Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini Dia Beberapa Makanan Khas Idul Adha di Indonesia Paling Favorit 

by Nadhillah Kusindriani on 22 Juni, 2020

Tidak terasa, satu bulan lagi tepatnya 31 Juli 2020, umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Idul Adha atau yang kerap kali disebut sebagai Hari Raya Kurban. Pada hari besar tersebut, umat Islam biasanya akan melakukan pemotongan hewan kurban, seperti sapi, kambing ataupun unta, kemudian mengolahnya menjadi beberapa sajian makanan lezat. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas beberapa makanan khas Idul Adha di Indonesia paling favorit khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Ini Dia Beberapa Makanan Khas Idul Adha di Indonesia Paling Favorit 

Beberapa Makanan Khas Idul Adha di Indonesia 

Jika dilihat lebih lanjut, sebenarnya ada banyak sekali makanan khas Idul Adha di Indonesia, mulai dari yang digoreng, direbus, dikukus dan lain sebagainya. Tentu saja, semua makanan tersebut sangat lezat.

Bahkan, ada beberapa makanan khas Idul Adha di Indonesia, yang menjadi makanan paling favorit dan wajib tersedia. Lantas, apa saja makanan-makanan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Tongseng

Tongseng - Ini Dia Beberapa Makanan Khas Idul Adha di Indonesia Paling Favorit

Makanan khas Idul Adha di Indonesia yang pertama adalah Tongseng. Makanan yang berasal dari Jawa Timur ini memiliki tampilan yang serupa dengan gulai. Hanya saja, tongseng memiliki cita rasa yang cenderung lebih manis, dibandingkan gulai yang umumnya memiliki rasa pedas.

Selain itu, tongseng juga memiliki isi yang lebih beragam. Kamu bisa menambahkan beberapa jenis sayuran, seperti kol, tomat, daun bawang serta kubis.

Meski ciri khas dari tongseng terlihat pada penggunaan daging bagian tulang iga atau tulang belakang kambing, namun kini kamu bisa menemukan tongseng dengan daging yang lebih bervariasi, seperti misalnya tongseng daging ayam dan tongseng daging sapi.

(Baca Juga: Makanan Khas Idul Adha di Nusantara)
2. Gulai Kambing

Gulai Kambing - Ini Dia Beberapa Makanan Khas Idul Adha di Indonesia Paling Favorit

Bagi kamu pecinta gulai kambing, jangan khawatir. Sebab, makanan yang satu ini masuk ke dalam salah satu makanan Idul Adha di Indonesia paling favorit dan wajib tersedia, khususnya di wilayah Sumatera Barat.

Makanan yang seni memasaknya diadaptasi dari India ini, memadukan gurihnya potongan daging kambing ataupun sapi, dengan kayanya rempah-rempah yang digunakan. Maka dari itu, tidak heran apabila cita rasa yang dihasilkan pun sangat kuat.

Untuk bisa menyantap gulai kambing dengan lezat, kamu bisa menambahkan taburan bawang goreng dan juga kerupuk kulit sebagai makanan pendamping.

Meski begitu, kamu jangan sampai terlena menyantap makanan yang satu ini. Terlebih bagi kamu yang memiliki riwayat kolesterol dan darah tinggi, sangat tidak disarankan mengonsumsi gulai kambing terlalu banyak dan terlalu sering.

3. Sate Daging

Sate Daging - Ini Dia Beberapa Makanan Khas Idul Adha di Indonesia Paling Favorit

Makanan yang satu ini sebenarnya bisa kamu dapatkan kapan saja tanpa harus menunggu Idul Adha tiba. Hanya saja, cita rasa serta sensasi yang kamu dapatkan akan berbeda.

Hal tersebut dikarenakan, pada hari Idul Adha kamu bisa mengolah dan menyantap daging yang didapat bersama keluarga. Cara mengolahnya pun cukup sederhana, kamu hanya perlu merendam daging sate hingga bumbu meresap.

Setelah itu, kamu bisa langsung membakarnya, lalu menyajikan sate daging dengan bumbu kacang ataupun bumbu kecap manis racikan keluarga. Bagaimana, sangat mudah bukan untuk dicoba?

4. Sop Buntut

Sop Buntut - Ini Dia Beberapa Makanan Khas Idul Adha di Indonesia Paling Favorit

Sop buntut nyatanya masuk ke dalam salah satu makanan khas Idul Adha di Indonesia paling favorit. Makanan ini bisa dijadikan makanan pilihan, apabila kamu sudah bosan atau terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan.

Selain nikmat, sop buntut juga lebih segar dan lebih sehat. Karena isi dari makanan ini tidak hanya daging saja, tetapi juga ada berbagai macam sayuran, seperti wortel, kentang, buncis, daun seledri, daun bawang dan beberapa sayuran lain yang bisa kamu gunakan sesuai selera.

Tidak hanya itu, panganan yang satu ini juga cocok dikonsumsi oleh anak-anak. Dengan begitu, anak-anak tetap bisa mengonsumsi makanan lezat di hari Idul Adha, tanpa perlu khawatir dengan rasa makanan yang pedas dan bersantan.

5. Rendang

Rendang - Ini Dia Beberapa Makanan Khas Idul Adha di Indonesia Paling Favorit

Panganan yang satu ini rasanya menjadi salah satu makanan kecintaan masyarakat Indonesia. Hal tersebut sudah tidak bisa diragukan lagi, karena rendang juga sudah dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia.

Penggunaan daging sapi serta santan dari parutan kelapa membuat rendang memiliki cita rasa yang luar biasa. Terlebih, proses memasak makanan yang satu ini memakan waktu yang cukup lama.

Sehingga, bumbu rendang akan sangat meresap ke dalam daging, dan rendang akan semakin lezat disantap. Dengan begitu, tidak heran apabila rendang menjadi salah satu makanan yang sangat dinanti kehadirannya.

6. Semur

Semur - Ini Dia Beberapa Makanan Khas Idul Adha di Indonesia Paling Favorit

Makanan khas Idul Adha di Indonesia yang keenam adalah semur. Makanan khas suku Betawi yang satu ini, merupakan makanan berkuah dengan bahan dasar daging, yang diolah menggunakan kecap manis dan berbagai rempah lainnya.

Meski bahan utama yang digunakan dalam hidangan ini adalah daging sapi, tetapi banyak juga orang yang memadukannya dengan kentang agar semakin lezat.

Selain itu, makanan ini juga akan memanjakan lidahmu apabila disantap dengan emping dan bawang goreng yang ditaburkan di atas semur.

7. Tengkleng

Tengkleng - Ini Dia Beberapa Makanan Khas Idul Adha di Indonesia Paling Favorit

Di urutan terakhir ada tengkleng, yang masuk ke dalam makanan khas Idul Adha di Indonesia versi CekAja.com. Olahan daging yang satu ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang.

Namun jika melihat tampilannya, tengkleng sekilas terlihat seperti gulai. Hanya saja, tengkleng memiliki kuah yang lebih encer dari kuah gulai.

Selain itu, tengkleng juga memiliki aroma tulang yang lebih kuat. Hal itu tidak lain karena kudapan yang satu ini menggunakan tulang sebagai bahan dasarnya, selain daging dan jeroan kambing.

(Baca Juga: Binis Kuliner saat Idul Adha yang Terancam Sepi)

Meski terlihat sangat lezat, namun kamu harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. Pastikan jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan yang satu ini jika tidak ingin terserang kolesterol, darah tinggi, dan beberapa penyakit lainnya.

Pasalnya, akan sangat merepotkan apabila kamu terserang penyakit-penyakit tersebut secara tiba-tiba. Kamu tentu harus berobat ke rumah sakit dan mengeluarkan biaya yang cukup besar.  Sangat merepotkan bukan?

Dalam keadaan tersebut kamu sudah pasti memerlukan kehadiran asuransi kesehatan untuk menjamin semua biaya pengobatan yang dibutuhkan. Sehingga, kamu tidak perlu lagi memikirkan hal-hal terkait biaya pengobatan atau perawatan rumah sakit.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, tunggu apalagi? Segera ajukan melalui CekAja.com dan dapatkan sederet kemudahannya!

Tentang Penulis