Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Ini Daftar Situs Psikotes Online Buat Latihan Sebelum Tes Masuk Kerja

by Teti Purwanti on 4 Februari, 2020

Tes psikotes sering menjadi masalah bagi banyak orang pada saat menjalani seleksi penerimaan karyawan.

Soal Psikotes Online

Tes psikotes menjadi sesuatu yang wajib dilakukan pada banyak proses seleksi baik pekerjaan maupun masuk perguruan tinggi untuk mengetahui pribadi seseorang. Banyak orang yang gagal saat menghadapi tes ini.

Setidaknya, berikut ini beberapa penyebab kegagalan dalam psikotes:

Tidak mempersiapkan mindset dengan benar

Keinginan untuk bekerja di suatu perusahaan membuat banyak orang fokus untuk mempelajari berbagai macam soal psikotes saja dan terjebak pada jawaban yang sempurna. Padahal, psikotes bertujuan untuk mengetahui kepribadian.

Kepribadian tersebut dibentuk dari mindset seseorang yang saling berhubungan dan memengaruhi jawaban yang ditulis saat psikotes.

Apabila mindset dalam mengerjakan psikotes sudah berbeda dan mengarah pada hal yang negatif, akan memengaruhi hasil psikotes juga dan bisa terbaca oleh pihak HRD.

Selain itu, banyak orang yang mempelajari psikotes dari buku-buku yang banyak dijual di toko buku. Buku-buku tersebut biasanya juga memiliki jawaban pada setiap soal psikotes yang ada.

Tidak salah memang belajar dari buku-buku tersebut selama bisa memahami dan mengenal alat-alat psikotes yang ada.

(Baca Juga: 5 Situs Soal Latihan SBMPTN Beserta Kiat Mengerjakannya)

Namun, yang menjadi masalah adalah apabila buku-buku psikotes dipakai untuk memanipulasi jawaban dalam tes psikotes dengan mempelajari kunci jawaban yang tersedia tentang bagaimana cara menggambar atau menjawab suatu pertanyaan dalam tes.

Yang perlu diketahui adalah psikotes bukan hanya salah benar seperti pada tes atau ujian pada umumnya. Psikotes memiliki alat tersendiri yang saling berhubungan dengan alat tes lainnya.

Apabila pada satu tes jawaban mendapatkan nilai bagus karena sudah dipelajari, namun pada tes lainnya mendapatkan nilai jelek, maka oleh penguji akan ditetapkan sebagai pelamar yang tidak lulus seleksi.

Dengan mempelajari kunci jawaban yang ada pada buku-buku psikotes akan membentuk pribadi yang selalu mencari jalan pintas tanpa mau mengembangkan diri. Hal ini tergambar nantinya pada hasil psikotes yang diikuti.

Kurang Persiapan

Persiapan yang cukup sangat diperlukan untuk mengikuti psikotes. Beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan peserta psikotes antara lain istirahat yang kurang sehingga pada saat menghadapi tes jadi mengantuk dan bisa menyebabkan kegagalan.

Mengantuk akan menurunkan kemampuan dalam mengambil keputusan, sementara dalam tes psikotes, pengambilan keputusan sangat diperlukan. Mengantuk juga bisa menyebabkan kemampuan otak menurun sehingga memengaruhi daya ingat.

Kebiasaan lain yang bisa menyebabkan kegagalan adalah tidak sarapan sebelum tes. Psikotes akan sangat menguras energi besar sehingga apabila tes dilakukan dalam kondisi lapar, akan menyebabkan seseorang tidak bisa berpikir dengan baik karena konsentrasinya tertuju pada makanan. Orang yang lapar juga akan mudah lelah.

Kemudian tidak sedikit juga orang yang datang terlambat pada saat tes psikotes. Keterlambatan bisa membuat panitia seleksi mengeliminasi seseorang. Walaupun tetap diperbolehkan mengikuti tes, namun waktu yang tersisa tidak banyak sehingga tes dilakukan dengan terburu-buru dan tidak fokus.

Terlalu Stres dan Cemas

Rasa stress dan cemas berlebihan juga bisa menghambat keberhasilan dalam psikotes. Karena faktor psikis dan mental tersebut memengaruhi kondisi tubuh atau biasa disebut psikosomatis.

Orang yang mengalami kondisi ini biasanya akan merasakan sakit perut, terlalu sering ke kamar mandi, pusing, dan gejala lainnya.

Oleh karena itu, dalam menjalani tes psikotes memerlukan persiapan yang optimal. Seseorang yang ingin mengikuti tes psikotes perlu memiliki kesiapan fisik dan mental yang optimal.

Selain itu, memahami apa itu tes psikologis juga sangat diperlukan. Tes psikotes adalah rentetan tes yang dibuat untuk mengetahui karakter seseorang. Jadi, meskipun kita pernah mengerjakan tes psikotes dengan bentuk soal yang hampir sama dengan tes sebelumnya, biasanya hasilnya akan berbeda tergantung dengan kondisi seseorang pada saat mengerjakannya.

Namun, pengalaman-pengalaman mengikuti tes psikotes akan membuat seseorang semakin paham tentang cara menjawab pertanyaan yang ada. Selain itu, tidak ada salahnya juga mempelajari cara menjawab tes psikotes untuk mengukur tingkat kecerdasan, minat dan bakat, serta karakteristik dan kepribadian.

Dalam tes psikotes seringkali dijumpai pertanyaan berupa angka, aritmatik, permainan kata-kata, dan gambar. Oleh karena itu, perbanyak latihan menjawab psikotes sangat dianjurkan.

Berikut ini beberapa daftar situs untuk belajar tes psikotes secara online yang bisa dicoba:

proprofs.com

proprofs - Ini Daftar Situs Psikotes Online Buat Latihan Sebelum Tes Masuk Kerja

Website ini menyediakan bermacam jenis latihan soal termasuk untuk psikotes. Dengan lebih dari 40 pilihan bahasa seperti Inggris, Mandarin, dan Jepang. Untuk memulai tes psikotes online pada website ini, tidak sulit walaupun ada banyak fitur di dalamnya. Yakni dengan mengklik kolom ‘Quizzez’ dan pilih bahasa yang ingin digunakan. Setelah itu, pilihlah halaman ‘Latihan Tes Psikotes’ dan klik ‘Mulai’ untuk memulai tes secara online.

latihanpsikotes.com

latihanpsikotes - Ini Daftar Situs Psikotes Online Buat Latihan Sebelum Tes Masuk Kerja

Website lain yang bisa digunakan adalah latihanpsikotes.com yang memaparkan berbagai contoh soal yang sering ada di dalam ujian psikotes kerja. Soal-soal psikotes di situs ini juga bisa didownload secara gratis.

Di dalam file soal yang didownload tersebut juga ada pembahasan yang rinci dan panjang untuk setiap soalnya. Sehingga kamu bisa memahami maksud dari pertanyaan dalam tes tersebut. Tentunya bisa semakin melatih kemampuan kamu dalam menjawab tes psikotes.

psikotesyuk.com

psikotesyuk - Ini Daftar Situs Psikotes Online Buat Latihan Sebelum Tes Masuk Kerja

Untuk bisa mengikuti tes psikotes di web ini, kamu diwajibkan untuk membuat akun terlebih dahulu. Ada beberapa macam soal psikotes yang ada di situs ini seperti tes ketelitian, tes bangun ruang, tes aritmatika dasar, dan tes verbal.

Dengan mengikuti tes psikotes online di web ini, kamu bisa langsung melihat nilai hasil tes yang sudah dikerjakan. Selain itu, ada juga modul yang berisi contoh-contoh soal psikotes yang bisa didownload.

tipscv.com

tipscv - Ini Daftar Situs Psikotes Online Buat Latihan Sebelum Tes Masuk Kerja

Kamu bisa berlatih mengerjakan tes psikotes secara online di website tipscv.com. Situs ini menyediakan berbagai soal dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris.

Setiap orang bisa mengunduh soal-soal psikotes beserta jawabannya dari situs ini tanpa perlu memiliki akun. Sehingga siapapun bisa bebas berlatih mengerjakan soal psikotes dengan mudah.

ggkarir.com

Situs ini sebenarnya adalah situs untuk mencari pekerjaan. Namun, ada juga beragam informasi lain yang tersedia seperti berbagai contoh soal psikotes. Ggkarir.com juga bisa diakses dengan mudah tanpa perlu membuat akun

Perbedaan situs ini dengan situs tes psikotes online lainnya adalah tampilan situs yang sederhana. Sehingga siapapun bisa langsung menemukan berbagai macam soal psikotes di laman utamanya.

Ggkarir.com menyediakan tes analogi verbal (korelasi makna), kemampuan verbal seperti antonim dan sinonim, deret angka, hitung cepat, logika matematika, serta berbagai macam soal lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar latihan bisa berlangsung maksimal, antara lain:

Baca perintah soal dengan teliti

Setiap soal ataupun jenis tes psikotes memiliki aturan berbeda tentang cara menjawabnya. Oleh karena itu, perhatikan dengan cermat dan saksama agar tidak bingung saat mengerjakan tes psikotes secara online tersebut sehingga waktu yang ada tidak terbuang untuk memikirkan cara menjawab soalnya.

Perhatikan durasi tes berlangsung

Beberapa tes psikotes online mengharuskan pengerjaan soal dilakukan dengan cepat dan tepat. Biasanya pada soal tes psikotes online berbentuk angka, akan tersedia timer untuk menghitung kecepatan waktu dalam menyelesaikan soal yang tersedia.

Jangan gunakanan fitur chatting

Pada saat mengerjakan tes psikotes secara online, matikan semua aktivitas chat yang ada karena akan sangat mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan soal-soal yang ada dalam psikotes dan mengalihkan perhatian pada saat menjawab soal-soal tersebut.

Persiapkan jaringan yang stabil

Karena tes berlangsung secara online, maka gawai sebagai media tes sangat penting. Selain itu, jaringan internet juga akan sangat menentukan. Oleh karena itu, persiapkan gawai dan jaringan dalam kondisi terbaik pada saat mengikuti tes psikotes secara online.

Selain itu, pastikan juga tes dilakukan di tempat yang mendukung dan jauh dari keributan sehingga tidak mengganggu konsentrasi pada saat melakukan tes psikotes secara online.

Tes psikotes secara online sudah banyak dilakukan oleh para perusahaan pada saat menyeleksi calon karyawan terbaiknya, sehingga tes online ini sangat berpengaruh pada diterima atau tidaknya seseorang untuk bekerja.

Karena cukup berpengaruh dalam proses seleksi, maka tes ini perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, walaupun tes psikotes bukan satu-satunya pertimbangan dalam seleksi karyawan.

Oleh karena itu, mencoba belajar dengan mengikuti tes psikotes online pada situs-situs yang sudah dijabarkan di atas tadi tidak salah, dan akan sangat berguna untuk membantu proses menjawab tes psikotes secara online pada saat seleksi karyawan yang sesungguhnya.

Selamat belajar tes psikotes secara online pada situs-situs tersebut dan semoga beruntung untuk bisa diterima bekerja pada tempat yang memang diidam-idamkan.

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.