Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini Daftar Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes Tahun 2015

by Ariesta on 12 Desember, 2015

Membahas soal siapa orang terkaya selalu menjadi hal menarik. Siapa sih memangnya yang tidak ingin menjadi kaya? Meski ada pepatah yang mengatakan uang bukan segalanya, tapi hampir segalanya membutuhkan uang. Lantas siapa saja yang menempati posisi terkaya se-Indonesia? Berikut daftar yang dirilis Forbes pada tahun 2015.

Keluarga Hartono

Robert Budi Hartono yang memiliki nama asli Oei Hwie Tjhong merupakan anak kedua dari pendiri perusahaan Djarum yakni Oei Wie Gwan.

Bersama kakaknya, Michael Bambang Hartono, mereka mengembangkan perusahaan Djarum, memegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA), memiliki sejumlah properti, perkebunan kelapa sawit seluas 65.000 hektar di Kalimantan Barat, membawahi  perusahaan Polytron, Blibli.com, dan membeli Kaskus situs paling populer di Indonesia.

Total kekayaan USD 15,4 miliar membuat keluarga Hartoni dinobatkan menjadi yang terkaya di Indonesia.

Susilo Wonowidjodjo

Susilo Wonowidjojo merupakan anak dari Surya Wonowidjojo, pendiri Gudang Garam yang merupakan perusahaan pelopor kretek. Ia dan saudara laki-lakinya Sumarto duduk di kursi pimpinan sedangkan saudara perempuannya Juni Setiawati sebagai komisioner. Berdasarkan Forbes, total kekayaan Susilo kini mencapai USD 5,5 miliar. (Baca juga: Inilah Daftar Terbaru Orang Terkaya di Dunia)

Anthony Salim

Anthony Salim berayahkan Sudono Salim, pendiri Salim Grup yang pernah meraih masa keemasan sebelum krisis ekonomi pada tahun 1998. Saat terjadi krisis, Salim Grup terpaksa melepas PT. Indocement, PT. BCA, dan PT. Indomobil Sukses demi melunasi utang.

Pada akhirnya, PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT Bogasari Flour Mills yang tidak dijual berhasil mengantarkan Anthony Salim menjadi orang ketiga terkaya di Indonesia dengan kekayaan USD 5,4 miliar.

Eka Tjipta Widjadja

Eka Tjipta Widjaja merupakan penemu Sinar Mas Grup yang merupakan salah satu perusahaan konglomerat terbesar di era orde baru. Meski telah mewarisi kerajaan bisnisnya pada anak-anaknya, oleh Forbes ia tetap dinobatkan sebagai orang keempat terkaya dengan total kekayaan USD 5,3 miliar. (Baca juga: Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2016 Terbaru yang Masuk The Panama Papers)

Chairul Tanjung

Nama Chairul Tanjung mungkin paling dikenal oleh public karena ia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekenomian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Meski meraih gelar sarjana di bidang kedokteran gigi, ia memutskan total di dunia bisnis dengan  mendirikan CT Corp. Trans Tv, TV 7, Bank Mega, Bandung Super Mall, Batam Indah Prospertindo, Para Bali Propertindo, Mega Indah Propertindo, merupakan sederet perusahaan di bawah CT Corp.

Pada tahun 2012, ia juga membeli sejumlah saham Garuda Indonesia. Total kekayaan Chairul Tanjung mencapai USD 4,7 miliar.

 

Punya rencana kredit mobil di tahun depan?

Pilihan kreditnya ada di sini.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami