Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Ini Cara Mengatur Keuangan Selama Ramadan

by Tisyrin N. T on 17 Mei, 2018

Bulan Ramadan sudah tiba, umat Muslim pun menyambutnya dengan gembira. Meski tidak makan dan minum hingga waktu berbuka puasa tiba, perilaku boros tetap bisa muncul selama Ramadan. Nah, ini cara mengatur keuangan selama Ramadan.

tips atur uang _ investasi - CekAja.com

Saat berbuka puasa, seseorang kerap ingin menyantap hidangan yang istimewa. Jadilah, biaya untuk membeli bahan makanan atau makanan yang siap santap bisa membengkak.

Belum lagi tawaran buka bersama alias bukber yang berderet. Terlalu banyak mengikuti acara bukber berpotensi menguras kantong Anda. Tenang, asal Anda punya niat yang kuat, bukan tidak mungkin Anda bisa berhemat selama Ramadan. Yuk, simak beberapa tip berikut ini.

Membuat daftar menu

Langkah awal yang perlu Anda persiapkan adalah membuat daftar menu, alangkah lebih baik apabila Anda bisa menyiapkan untuk sebulan ke depan. Jika Anda belum sempat membuatnya, segera mulai hari ini juga. Masih ada waktu bagi Anda memikirkan menu untuk sahur dan berbuka sebulan ke depan.

Seberapa pentingkah daftar menu ini? Daftar menu sangat penting karena bisa menjadi panduan Anda dalam mengatur keuangan selama Ramadan. Anda bisa mengetahui bahan makanan apa saja yang menjadi daftar belanja serta mengestimasi berapa uang belanja dapur per minggu hingga per bulan.

Dengan adanya daftar belanja, secara otomatis Anda juga akan belanja sesuai kebutuhan. Tidak ada lagi ceritanya belanja suatu bahan makanan hanya karena tergiur oleh hal sepele seperti warna yang menarik. Ingat, membeli bahan makanan yang tidak dibutuhkan sama saja dengan pemborosan.

Apabila Anda sudah berbelanja sesuatu kebutuhan, nantinya akan meminimalisir bahan makanan yang terbuang karena tidak sempat diolah.

(Baca juga: Ini Bukti Investasi Makin Mudah dan Murah, Yuk Cek!)

Pelajari cara menyimpan bahan makanan

Yang tak kalah penting setelah membuat dafrar menu adalah mempelajari cara menyimpan bahan makanan yang baik dan benar. Anda tentu tak mau kan bahan makanan rusak atau busuk sebelum tiba waktunya dimasak?

Apalagi bagi Anda yang tinggal jauh dari pasar dan sulit untuk menemukan tukang sayur. Anda wajib tahu cara menyimpan bahan makanan yang baik dan benar. Tujuannya sama dengan membuat daftar menu yaitu agar bahan makanan tak terbuang. Secara otomatis, Anda akan terhindar dari pemborosan.

Belanja hemat dengan promo kartu kredit

Kartu kredit sejatinya bisa membantu Anda dalam berhemat lho. Penerbit kartu kredit seringkali menawarkan promo khususnya saat ada momentum istimewa seperti bulan Ramadan.

Saat Ramadan, Anda bisa mencari informasi tentang promo kartu kredit yang berupa potongan harga belanja di supermarket atau makan di restoran.

Anda bisa memanfaatkan promo diskon di restoran saat belanja untuk menyetok bahan-bahan makanan. Sedangkan promo diskon di restoran bisa Anda manfaatkan untuk bukber.

Punya perlindungan kesehatan

Tubuh bisa terserang penyakit dari yang ringan hingga berat kapan saja, termasuk ketika tengah melaksanakan ibadah puasa. Saat sakit, seseorang harus mengeluarkan biaya untuk berobat.

Nah, agar tak tekor saat jatuh sakit ketika melaksanakan ibadah puasa, idealnya Anda sudah melindungi  dari dengan perlindungan kesehatan. Ya, asuransi kesehatan akan menekan beban finansial yang Anda hadapi ketika jatuh sakit.

Dengan perlindungan kesehatan yang memadai, Anda tak perlu khawatir ketika jatuh sakit. Jadi, apabila Anda belum memiliki asuransi kesehatan, segera cari asuransi kesehatan terbaik dari sekarang.

Selektif pilih undangan bukber

Undangan buka puasa bersama datang berturut-turut dari teman sekolah, kuliah, rekan kerja hingga komunitas? Nah, cobalah untuk belajar lebih selektif terhadap aneka tawaran bukber yang ada. Anda harus bisa menentukan mana acara bukber yang paling prioritas.

Ingat, bukber kerap membutuhkan biaya tak sedikit untuk sekali acara. Bayangkan jika semua acara bukber Anda datangi, berapa bujet yang harus Anda keluarkan? Lebih baik Anda menggunakan dana yang ada untuk hal-hal yang lebih bermanfaat bukan?

Jalani bisnis musiman

Untuk mendapatkan tambahan rupiah saat Ramadan, Anda bisa menjalani berbagai bisnis sampingan yang sifatnya musiman. Anda bisa berjualan takjil di kantor, jual beli perlengkapan ibadah secara online, atau menerima pesanan kue kering.

Jadi, selain gaji bulanan dan uang Tunjangan Hari Raya (THR) dari kantor, Anda akan menerima tambahan penghasilan dari bisnis sampingan Anda.

(Baca juga: 5 Ide Konsep Acara Buka Bersama yang Menarik, Yuk Cek!)

Untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai produk finansial selama Ramadan, Anda bisa mengunjungi toko finansial online CekAja.com. CekAja.com menyediakan berbagai produk finansial seperti kartu kredit, asuransi, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) hingga berbagai jenis pinjaman.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.