Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini Daftar Kompensasi Pemadaman Listrik dari PLN

by Miftahul Khoer on 5 Agustus, 2019

Manajemen PT PLN (Persero) berjanji bakal memberikan kompensasi atas kejadian gangguan aliran listrik yang dialami para pelanggannya di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat dalam dua hari terakhir. Berikut adalah daftar kompensasi pemadaman listrik dari PLN, dikutip dari pengumuman akun Facebook perseroan pada Senin (5/8) pukul 12.39 WIB.

kerja lembur - CekAja.com

Dalam pengumuman tersebut, Plt Direktur Utama (Dirut) PLN, Sripeni Inten Cahyani menuturkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyambangi kantornya tadi pagi, PLN akan terus bekerja maksimal untuk segera menormalkan aliran listrik kepada para pelanggan.

“Kami bekerja semaksimal mungkin penormalan seluruh pembangkit dan transmisi yang mengalami gangguan, saat ini sejumlah pembangkit listrik sudah mulai masuk sistem mencapai 9.194 MW,” kata Sripeni.

Terkait macetnya pasokan listrik akibat gangguan transmisi Ungaran-Pemalang 500 kV (untuk wilayah Jabodetabek, sebagian wilayah Jawa Barat, & Jawa Tengah), Sripeni mengaku akan memberikan kompensasi sesuai deklarasi Tingkat Mutu Pelayanan (TMP), dengan Indikator Lama Gangguan.

(Baca juga: Pemadaman Listrik Berlanjut, Ini 7 Tips Memilih Genset Rumah Tangga)

Kewajiban PLN untuk memberikan kompensasi kepada pelanggan, tercantum dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 27 tahun 2017 tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya yang Terkait dengan Penyaluran Tenaga Listrik oleh PLN.

Berikut adalah daftar kompensasi pemadaman listrik yang akan diberikan PLN sesuai pengumuman yang disampaikan ke publik:

1. Besaran kompensasi 20-35 persen

PLN akan memberikan kompensasi sebesar 35 persen dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen golongan tarif adjustment.

Serta kompensasi pemadaman listrik sebesar 20 persen dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen pada golongan tarif yang tidak dikenakan penyesesuaian tarif tenaga listrik (non adjustment).

“Penerapan ini diberlakukan untuk rekening bulan berikutnya,” ujar Sripeni.

2. Kompensasi pelangggan prabayar

Khusus untuk pelanggan prabayar, PLN akan memberikan kompensasi pemadaman listrik dengan mengurangi tagihan disetarakan dengan pengurangan tagihan untuk tarif listrik reguler.

“Kompensasi akan diberikan pada saat pelanggan memberi token berikutnya (prabayar). Saat ini PLN sedang menghitung besaran kompensasi yang akan diberikan kepada konsumen,” imbuhnya.

3. Kompensasi pelanggan premium

Khusus untuk pelanggan premium, Sripeni menyatakan PLN akan memberikan kompensasi pemadaman listrik sesuai service level agreement (SLA) yang telah ditandatangani bersama.

“Selain proses penormalan sistem, kami juga sedang menghitung kompensasi bagi para konsumen. Besaran kompensasi yang diterima dapat dilihat pada tagihan rekening atau bukti pembelian token untuk konsumen prabayar,” ujar Sripeni.

Untuk perkembangan terkini, sampai pukul 12.00 WIB, pembangkit yang sudah menyala saat ini yakni:

  • PLTU Suralaya 3 dan 8
  • Pembangkit Priok Blok 1-4
  • Pembangkit Cilegon
  • Pembangkit Muara Karang
  • PLTP Salak
  • PLTA Saguling
  • PLTA Cirata
  • Pembangkit Muara Tawar
  • Pembangkit Indramayu
  • Pembangkit Cikarang
  • PLTA Jatiluhur
  • PLTP Jabar, serta
  • 23 Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi (GITET).
Kegiatan yang bisa dilakukan saat mati lampu

Sambil menunggu janji PLN memberikan kompensasi pemadaman listrik tersebut bulan depan, kamu yang masih merasakan pemadaman listrik bergilir bisa melakukan beberapa kegiatan berfaedah berikut ini loh.

1. Numpang mengisi daya ponsel

Restoran, kafe, atau kedai kopi merupakan beberapa tempat bisnis yang menyediakan genset untuk antisipasi jika terjadi pemadaman listrik. Mengungsi sementara untuk mendapatkan listrik di tempat-tempat makan tersebut bisa menjadi pilihan alternatif.

Sambil menjadikannya tempat makan dan bekerja, tiga tempat umum itu bisa juga untuk nongkrong-nongkrong menghabiskan waktu hingga listrik kembali menyala.

Mal juga bisa menjadi pilihan untuk mengungsi ketika rumah atau kantor kamu mati lampu. Di mal kamu bisa pergi ke tempat-tempat makan yang menyediakan colokan listrik untuk sekedar mengisi baterai gadget dan laptop.

Jangan khawatir bahwa kegiatan tersebut bisa merugikan pemilik usahanya ya, karena mereka juga diuntungkan dengan kedatangan kamu memesan makan dan minuman. Mereka tentunya juga akan mendapatkan kompensasi pemadaman listrik khusus dari PLN.

(Baca juga: 4 Cara Cek Tagihan Listrik, Bayarnya? Pakai Kartu Kredit Aja)

Bahkan kamu bisa mengerjakan tugas kuliah, dan pekerjaan kantor yang belum terselesaikan. Tapi kamu harus pintar-pintar memilih tempat makan mana yang biasanya menyediakan banyak colokan dan juga wifi gratis.

2. Ngungsi ke rumah saudara

Pemadaman listrik di setengah Pulau Jawa sejak kemarin memang tidak secara total terjadi di semua wilayah. Nah, kamu bisa mengungsi ke rumah saudara, kerabat hingga teman yang tidak terkena pemadaman listrik sehingga tidak mendapat kompensasi pemadaman listrik dari PLN.

3. Membaca

Banyak yang bisa dilakukan ketika listrik padam. Salah satunya membaca buku. Ya, listrik padam yang terjadi di setengah Pulau Jawa juga membuat sebagian jaringan internet mati, dengan demikian membaca buku, majalah, koran dan bacaan-bacaan yang bermanfaat lainnya bisa dilakukan.

4. Main game offline

Jika kondisi kantor tidak memungkinkan melakukan aktivitas kerja dalam keadaan listrik padam, maka tidak ada salahnya kamu mengajak teman-teman kamu untuk berkumpul dan bermain game. Pilihlah game-game yang sekiranya bermanfaat bagi diri sendiri dan kekompakan tim. Salah satu game misalnya Werewolf.

5. Bersih-bersih ruangan

Buat kamu yang punya ruangan sendiri di kantor, melakukan aktivitas bersih-bersih mungkin lebih berfaedah ketimbang hanya haha-hihi di kantor. Lebih bagus lagi kamu ajak semua teman-teman sekantor untuk sama-sama bersih-bersih ruangan agar kantor terlihat lebih rapi.

Hal ini juga berlaku buat kamu yang beraktivitas di rumah. Gak ada salahnya sambil menunggu listrik menyala kembali kamu bersih-bersih rumah, kamar, ruang tamu atau dapur.

6. Istirahat

Salah satu aktivitas yang juga cukup berfaedah saat mati lampu adalah istirahat secukupnya. Kamu bisa tidur atau duduk-duduk santai daripada melakukan kegiatan yang tidak berfaedah. Istirahat secukupnya bisa bermanfaat untuk mengumpulkan energi ketika kamu pulang kerja.

Namun, bukan berarti kamu yang bekerja harus tidur di kantor seenaknya ya. Jika memang ada kegiatan lain yang bisa kamu kerjakan ya lebih baik kerjakan.

Solusi modal awal

Apapun kegiatannya, jika sekiranya positif ya lebih baik dikerjakan untuk mengisi waktu luang di saat mati lampu. Kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan adalah ngobrol bersama teman-teman sekantor yang sekiranya bermanfaat. Misalnya membicarakan tentang investasi yang menguntungkan dengan modal terjangkau.

Urusan modal awal, serahkan saja pada CekAja.com yang siap memandu kamu menemukan mencari pendanaan berbunga ringan dalam bentuk Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau kredit usaha kecil menengah (UKM) dari perbankan dan lembaga keuangan yang menjadi mitranya.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.