Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Ini Dia Biaya Produksi Film Star Wars untuk Setiap Episodenya dan Keuntungannya

by Rafly Aditia on 21 Desember, 2015

Film Star Wars berhasil menghebohkan jagat film di seluruh dunia termasuk Indonesia. Dengan plot cerita yang selalu menarik serta grafis yang mengglegar membuat para pecinta film terutama genre fantasy merasa terpuaskan dengan cerita yang disuguhkan. Tidak hanya itu, Star Wars episode terbaru yang berjudul Star Wars: The Force Awakens juga digadang-gadang akan menjadi salah satu film yang paling sukses pada tahun ini.

Film Star Wars episode ketujuh tersebut bahkan berhasil menumbangkan beberapa rekor salah satunya rekor “Harry Potter and the Deathly Hallows, Part 2” untuk film dengan pendapatan tertinggi dalam pemutaran perdananya. Nah, kali ini tim CekAja.com akan memberikan daftar biaya produksi setiap Episode Star Wars yang dimulai dari tahun 1977, berikut daftarnya;

 

Star Wars: A New Hope (1977) $11 Juta

StarWarsMoviePoster1977

Film Star Wars produksi perdana ini ternyata diproduksi dengan dana mencapai 11 juta dolar AS dimana dan tersebut tergolong sangat besar mengingat film ini diproduksi pada tahun 1977. Namun biaya sebesar ini berhasil terbayar dengan nilai box office di seluruh dunia yang mencapai angka 786,5 juta dolar AS.

(Baca juga: Mind Tricks Ala Star Wars yang Bisa Bikin Freelancer Sukses)

 

 

Star Wars: The Empire Strikes Back  (1980) $23 Juta

Ep5_junior

Pada tahun 1980 Star Wars kembali mengguncang perfilman dunia dengan nilai produksi mencapai 23 juta dolar Amerika Serikat, biaya tersebut dua kali lebih besar dibanding produksi perdana film Star Wars tetapi nilai box office di seluruh dunia hanya mencapai angka 534 juta dolar AS atau 200 juta dolar lebih rendah dibanding produksi perdananya.

(Baca juga: Ternyata, Nonton Film Star Wars Bisa Bikin Karir Kamu Melejit)

 

Star Wars: Return of the Jedi (1983) $32,5 Juta

ReturnOfTheJediPoster1983

Kembali menghantam dunia perfilman, Star Wars hadir pada tahun 1983 dengan biaya produksi sebesar 32,5 juta dolar AS. Sempat membuat heboh dengan pendapatan sebesar 23 juta dolar AS saat tayang perdana, nilai box office worldwide dari episode Star Wars yang satu ini hanya mencapai 572 juta dolar AS.

 

Star Wars: The Phantom Menace (1999) $115 Juta

Star_Wars_Phantom_Menace_poster

Merupakan episode pertama dari Star Wars, The Phantom Menace diproduksi dengan biaya sebesar 115 juta dolar AS. Dengan biaya sebesar ini, The Phantom of Menace berhasil meraih nilai box office di seluruh dunia hingga 1 miliar dolar AS.

(Baca juga: 3 Pertanyaan Finansial yang Harus Punya Jawaban di Tahun 2016)

 

Star Wars: Attack of Clones (2001) $115 Juta

Star_Wars_-_Episode_II_Attack_of_the_Clones_(movie_poster)

Mencoba untuk meneruskan kesuksesan dari The Phantom Menace, Star Wars: Attack of Clones mengeluarkan biaya produksi yang sama yaitu 115 juta dolar AS, namun nilai box office di seluruh dunianya hanya mencapai angka 648, 2 juta dolar AS.

 

Star wars: Revenge of Sith (2005) $115 Juta

Star_Wars_Episode_III_Revenge_of_the_Sith_poster

Masih memproduksi dengan biaya yang sama dengan dua film produksi sebelumnya sebesar  115 juta dolar AS, Star Wars: Revenge of Sith kembali menaikkan nilai box office Star Wars di seluruh dunia dengan jumlah 848,9 juta dolar AS.

(Baca juga: Berikan Diri Kamu Lima Hadiah Ini Sebelum Tahun 2015 Berakhir)

 

Star Wars: Force Awakens (2015) $200 Juta

Star_Wars_The_Force_Awakens_Theatrical_Poster

Film yang baru saja rilis tiga hari lalu, yaitu Jumat (18/12). Star Wars: The Force Awakens merogoh biaya produksi sebesar 200 juta dolar AS. Diprediksikan nantinya bahwa film ini akan menjadi film Star Wars yang paling laris dan laku serta berpendapatan paling tinggi sepanjang sejarah.

 

 

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.