Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Ini Deretan Mobil Baru yang Siap Mengaspal di 2019

by Miftahul Khoer on 9 Januari, 2019

Apakah di antara Anda ada yang punya resolusi 2019 untuk membeli mobil baru? Nah, pas sekali, di tahun ini bakal ada banyak mobil baru yang bakal segera meluncur. Mobil-mobil keluaran baru ini masih didominasi jajaran low multi purpose vehicle (MPV), city car dan mobil harga terjangkau dan ramah lingkungan (LCGC). Yuk langsung aja simak mobil apa saja yang bakal mengaspal di 2019.

lelang mobil - CekAja.com

Avanza

Toyota Avanza wajib menjadi daftar teratas mobil baru yang bakal segera meluncur di tahun ini. Toh, dari tahun-tahun lalu para penggemar Avanza meminta pabrikan untuk segera memperbarui tipe terbaru mobil sejuta umat ini.

Apalagi sejak dua tahun lalu Mitsubishi telah sukses meluncurkan Xpander, pasar Avanza tampaknya agak ngos-ngosan karena pangsa pasarnya banyak diambil alih oleh si pemain baru tersebut.

Nah, kabarnya, pada 2019 ini Avanza terbaru siap bertarung dan mengembalikan lagi marwahnya sebagai mobil paling laris di Indonesia. Meskipun sepanjang 2018 Avanza masih berada di posisi puncak mobil paling laris.

Avanza generasi pertama yang dikenalkan medio 2003-2011 memang harus memiliki tampilan yang segar. Namun, untuk keluaran anyar 2019 ini, belum ada bocoran resmi dari pabrikan. Hanya saja, beberapa bocoran yang beredar di dunia maya untuk Avanza terbaru nanti antara lain dari sisi start stop button, HSA, VSC, AC Digital, lampu LED hingga antena shark fin.

Dari sisi penjualan, Toyota Avanza pada periode Januari-November 2018 mencapai 75.493 unit. Sementara Mitsubishi Xpander mencapai 71.219 unit.

Xenia

Jika tahun ini Avanza mengaspal dengan tampilan terbaru, maka sudah wajib jika Daihatsu Xenia juga harus meluncur. Sebab, kedua mobil baru ini diproduksi bersamaan alias kembaran.

Sama dengan Avanza, pabrikan pun belum secara resmi membocorkan seperti apa tampilan teranyara Xenia. Namun, kabar beredar, Xenia bakal mengeluarkan varian dengan mesin berkapasitas 1.5 liter dan juga eksterior yang lebih segar.

(Baca juga: Ingin Balik Nama Mobil? Ini Ketentuan dan Rincian Biayanya)

Grand Livina

Kesuksesan Mitsubishi mengeluarkan Xpander pada 2017 lalu membuat perusahaan aliansinya Nissan ingin memproduksi Livina yang mirip dengan Xpander. Nissan tampaknya ingin meraih kesuksesan penjualan di tanah air, seiring penjualan Livina selama ini belum begitu menggembirakan. Hingga November 2018 penjualan Livina mencapai sekitar 2.279 unit.

Pabrikan sendiri belum membocorkan seperti apa produk terbaru Livina terbaru nanti. Namun, tampaknya jika benar-benar Nissan ingin mengikuti kesuksesan Xpander, seharusnya ada yang bisa ditawarkan lebih dari Livina terbaru.

Honda WR-V

Honda juga ternyata disebut-sebut akan mengeluarkan produk terbarunya yakni Honda WR-V yang dinilai sebagai generasi penerus Honda Jazz.

Kabarnya Honda WR-V ini menggunakan mesin 1.2 liter dan hanya akan diproduksi untuk transmisi manual. Memang belum ada bocoran resmi dari pabrikan. Namun, jika benar kapasitas mesin untuk Honda WR-V ini meluncur tahun ini, kemungkinan akan kalah bersaing dengan mesin 1.5 liter dari keluaran mobil lain yang juga bakal meluncur.

Karimun

Tak mau ketinggalan, Suzuki Karimun juga tak sabar ingin mengeluarkan produk terbarunya. Karimun tampaknya ingin memperbaiki penjualan seiring selama 2018 mobil ini tak masuk jajaran 10 besar mobil terlaris.

Dengan demikian, jika Karimun hadir pada tahun ini dengan tampilan dan fitur terbaru, bukan tidak mungkin mobil imut ini juga mampu bersaing dengan kelas LCGC lainnya macam Toyota Agya, Daihatsu Ayla maupun Honda Brio.

(Baca juga: Mau Beli Mobil Tapi Bujet Cuma Rp80 Juta? Beli Mobil Ini Saja)

Wuling Almaz

Selain Xpander, mobil lain yang juga mampu menyedot perhatian masyarakat adalah Wuling yang dikeluarkan pada tahun lalu. Meski baru seumur jagung, penjualan mobil ini pada Januari hingga Oktober 2018 mencapai 13.400 unit secara wholesales.

Wuling Confero menguasai 63 persen penjualan dengan jumlah 8.442 unit, sedangkan Wuling Cortez menyumbang 37 persen dengan 4.958 unit.

Untuk tahun ini, Wuling siap meluncurkan tipe SUV untuk Wuling Almaz yang menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter dan lengkap dengan turbocharged.

Pabrikan asal China ini juga akan mengeluarkan Wuling E 100 yakni mobil bertenaga listrik. Mobil ini telah dipamerkan di ajang GIIAS 2018 lalu. Itu artinya, tahun ini bakal ada generasi kendaraan ramah lingkungan yang siap mengaspal.

Nah, itulah beberapa mobil yang siap diluncurkan pada tahun ini. Jadi, buat Anda yang masih bingung mau beli mobil apa, monggo dipilih saja daftar di atas.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.