Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Ini Bisnis Pabrik yang Bisa Kamu Jalankan Dengan Modal Mini

by Surtan Siahaan on 10 Desember, 2015

tips bisnis sukses _ pinjaman usaha - CekAja.com

Memulai bisnis pabrik yang menguntungkan ternyata tidak selalu membutuhkan modal miliaran. Jika kamu jeli dan disiplin dalam perencanaan, ada lho pabrik yang dapat dibangun hanya dengan modal ratusan bahkan puluhan juta.

Meski modalnya mini, jangan anggap remeh pabrik-pabrik ini karena memiliki prospek pasar yang menjanjikan. Penasaran ingin tahu pabrik apa saja yang bisa kamu buat dengan modal mini? Berikut ini daftarnya:

Pabrik es

Permintaan balok es kian hari kian tinggi saja. Maklum bisnis makanan dan minuman yang menjadi pasar utama juga semakin berkembang. Selain kuliner, es balok juga memiliki permintaan tinggi dari nelayan untuk mengawetkan ikan. Meski peluangnya menjanjikan, investasi bisnis satu ini tidak besar.

Cukup dengan Rp 250 juta kamu sudah bisa menjadi juragan pabrik es. Kalau kamu tidak mau repot membangun bisnis ini dari awal, terdapat beberapa tawaran kemitraan bisnis yang bisa dipelajari. Salah satunya ditawarkan CV Lintas Artha Engineering dengan nilai kemitraan antara Rp 200 juta hingga Rp 750 juta.

Bagaimana, tertarik memulai bisnis ini, tapi jangan lupa, memulai usaha satu ini juga butuh lahan yang luas. Oleh karenannya, sebelum memutuskan membeli mesin es, sebaiknya survei lokasi yang menunjang.

(Baca juga: Catat 4 Hal Ini Agar Sukses Saat Bisnis Food Truck)

Pabrik tutup Galon

Bila modal kamu minim tapi ingin punya pabrik yang pasarnya tidak pernah sepi, sepertinya pabrik yang satu ini layak dilirik. Seperti yang umum diketahui, laju pertumbuhan penduduk membuat ketersediaan air bersih semakin terbatas. Masyarakat pun banyak yang beralih mengkonsumsi air galon untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya.

Alhasil, permintaan akan tutup galon makin tinggi saja.. Nah, untuk mengawali bisnis ini cukup dimulai dengan membeli satu mesin bekas seharga Rp 200 juta. Sementara untuk membeli peralatan dan perlengkapan, bahan baku, dan alat transportasi cukup sediakan tambahan Rp 150 juta.

Pabrik satu ini juga tidak butuh lahan luas. Untuk satu mesin hanya dibutuhkan lahan 5 meter kali 5 meter.

Pabrik mi

Kamu tertarik menjajal bisnis ini? modalnya tergolong paling kecil lho di antara pabrik lainnya. Untuk membangun pabrik mi dibutuhkan 2 mesin utama yakni mikser yang harganya berkisar Rp 20 juta hingga Rp 24 juta dan mesin pres senilai Rp 18 juta hingga Rp 26 juta.

Selain itu, kamu juga wajib memiliki mesin potong dengan harga pasaran Rp 17 juta. Meski modalnya mini, tapi membangun pabrik mi juga harus didukung dengan lahan yang luas. Alasannya, lahan luas dibutuhkan untuk menyimpan bahan baku serta menjemur mi basah yang baru selesai dibuat.

Minimal lahan yang dibutuhkan untuk pabrik adalah 60 meter persegi.

(Baca juga: Inspirasi Bisnis Kuliner Kekinian dengan Untung Besar)

Pabrik cat curah

Bisnis ini margin usahanya cukup lumayan yakni 30% hingga 40%. Oleh karenannya bisnis pabrik curah tergolong cepat untuk urusan balik modal. Biasanya, hanya dalam setahun pelaku usaha ini sudah bisa balik modal. Menariknya, modal awal yang dibutuhkan hanya berkisar Rp 100 juta hingga Rp 200 juta.

Nah, catatan lainnya, pabrik ini membutuhkan lahan yang luas sekitar 75 meter persegi hingga 100 meter persegi.

Pabrik limbah plastik

Binsis satu ini belum banyak dilirik oleh pelaku UKM di Indonesia. Padahal, prospek bisnis ini cerah karena permintaan pabrik plastik akan limbah cukup tinggi. Harga jual limbah plastik berupa bubuk juga cukup mahal. Sekilo bubuk limbah plasrtik dihargai Rp 8.000 hiongga Rp 9.000.

Nah, untuk memulai bisnis ini dibutuhkan dua hal: mesin penghancur plastik dan lahan untuk menampung dan menjemur limbah plastik. Untuk mesin harganya berfariasi antara Rp 200 juta hingga Rp 250 juta.

Tentang Penulis