Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Ini Dia 10 Kota Termahal di Dunia, Berniat Untuk Kunjungi?

by Ilena Umayanti on 4 November, 2019

Liburan keliling dunia siapa yang tidak mau ?. Jika di tawarkan untuk pergi jalan-jalan keliling dunia rasanya tidak ada yang bisa menolak apalagi jika pergi ke negara impian. Tapi sebelum kamu berlibur ke suatu negara kamu perlu tau nih kota mana saja yang biaya hidup nya tinggi. Ini bermanfaat untuk kamu agar punya estimasi dana yang tepat.

kota termahal di dunia

Ada beberapa yang termasuk ke dalam kota termahal di dunia.Kategori kota termahal di dunia ini berdasarkan penelitian dan analisis dari EUI atau Economist Intelligence Unit. EUI merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan analisa industri dan manajemen di sebuah negara.

Melalui peneliatian dan analisisnya mereka akan menghasilkan laporan negara bulanan, ramanal ekonomi negara selama lima tahun ke depan dan juga laporan risiko negera. Wah keren ya, EUI juga merilis 10 kota termahal di dunia loh, kota mana saja yang kira-kira termasuk kota termahal di dunia, simak sama-sama yuk,

10 Kota termahal di dunia 2019
1. Singapura

Siapa sangka yang menjadi kota termahal di dunia ternyata ada di Asia, yaitu di Singapura. Singapura berada di posisi pertama karena di anggap sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Singapura bertahan di urutan pertama sejak tahun 2018 lalu sebagai kota termahal di dunia.

Jika kamu pernah berkunjung ke Singapura pasti kamu sudah tidak heran dengan hal ini. Harga satu bungkus rokok contohnya, di singapura memcapai 132 Ribu sementara harga bahan bakar minyak di sana ada di angka 21 Ribu.

Akan tetapi Singapura di nobatkan sebagai kota termahal di dunia seimbang dengan sarana dan prasarana yang tersedia di sana. Semua sarana dan prasarana di singapura sangat menunjang.Meskipun singapura termasuk kota termahal di dunia faktanya Indonesia yang menjadi salah satu pasar utama bagi pariwisata Singapura.

Pasalnya selama tiga tahun berturut-turut angka kunjungasn turis indonesia selalu mengalami kenaikan. Wajar ya selain karena letak geografis yang terbilang dekat, Singapura juga kerap menjadi pilihan wisata karena kota nya sangat cantik. Secara keseluruhan sebanyak 18,5 juta wisatawan berkunjung ke singapura pada tahun 2018, angka tersebut naik 6,2 % di banding tahun sebelumnya. Gimana kamu sudah pernah berkunjung ke Singapura?

(Baca Juga: Yuk Keliling Dunia, Ini 70 Negara Bebas Visa Untukmu!)

2. Paris, Perancis

Siapa yang tidak kenal dengan kota yang satu ini, kota yang mendapat julukan sebagai kota paling romantis di dunia.Paris juga berada di peringkat kedua sebagai kota termahal di dunia. Sebelumnya paris berada di peringkat kedelapan dalam daftar kota termahal di dunia. Sebagai 10 kota yang menggunakan mata uang euro paris satu-satunya kota yang masuk ke dalam kota termahal di dunia.

Perancis sendiri sebenarnya termasuk ke dalam negara terbesar dan menududki peringkat ke 6. perancis sangat ketat terhadap kebijakan pajaknya. Bahkan jika kamu tau harga potong rambut bagi perempuan di paris mencapai Rp 1,600,000. Wah angka yang sangat fantastis ya untuk sekedar potong rambut. Di indonesia kamu cukup dengan Rp 50,000 saja sudah bisa potong rambut di salon. Jika dengan uang Rp 80,000 cukup untuk 2 kali makan, di paris kamu hanya bisa mendapatkan 1 Kg Roti.

3. Hongkong

Hongkong merupakan wilayah administratif khusus atau semacam daerah khusus di Republik Rakyat Cina. Hongkong masuk menjadi urutan ke 3 sebagai kota termahal di dunia. Hongkong merupakan kota yang sangat tertib terhadap transportasi umum. Perlu kamu tahu bahwa 90 % masyarakat Hong kong menggunakan kendaraan umum untuk kegiatan sehari-hari. Hanya 10 % masyarakat hongkong yang menggunakan kendaraan pribadi.

Transportasi umum di hongkong sangat memadai dan nyaman, itu lah yang menjadi alasan masyarakatnya memilih menggunakan transportasi umum di sana. Tranportasi umum di hongkong menggunakan kapal ferry, MRT ( kereta bawah tanah ), Bus, Taksi, dan Tram.

Meskipun begitu Hong kong tetap menjadi kota termahal ketiga setelah singapura dan paris. Untuk biaya potong rambut perempuan sangat mahal dan mencapai angka Rp. 1,500.000 dan Rp 55,400 untuk 1 Kg Roti. Angka yang sangat fantastis juga dengan sewa apartemen perbulan, di Hongkong sewa apartemen perbulan mencapai angka Rp 56,500,000.

4. Zurich, Swiss

Zurich masuk menjadi salah satu kota termahal di dunia di urutan ke empat setelah Singapura, Paris, dan Hongkong. Penduduk di Swiss memiliki pendapatan sangat tinggi di dunia sudah pasti biaya hidup disana juga sangat tinggi. Bahkan pada tahun 2017 kota Zurich,Swiss terkenal sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Eropa.

Jika kamu berkunjung ke Zurich, Swiss kamu akan di kagetkan dengan harga telur disana. Kamu harus mengeluarkan uang sebesar 100,000 hanya untuk 12 butir telur. Mahal banget ya, di indonesia kamu sudah bisa dapat berkilo-kilo telur dengan uang 100,000. Jika kamu terserang flu di Zurich,Swiss kamu harus mengeluarkan uang sebesar 240,000 untuk harga obat yang dosisnya hanya mencapai 6 hari.

5. Jenewa,Swiss

Masih dari Swiss, kini Jenewa juga termasuk kedalam kota termahal di dunia menduduki urutan ke lima. Coba kamu bayangkan jika kamu berkunjung Jenewa atau jika kamu tinggal di sana berapa biaya untuk seharai-hari yang harus kamu keluarkan. Jika I Kg ayam saja bisa mencapai Rp 178,000. Mungkin kamu bisa inisiatif beli makanan pokok yang lain ya.

Karena jika kamu membeli roti panggang dengan isi daging, telur, dan keju kamu akan membayar sebesar Rp 377,000 wah angka yang sangat tinggi ya jika di bandingkan dengan roti panggang di Indonesia. Selain makanan pokok, untuk tempat tinggal juga sangat mahal, mencapai angka Rp 29,000,000 per bulannya.

6. Osaka, Jepang

Beralih dari Jenewa kini kita ke salah satu kota di Jepang yaitu Osaka. Kota Osaka di jepang ini termasuk ke dalam kota termahal di dunia. Kota yang terdiri dari 13.000.000 ini memiliki harga sewa apartemen yang sangat tinggi di dunia. Jika kamu menyewa apartemen di pinggir kota, kamu harus membayar sebesar Rp 35,000,000 perbulan. Bayangkan jika kamu menyewa apartemen di tengah kota harganya sudah pasti jauh lebih tinggi dari pada itu.

Untuk harga makanan, sebungkus roti misalnya, kamu perlu membayar Rp 85.000. Itu hanya untuk sebungkus roti belum dengan makanan pokok lainnya seperti daging, beras dll. Dari banyak hasil survey bahkan untuk biaya hidup di Osaka, Jepang hampir sama dengan biaya hidup di Jenewa Swiss.

(Baca Juga: Cara Membuat dan Mengajukan Visa Amerika Serikat untuk Pelajar)

7. Seoul, Korea Selatan

Untuk peringkat 7 terdapat di Seoul, Korea Selatan. Siapa yang jadikan Seoul sebagai kota impian ? Jangan salah loh, gudang nya para idol k-pop ini juga termasuk kedalam kota termahal di dunia. Salah satu indikator penting untuk menentukan tingkat biaya hidup adalah dengan kekuatan mata uang juga dengan turunnya harga barang-barang lokal.

Bahkan dari survey EIU sendiri di ketahui bahwa harga kebutuhakn pokok di Seoul bisa mencapai 50 % lebih mahal dari pada di New York, AS. Perlu jadi catatan nih buat kamu yang mau berkunjung ke Seoul, Korea Selatan. Persiapkan budget dengan matang ya supaya kamu tidak kesulitan saat berkunjung ke sana.

8. Copenhagen, Denmark

Siapa yang tidak kenal dengan negara-negara Skandinavia, sejak dulu negara di wilayah ini memang sudah di kenal sebagai negara yang biaya hidup yang cukup mahal di banding negara lainnya. Kota Copenhagen, Denmark ini juga termasuk kedalan kota termahal di dunia menurut EUI. Menariknya meskipun terkenal cukup mahal tak sedikit masyarakat yang masih berkunjung ke sana. Selain untuk berlibur banyak juga yang memilih kota ini sebagai tempat menjalani pendidikan.

Biaya hidup sehari-hari di sana juga tinggi setidaknya kamu membutuhkan uang sekitar Rp228.000 perhari nya. Itu sangat tentatif dan bisa saja berubah menjadi lebih tinggi. Sementara jika kamu menyewa kamar kosong di sana kamu perlu uang setidaknya 9-13 juta perbulannya. Setara dengan harga apartmen di Indonesia perbulan ya, padahal yang kamu dapat di sana hanya kamar kosong.

9. New York, Amerika Serikat

Dari benua Amerika, mereka di wakili oleh New York, Amerika Serikat sebagai kota termahal di dunia. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kota yang satu ini. Sering kali jadi impian untuk destinasi liburan kebanyakan orang. Kota New York juga merupakan kota yang di dambakan banyak orang dari segi pendidikan. Buktinya memang banyak sekali pelajar asal Indonesia yang merantau di sana.

Jika kamu memutuskan untuk liburan atau menetap di sana biaya yang harus kamu keluarkan untuk satu buah roti sekitar Rp 107,000. Untuk kebutuhan pokok di New York sebetulnya cukup mahal bahkan untuk masyarakat New York sendiri.

10. Tel Aviv, Israel

Rasanya cukup asing ya jika dengar nama kota ini, pasalnya tak banyak orang tahu bahwa negara kecil seperti Israel memiliki kota yang termasuk ke dalam kota termahal di dunia. Hal ini bisa saja terjadi lantaran nilai tukar dolar semakin melemah sehingga ada beberapa negara yang harus menaikan taraf biaya hidupnya.

Biaya hidup di kota Tel Aviv kini semakin melonjak drastis. Perbedaannya terlihat dari perubahan harga pada beberapa barang. Contohnya saja harga satu bungkus rokok yang awalnya Rp 74,000 kini menjadi Rp 113,000.

Fantastis ya 10 kota tersebut, harganya bikin kita melongo. Mengetahui perekonomian dan biaya hidup di salah satu negara akan memudahkan kamu sebagai bahan pertimbangan jika sewaktu-waktu kamu punya kesempatan untuk kesana.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis