipasi, kamu bisa mengikat koper dengan sabuk koper atau suitcase belt. Jadi jika pelaku berhasil membobol gembok koper, akan lebih sulit mengubek-ubek isi koper karena terlindungi sabuk koper. Karena pencurian isi koper biasa dilakukan rapi dan cepat, menggunting sabuk koper hampir tidak mungkin dilakukan pelaku karena sangat berisiko ketahuan. Ingat ya, pakai sabuk koper, bukan tali rapia.

Dompet anti scan

Tahukah kalau penjahat kartu kredit tidak harus menyentuh dompetmu saat membobol kartu kreditmu? Mereka bahkan tidak harus melihat kartu kreditmu. Yang perlu mereka lakukan adalah menempelkan scanner RFID dan mereka pun bisa mendapatkan nama lengkap, nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa, dan bahkan informasi paspormu.

Supaya hal ini tidak terjadi, kamu harus punya dompet dan sampul paspor yang mampu memblokir RFID. Produk ini memang baru ada  di online shop internasional seperti amazon. Bentuknya seperti dompet pada umumnya, namun dilengkapi kemampuan untuk melindungi informasi pribadi dan kartu kredit dari penjahat.

Alat kejut listrik

STUNGUN38_zpsf9929dcb

Fungsi benda ini sama dengan pepper spray. Alat ini efektif untuk melindungi diri saat penjahat berada sangat dekat denganmu. Alat kejut listrik wajib dibawa jika kamu mengunjungi negara dengan tingkat perkosaan tinggi.

(Baca juga: Beli Rumah atau Mobil Dulu? Ini Jawaban yang Terbaik!)

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui benda apa saja yang membuat perjalanan solo traveler makin aman. Khawatir berlebihan malah membuat liburanmu jadi tidak asyik. Tetaplah waspada dan jangan lupa berdoa supaya diberi perlindungan. Selamat bersenang-senang!

Ingin aktivitas travelingmu terlindung dari risiko yang membuat perjalanan berantakan? Miliki asuransi perjalanan terbaik di CekAja!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami