Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Berbagai Cara Mengumpulkan Dana untuk Berkurban

by Achmad Fauzi on 6 Agustus, 2018

Sebentar lagi semua umat muslim di dunia akan memperingati Hari Raya Idul Adha. Nah, dalam hari raya tersebut terdapat tradisi memotong hewan kurban seperti kambing dan sapi. Biasanya masyarakat yang memiliki dana lebih akan membeli hewan kambing atau sapi untuk dikurbankan.

hewan kurban - CekAja.com

Namun begitu, tidak hanya masyarakat kaya yang bisa menyumbangkan hewan kurban. Anda juga bisa menyumbangkan hewan kurban. Sebelum itu, Anda harus menyiapkan dana untuk membeli hewan kurban.

Akan tetapi, jika Anda tidak mempunyai dana, maka tidak perlu risau. Pasalnya banyak ide yang bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan dana membeli hewan kurban. Nah berikut ini berbagai ide mengumpulkan dana yang bisa Anda lakukan untuk membeli hewan kurban.

(Baca juga: Belum Berusia 40 Tahun, Para Pria Indonesia Ini Masuk Jajaran Orang Terkaya)
Manfaatkan dana hasil investasi pada jauh hari

Tak perlu risau jika tidak mempunyai dana, tetapi ingin berkurban. Anda bisa manfaatkan dana hasil pengembalian investasi pada jauh hari. Sehingga, Anda bisa membeli menyumbang hewan kurban untuk daerah Anda.

Namun begitu, jika Anda belum memiliki investasi, Anda harus memikirkan untuk investasi. Mulailah Anda berpikir untuk investasi pada 3 bulan sebelum hari raya Idul Fitri. Misalnya, Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Agustus, maka Anda bisa lakukan investasi pada bulan Mei atau Juni. Sehingga, Anda mendapatkan dana hasil investasi yang lumayan banyak.

(Baca juga: Ini 4 Bisnis Menjanjikan Jelang HUT Kemerdekaan)
Sisihkan dana pendapatan per bulan

Jika Anda memang niat untuk berkurban, tidak ada salahnya mendapatkan dana dari pendapatan per bulan. Anda bisa menyisihkan dana dari pendapatan per bulan Anda selama setahun sebelumnya. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan dana untuk membeli hewan berkurban.

Selain itu, Anda harus mempunyai target dana yang ingin dikumpulkan. Misalnya, jika hewan kurban seharga Rp 3 juta, cobalah untuk menyisihkan Rp 300 ribu dari pendapatan per bulan. Dengan adanya dana tersebut, Anda bisa memiliki simpanan lebih untuk berjaga-jaga.

(Baca juga: Ini 5 Bisnis Makanan Selebritis Indonesia, Cek di Sini!)

Ikut tabungan berjangka

Jangan lupa untuk menabung setiap bulan agar pada tiba waktunya Anda sudah memiliki dana yang cukup untuk membeli hewan kurban. Anda bisa mengambil program tabungan berjangka. Produk perbankan tersebut diandalkan untuk meraih dana hewan kurban.

Dengan produk itu, Anda bisa mengambil dana pada waktu tertentu, misalnya pada saat Idul Adha. Sehingga, pada waktu Idul Adha, Anda bisa menarik dana dari tabungan untuk membeli hewan kurban.

(Baca juga: Mau Berbisnis Makanan, Simak Kiat-kiat Ini!)
Ikut bisnis kurban sistem bagi hasil

Tidak ada salahnya Anda mencoba ikut berbisnis hewan kurban. Akan tetapi, pastikan bisnis hewan kurban tersebut dijalankan dengan sistem bagi hasil. Artinya, Anda yang membeli hewan kurban yang masih kecil dan akan dikembangbiakkan oleh orang lain.

Sehingga, pada hewan tersebut sudah mulai dewasa dan cocok pada persyaratan hewan kurban, maka Anda bisa menjualnya ke orang lain. Dan hasil penjualannya bisa Anda bagikan sesuai dengan kesepakatan yang ada. Dengan begitu, selain Anda bisa berkurban, juga bisa mendapatkan keuntungan.

(Baca juga: Mau Berburu Mobil di Pameran Otomotif? Cek Kiat-kiatnya!)
Gunakan kartu kredit untuk berkurban

Kini berkurban tidak hanya dilakukan dengan cara membeli hewan kurban secara tunai. Akan tetapi kini berkurban bisa menggunakan kartu kredit untuk membeli hewan kurban. Apalagi, syarat berkurban dengan menggunakan kartu kredit hukumnya diperbolehkan selama pembayaran tidak terkena bunga.

Sehingga, Anda bisa mencari program yang sesuai ketentuan tersebut, serta komitmen untuk melunasi cicilan tidak lebih dari waktu jatuh tempo. Salah satu lembaga yang menerima dan menyalurkan kurban melalui skema ini adalah Rumah Zakat. Dengan begitu Anda bisa manfaatkan kartu kredit Anda untuk menyumbangkan hewan kurban.

Namun, jika Anda belum memiliki kartu kredit, Anda bisa mengajukan kartu kredit secara online di CekAja.com. E-commerce finansial nomor satu di Indonesia menyediakan kartu kredit dari berbagai bank. Yuk, cek!‎

Tentang Penulis

Achmad Fauzi

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami