Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini Ciri Orangtua yang Akan Memiliki Anak Sukses dan Kaya

by Surtan Siahaan on 23 December, 2015

biaya pendidikan anak _ investasi - CekAja.com

Meski tidak ada resep untuk membesarkan anak menjadi orang penting seperti Obama atau Bill Gates, sejumlah penelitian psikologi menemukan sejumlah faktor yang dapat mendukung kesuksesan seorang anak.

Setiap orang tua yang baik tentu menginginkan anaknya menjadi orang yang sukses. Ternyata salah satu faktornya berasal dari orang tua mereka. Berikut ini ciri orangtua yang akan memiliki anak sukses:

Mereka membuat anak rajin membantu pekerjaan rumah tangga

Julie Lythcott, penulis buku “How to Raise an Adult” meyakini anak kecil yang dididik untuk rajin membantu pekerjaan orang tua akan tumbuh menjadi pekerja yang mudah bekerjasama dengan rekan kerjanya.

Pekerjaan rumah yang dimaksud bisa membantu membuang sampah atau menaruk pakaian kotor di mesin cuci. Mereka juga tumbuh menjadi orang yang penuh empati dan independen dalam bekerja karena mengetahui langsung seperti apa rasanya berjuang saat bekerja. (Baca juga: Ini Bedanya Reksa Dana Syariah dan Konvensional)

Mereka punya hubungan yang sehat dengan keluarga

Anak yang dibesarkan di tengah konflik keluarga berpotensi memiliki kehidupan yang lebih buruk dari orangtuanya. Robert Hughes, Jr, profesor dan Kepala Departmen Manusia dan Pengembangan Masyarakat Universitas Illinois menemukan fakta yang mengejutkan.

Hasil penelitiannya mengungkapkan bahwa anak yang dibesarkan oleh orangtua tunggal yang tidak memiliki konflik akan tumbuh lebih baik dibandingkan mereka yang dibesarkan dua orang tua namun kerap bertengkar.

Mereka punya latar belakang pendidikan tinggi

Psikolog Universitas Michigan, Sandra Tang, pada tahun 2014 menemukan bahwa ibu yang berpendidikan tinggi cenderung membesarkan anak yang akan melakukan hal sama. Sementara, studi yang sama menyebut anak-anak yang lahir dari ibu yang hanya berpendidikan SMA atau belum lulus kuliah cenderung hanya menyelesaikan pendidikan hingga SMA. (Baca juga: Investasi Modal Mini dengan Tabungan Emas Pegadaian)

Mereka mengajari anaknya matematika

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengajarkan anak-anak matematika sejak kecil adalah keuntungan. Biasanya anak yang menguasai dasar-dasar matematika seperti mengenal angka dan berhitung akan membuatnya lebih mudah menguasai pelajaran saat sekolah.

Mereka tidak stres

Sebuah riset terbaru dari The Washington Post menyebutkan, psikologi ibu yang mengasuh anaknya mulai dari usia 3 tahun-11 tahun akan mempengaruhi watak anak. Kondisi orang tua yang mengalami stress, baik karena pekerjaan maupun hal lain, dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak. (Baca juga:  Tip Jitu Meraih Sukses Dapat Uang dari YouTube)

Ibu bekerja

Berdasarkan riset Harvard Business School, ada beberapa keuntungan yang diperoleh anak yang dibesarkan oleh seorang ibu yang bekerja. Riset tersebut menemukan bahwa anak dari ibu yang bekerja memiliki jabatan yang tinggi dalam pekerjaan, setidaknya manajer.

Selain itu anak-anak juga memiliki penghasilan yang besar saat mereka dewasa. Anak yang dibesarkan oleh ibu yang bekerja juga cenderung bertanggungjawab pada sejumlah pekerjaan rumah.

Mereka memiliki status sosial ekonomi yang tinggi

Anak yang dibesarkan dalam kemiskinan cenderung tidak mampu mengembangkan potensi diri. Yang menarik, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tingkat penghasilan orangtua juga berbanding lurus dengan nilai yang diperoleh anak saat sekolah. (Baca juga: Apa itu Pajak Progresif Kendaraan dan Cara Hitungnya?)

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami