Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini Bedanya Pria dan Wanita dalam Menghadapi Pensiun

by Rafly Aditia on 30 Mei, 2016

Pria dan wanita tentu beda dalam keputusan finansial. Itu juga terjadi ketika persiapan pensiun. Apalagi dikaitkan dengan masalah kesehatan.

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan perbedaan pemikiran antara pria dan wanita. Salah satunya berkaitan dengan cara mengatur keuangan dan mempersiapkan finansiap yang mantap di saat sudah tidak bekerja lagi alias pensiun. Perilaku, sifat, dan pengetahuan tentang finansial menjadi hal-hal yang punya pengaruh besar terhadap bagaimana sesorang menghadapi masa pensiunnya.

Di satu sisi ada beberapa perbedaan mendasar antara pria dan wanita dalam hal menghadapi pensiun. Penasaran apa saja perbedaan antara pria dan wanita dalam menghadapi pensiun? Ini dia bedanya!

Pria lebih santai, wanita lebih serius

biaya kredit rumah _ KPR - CekAja.com

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Journey FInancial Services di Idaho, secara umum pria memiliki pandangan bahwa pensiun merupakan waktu yang tepat untuk berlibur.

Hal ini berbanding terbalik dengan wanita, kebanyakan kaum hawa memiliki pandangan yang lebih serius dan fokus untuk menghadapi perubahan besar dalam hidup di masa pensiun.

(Baca juga: Mengintip 4 Peluang Usaha Terbaru Beromzet Ratusan Juta Rupiah)

Dalam berinvestasi bagai Yin & Yang

membangun bisnis yang bangkrut _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Dalam urusan berinvestasi di masa pensiun, antara pria dan wanita mirip Yin & Yang. Dimana pria memiliki tingkat agresivitas yang lebih tinggi sementara wanita justru lebih konservatif dalam berinvestasi.

Lewat laporan sebuah perusahaan keuangan BlackRock, sebanyak 55% wanita tidak begitu tertarik untuk mengambil risiko terhadap harta kekayaannya. Jumlah ini lebih besar 8% dari pria.

Bukan cuma itu, sebanyak 1/3 jumlah pria yang disurvey mengaku nyaman berinvestasi di pasar saham. Sementara hanya 21% wanita yang juga setuju dengan hal tersebut.

(Baca juga: Inspirasi: Tidak Ingin Kerja Terus, Empat Pasangan Muda Ini Pilih Pensiun Dini dan Keliling Dunia)

Wanita bisa miliki kesehatan yang lebih prima dibanding pria saat pensiun

Ada sebuah penelitian yang cukup menarik seputar masa pensiun. Ternyata, wanita punya peluang atau kesempatan memiliki kesehatan yang lebih prima saat pensiun. Bahkan, bisa dibilang wanita punya umur yang lebih panjang dibandingkan pria ketika pensiun.

Bagaimana bisa? Hal ini disebabkan karena wanita menaruh perhatian lebih untuk urusan kesehatan ketika memasuki masa pensiun.

(Baca juga: 5 Hobi yang Bisa Dijadikan Bisnis Menjanjikan Saat Pensiun)

Di masa depan semuanya akan berubah

Walau saat ini banyak sekali perbedaan terkait isu gender dalam hal pensiun, sepertinya di masa depan perbedaan-perbedaan tersebut perlahan akan musnah. Hal ini dapat dilihat dari jumlah wanita yang membuat keputusan finansial secara mandiri di tahun 2014 meningkat menjadi 41% menurut Ameriprise survey.

Tentu ini membuktikan bahwa sudah banyak wanita yang tidak menyerahkan urusan finansial sepenuhnya kepada pria. Di samping itu, belajar dari sifat dan kebiasaan wanita. Para pria mungkin bisa meminimalisir risiko dan memaksimalkan keuntungan dalam berinvestasi di masa depan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.