Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini Deretan Perusahaan Sekuritas Terbaik 2019 di Indonesia, Investor Wajib Tahu!

by CekAja on 16 Oktober, 2019

Di dunia pasar modal, istilah sekuritas pasti sering kamu jumpai. Terlebih, kini perusahaan sekuritas banyak bermunculan dan berkembang pesat di Indonesia. Nah, karena perusahaan sekuritas akan selalu berkaitan dengan saham, investasi dan uang, itu artinya para investor harus pintar-pintar memilih perusahaan sekuritas terbaik yang ada di Indonesia.

Bagi yang masih asing dengan istilah sekuritas, berikut penjelasan singkat tentang sekuritas. Secara bahasa, sekuritas sebenarnya diambil dari bahasa Inggris yakni ‘security‘ yang berarti keamanan. Sekuritas sendiri merupakan sebuah surat utang bersifat likuid, yang dapat dengan mudah dan cepat dijadikan uang atau kas, atau bisa juga diuangkan. 

Bicara tentang perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia, memangnya harus memenuhi kriteria apa saja sih sehingga bisa disebut terbaik?

Selain wajib mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk menjalankan segala kegiatannya sebagai perantara perdagangan efek, apakah bisa dilihat dari fee trading yang rendah, jumlah nasabah yang banyak, pelayanan, atau tingkat transaksi yang tinggi juga?

Perusahaan yang bergerak di bidang perantara dalam perdagangan efek, baik itu saham, obligasi, reksadana dan instrumen lainnya ini, memang sebenarnya bisa dinilai sesuai dengan kebutuhan sang investor.

(Baca juga: Panduan dan Cara Membeli Saham Lengkap untuk Investor Pemula)

Karena, investor memiliki kebutuhannya sendiri, misalnya ada investor yang masih pemula, ada investor besar yang sudah memiliki banyak saham dimana-mana dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, investor juga akan mencari perusahaan sekuritas terbaik, yang bisa mewujudkan tujuannya dalam berinvestasi. Misalnya, jika kamu sebagai investor membutuhkan keamanan untuk investasi saham jangka panjang, maka disarankan untuk memilih perusahaan sekuritas yang sudah lama berdiri. Bisa juga memilih perusahaan pelat merah, karena dinilai lebih bagus, sebab perusahaan ini berbentuk badan usaha milik negara (BUMN).

Selaku investor, kamu diharapkan bisa menilai sendiri sesuai kebutuhan dan tujuan investasi. Namun di sini, kamu juga harus bisa melihat keunggulan-keunggulan perusahaan sekuritas yang dikelompokkan berdasarkan kriteria:

Perusahaan sekuritas terbaik dengan fee trading yang Murah

Fee trading di dalam dunia saham ada dua, yakni biaya saat membeli saham dan biaya saat menjual saham. Dan untuk nilai rata-rata fee trading dari semua perusahaan sekuritas adalah 0,1-0,3 persen (pembelian) dan 0,2-0,4 persen (penjualan).

Berikut ini adalah rincian biaya beli/jual yang ditetapkan perusahaan-perusahaan sekuritas dalam satuan persen:

  1. Most: 0,18/0,28

  2. BNI Sekuritas Indonesia: 0,15/0,25

  3. Mirae Asset Sekuritas Indonesia: 0,15/0,25

  4. Ipot 0,19/0,29

  5. Phillip Sekuritas Indonesia: 0,20/0,30

  6. MNC Sekuritas 0.19/0.29

Nah, dilihat dari rincian di atas bisa diartikan bahwa angka yang ditampilkan diurutkan dari biaya beli lalu biaya jual. Adapun biaya transaksi di atas juga sudah termasuk pajak dan sebagainya.

Sebagai contoh BNI Sekuritas dan Mirae Asset adalah perusahaan sekuritas paling murah, baik dari biaya beli maupun biaya jual. Nah, jika kamu sudah melihat rincian tersebut, artinya kamu hanya tinggal mempertimbangkan, apakah perusahaan sekuritas yang dituju sesuai dengan kriteria yang kamu butuhkan.

Perusahaan sekuritas terbaik dengan minimal deposito paling ringan

Untuk minimal deposito paling rendah, rata-rata ada pada angka Rp1 juta sampai Rp3 juta. Nominal tersebut juga tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan sekuritas. Kamu juga bisa bandingkan masing-masing jumlah deposito awal atau dana yang harus disetor saat pertama kali membuka akun di beberapa pialang berikut:

  1. Philip Sekuritas dan BNI Sekuritas: Rp 1.000.000

  2. Mirae Assets: Rp3.000.000

  3. Mandiri Sekuritas: Rp2.000.000

  4. Ipot atau Indopremier, Phintaro, Trimegah, dan MNC Sekuritas: Rp100.000

  5. Sinarmas Online Rp 500.000, sedangkan untuk Reguler sebesar: Rp 25.000.000

  6. CIMB Niaga: Rp 5.000.000

Perusahaan sekuritas terbaik yang pernah mendapat penghargaan dari lembaga pemeringkat resmi

Untuk keunggulan yang dilihat dari kriteria berikut ini, mungkin kamu para investor bisa mempertimbangkan perusahaan sekuritas dari banyaknya jumlah nasabah, jumlah transaksi, layanan produk digitalnya paling banyak, dan lainnya.

Nah, untuk mengetahui daftar perusahaan sekuritas terbaik 2019 di Indonesia, berikut simak satu per satu perusahaan sekuritas baik asing maupun lokal:

1. Mandiri Sekuritas

Mandiri sekuritas merupakan perusahaan sekuritas terbaik yang pernah mendapatkan penghargaan Broker Terbaik di Bursa Efek Indonesia (BEI). Mandiri Sekuritas juga memiliki rekor transaksi saham sebesar Rp205 triliun.

Selain itu, perusahaan pelat merah ini juga pernah menyabet empat penghargaan sekaligus pada tahun 2018, dalam acara Finance Asia Country Awards for Achievement.

Diantaranya adalah Best Debt Capital Markets House, Best Investment Bank, Best Broker, dan Best Equity Capital Markets House. Dari BEI, Mandiri Sekuritas juga memperoleh predikat sebagai anggota bursa terbaik dalam kategori pertumbuhan investor.

2. IndoPremier

Perusahaan sekuritas terbaik 2019 selanjutnya ada IndoPremier, di mana sekuritas berkode PD ini merupakan sekuritas lokal. Penghargaan Indonesia’s Best Domestic Bond House dalam acara The Asset Asian Awards, juga menobatkan IndoPremier sebagai perusahaan sekuritas terbaik di tahun 2015. Dan masih banyak lagi penghargaan lainnya yang tidak bisa disebut satu per satu di sini.

3. Panin Sekuritas

Di ajang Penghargaan IDX Appreciation 2018, Panin Sekuritas mendapatkan awards sebagai Anggota Bursa Terbaik Kategori Kinerja Keuangan di tahun 2018. Lalu ada dari Tempo Media Group, pada November 2018, Panin sekuritas mendapatkan penghargaan berupa SPEx2 (Strategy into Performance Execution Excellence), dengan tema khusus yakni Navigating Digital Shift dalam industri sekuritas, dan masih banyak lagi penghargaan lainnya.

4. Philips Sekuritas

Perusahaan sekuritas terbaik berikutnya adalah Philips Sekuritas. Dimana perusahaan sekuritas tersebut menyabet penghargaan Online Trading Terbaik 2015 dan Special Award dengan kategori Best Social Activation.

5. Trimegah Sekuritas

Trimegah Sekuritas menjadi perusahaan sekuritas terbaik yang pernah mendapatkan banyak penghargaan. Di antaranya adalah Best Listed Company 2017 di sektor Sekuritas dan Reksadana yang diselenggarakan oleh Majalah Investor.  

(Baca juga: Banyak Aksi Demo, Dana Asing Hengkang ke SBN!)

Selanjutnya ada penghargaan dari Indonesia Digital Innovation Award 2017 dengan kategori yang sama, dan penghargaan lainnya dari Indonesia Most Admired Company 2017 serta Most Innovative Business Award. Di mana acara tersebut diadakan oleh Warta Ekonomi. 

Itulah lima dari sekian banyak perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia, yang bisa dijadikan pilihan para investor Tanah Air. Semoga dengan membaca artikel ini, kamu selaku investor bisa menerima segala informasi yang disampaikan dan bisa bermanfaat.

Dapatkan juga berbagai informasi produk investasi lainnya, mulai dari deposito berjangka, deposito syariah, reksadana hingga modal ventura, yang bisa menghasilkan keuntungan terbaik bagi kami, hanya di Cekaja.com.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami