Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini Bocoran Mobil Anyar yang Bakal Mejeng di IIMS 2019

by Gito on 25 April, 2019

Kabar baik untuk kamu pecinta otomotif. Karena akhir pekan ini akan digelar Indonesia International Motor Show (IIMS). Acara yang baru dimulai pada 25 April hingga 5 Mei 2019 itu bakal diramaikan oleh lebih dari 30 merek kendaraan dari berbagai agen tunggal pemilik merek (ATPM) di Indonesia.

Membincang otomotif memang tidak ada habisnya, khususnya untuk kaum laki-laki. Hampir setiap tahun ada saja perubahan dan perkembangan yang terjadi di sektor yang sarat akan maskulinitas itu.

Maka tidak aneh jika pada tahun ini saja, ada 3 pameran yang bakal disambangi oleh para “penggila” otomotif. Hal itu sejalan dengan tingginya penjualan mobil secara nasional yang pada tahun 2018 lalu berhasil mencapai angka 1,15 juta unit kendaraan.

Khusus untuk IIMS 2019, acara yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo itu selalu berhasil menyedot banyak perhatian. Tidak kurang sekitar 500 ribu-an orang setiap tahunnya memadati pameran otomotif yang digelarnya.

(Baca juga: Ketahui Dulu 4 Hal Ini Sebelum Beli Mitsubishi MX)

Nah untuk tahun ini, pameran yang mengusung nama baru yakni Telkomsel IIMS 2019 itu menargetkan jumlah pengunjung sekitar 530 ribu orang dengan harga tiket yang dibandrol di angka Rp50 ribu hingga Rp70 ribu.

Pameran yang dijadwalkan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowo) itu ditargetkan mampu menghasilkan Rp4,6 triliun nilai transaksi selama 11 hari pameran berlangsung.

Kamu pasti penasaran mobil anyar apa saja yang bakal diluncurkan dalam pameran otomotif tersebut. Nah, berikut merupakan beberapa jenis mobil yang bakal mejeng dan bisa puas kamu “kulik” habis spesifikasinya saat pameran berlangsung.

Buat kamu yang lagi mencari kendaraan baru, baik itu mobil ataupun motor langsung sambangi Jakarta International Expo Kemayoran (JIExpo), tempat IIMS 2019 berlangsung.

Beberapa merek kendaraan roda empat yang sudah dipastikan bakal memeriahkan IIMS tahun ini adalah BMW, Chevrolet, Datsun, DFSK, Jeep, Honda, Hyundai, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota dan Wuling Motors.

Sementara untuk kendaraan roda dua, kamu juga bisa melihat motor besutan Aprillia, Benelli, BMW Motorrad Indonesia, Harley Davidson, Husqvarna, Honda, Kawasaki, KTM, Kymco, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, Suzuki dan Vespa.

Mobil Listrik Besutan Honda

Peluncuran kendaraan tipe baru membuat IIMS selalu ditunggu oleh para penikmat otomotif. IIMS selalu memunculkan teknologi mutakhir dari merek-merek mobil yang dipamerkan. Seperti yang akan dilakukan salah satu ATPM terkenal di negeri ini.

Honda dikabarkan akan menampilkan mobil listrik di IIMS 2019. Meski belum ada konfimasi lebih jauh, tetapi mobil listrik yang bakal diperlihatkan sudah ditampilkan dalam Shanghai Auto Show 2019 di China.

Dalam gelaran yang berlangsung pada 16 April 2019 hingga 25 April  2019 itu, Honda meluncurkan mobil listrik X-NV. Mengadopsi model produksi crossover listrik yang berbasis pada saudara kandungnya, HR-V, mobil listrik anyar ini memang sengaja diluncurkan untuk menangkap pasar kendaraan listrik yang saat ini sudah mulai menggeliat.

X-NV dibangun melalui kerjasama antara Honda Motor China Technology dan Dongfeng Honda. Hadirnya mobil listrik X-NV di China merupakan bukti komitmen Honda yang berniat meluncurkan sekitar 20 model mobil listrik hingga tahun 2025 mendatang.

Sebelumnya Honda melalui GAC Honda juga telah memperkenalkan mobil listrik khusus untuk menjaring pasar China melalui Honda Everus VE-1.

Mitsubishi XPander Limited Edition

Setelah meluncurkan Xpander pada 2017 lalu,, Mitsubishi pada gelaran Telkomsel IIMS 2019 bakal mengeluarkan seri Xpander limited edtition-nya. Menurut informasi dari berbagai sumber, dapur pacu Xpander masih tidak akan jauh berbeda dari seri yang memiliki daya 1.500 cc dengan sistem penggerak roda depan.

Ornamen yang akan terlihat berbeda konon terletak di sisi eksterior yang menonjolkan sisi sporty dan mewah. Aksen berbeda dikabarkan juga akan terlihat di sisi interior, dimana balutan jok di dalam kabin akan menggunakan pelapis jok kulit sintetis.

Sejak awal diperkenalkan, Mitsubishi Xpander memang berniat menjaring pasar low multi purpose vehicle (low MPV). Hingga Desember 2018, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia berhasil menjual Xpander dari berbagai varian sebanyak 75.772 unit.

Saudara Kandung Hyundai Tucson Siap Meluncur

Kendaraan roda empat pabrikan Korea Selatan, Hyundai dikabarkan juga akan ikut meramaikan IIMS 2019. Rencananya Hyundai bakal memperlihatkan salah satu varian sport utility vehicle (SUV) nya, Hyundai Kona.

Peluncuran Hyundai Kona bakal meramaikan bakal semakin meramaikan pertarungan antar SUV, seperti Honda HR-V, Chevrolet Trax, Suzuki SX-4 S-Cross dan Mazda CX-3. Dirangkum dari berbagai sumber, Hyundai Kona dibekali dengan mesin turbo 1.6 liter dan menghasilkan power maksimal 175 horse power (hp).

Adik dari Hyundai Tucson itu juga sudah menggunakan fuel injection untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Nah buat kamu yang memang sedang menimbang untuk mengganti kendaraan lama dengan varian terbaru, mungkin Hyundai Kona bisa menjadi salah satu opsinya.

Wuling Tak Mau Ketinggalan

Menjadi pemain baru dalam industri otomotif Indonesia membuat Wuling memaksimalkan segala medium untuk branding dan juga promosi. Setelah sukses mencatatkan pertumbuhan penjualan sebanyak 3 kali lipat di 2018, Wuling rencananya bakal memperkenalkan varian baru di IIMS 2019 nanti.

(Baca juga: Jika Rajin Lakukan Perawatan Sederhana Ini, Mobil Bekas Bisa Laku dengan Harga Tinggi)

Sebagai informasi saja, sepanjang tahun 2018, Wuling Motors Indonesia sukses mencatatkan penjualan sebanyak 17.020 unit. Jumlah tersebut didominasi oleh Wuling Confero yang mencatatkan angka penjualan sebanyak 11.062, kemudian disusul Wuling Cortez 5.857 unit dan varian yang menyasar segmen niaga, Wuling Formo yang laku 83 unit.

Melihat respon pasar yang positif, Wuling dalam IIMS 2019 bakal memperkenalkan Wuling Confero S ACT dan Wuling Cortez CT.

Wuling Confero S ACT merupakan seri automatic transmission dari varian sebelumnya. ACT sendiri merupakan kepanjangan dari Automatic Clutch Transmission (ACT) yang akan memanjakan penggunanya dalam berkendara.

Uniknya, sistem ACT bukanlah sistem yang menggunakan transmisi otomatis sepenuhnya. Pengemudi masih harus melakukan perpindahan gigi secara manual, tetapi tanpa harus menginjak kopling. Manajemen sistem e-clutch akan membuat perpindahan gigi berjalan halus tanpa ada hentakan meskipun tanpa kopling.

Selain beberapa merek diatas, Telkomsel IIMS 2019 akan diramaikan dengan banyak produk otomotif lainnya. Jangan takut kantong bolong, ajukan kredit kendaraan bermotor (KKB) di CekAja.com dan temukan alternatif pendanaan yang bisa membantu kamu memiliki mobil idaman.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami