Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Pekerjaan Jurusan Ekonomi Manajemen Bergaji Tinggi

by Ayunindya Annistri on 12 November, 2019

Jurusan Ekonomi Manajemen adalah sebuah jurusan yang menggabungkan dua cabang ilmu berbeda, yakni Ilmu Ekonomi dan Manajemen. Mungkin kamu masih bertanya-tanya, sebenarnya apa sih yang dipelajari dalam jurusan ini dan bagaimana prospek pekerjaan Jurusan Ekonomi Manajemen? Nah, dari pada bingung, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Secara umum, jurusan Ekonomi Manajemen merupakan suatu cabang ilmu yang berfokus pada manajemen itu sendiri, yang mana kajian utamanya mencakup Ekonomi Makro, Manajemen Operasional dan Akuntansi Biaya. Mahasiswa lulusan jurusan Ekonomi Manajemen harus mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu tersebut, terutama saat menganalisa permasalahan ekonomi dalam perusahaan.

Di Indonesia, jurusan Ekonomi Manajemen biasanya tergabung dalam fakultas Manajemen. Fakultas tersebut banyak diminati lantaran menawarkan berbagai pilihan karir yang menjanjikan. Bonusnya lagi, lulusan Ekonomi Manajemen bakal menerima gaji tinggi setiap bulannya. Sehingga buat kamu yang sedang mempersiapkan kelulusan atau berencana masuk ke jurusan Ekonomi Manajemen, tak perlu khawatir lagi akan sulitnya mendapat pekerjaan.

Rekomendasi Pekerjaan Jurusan Ekonomi Manajemen

Saat ini peluang pekerjaan jurusan Ekonomi Manajemen terbuka lebar, hal ini seiring dengan banyaknya peminat untuk jurusan tersebut. Jangan takut akan gaji dan jenjang karirnya, karena mengemban studi Ekonomi Manajemen, bakal memudahkan kamu untuk memilih alternatif pekerjaan yang sesuai dengan passionmu. Kira-kira apa sajakah itu? Yuk, cek rekomendasi pekerjaan jurusan Ekonomi Manajemen dibawah ini.

1. Analis Bisnis

Analis Bisnis

Dunia bisnis yang kian pesat di Indonesia, menjadikan pekerjaan jurusan Ekonomi Manajemen ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan konsultan ternama. Seorang analis bisnis bertanggung jawab penuh dalam menganalisa kondisi bisnis dan juga memberikan solusi atas masalah bisnis yang dihadapi klien dalam proyek. Biasanya, gaji yang ditawarkan untuk seorang analis bisnis handal di perusahaan konsultan ternama, bisa mencapai Rp 15 juta lebih tergantung dari kemampuan dan pengalaman yang dimiliki.

2. Digital Marketer

Digital Marketer

Meningkatnya persaingan perusahaan besar di lini digital, membuat peluang pekerjaan di bidang digital marketer terus terbuka lebar. Tugas utama dari pekerjaan jurusan Ekonomi Manajemen ini adalah merencanakan pemasaran produk, menentukan target pasar, serta menganalisa risiko kegagalan produk.

Dilansir dari berbagai sumber, saat ini, seorang digital marketer bisa menerima gaji sebesar Rp 15 juta setiap bulannya. Bahkan, beberapa perusahaan besar di Indonesia rela memberikan gaji hingga Rp 20 juta, bila kamu sudah memiliki banyak pengalaman di bidang pekerjaan ini.

3.  Staf Keuangan

Staf Keuangan

Sekilas memang tugas dari seorang staf keuangan tampak sama dengan bagian akuntan. Tetapi sebenarnya, kedua divisi tersebut memiliki tugas berbeda, jika seorang akuntan bertanggung jawab dalam pencatatan transaksi, berbeda halnya dengan staf keuangan atau finance yang tugasnya mengatur cara untuk mendapatkan aliran dana dari berbagai pihak.

Apabila kamu termasuk orang yang handal dalam perhitungan uang, maka pekerjaan jurusan Ekonomi Manajemen ini cocok kamu perani, terlebih gaji yang ditawarkan cukup menjanjikan. Untuk ukuran fresh graduate, kamu bisa menerima gaji sebesar Rp 5 juta.

(Baca Juga: Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Perminyakan
4. Dosen

Dosen

Gaji pokoknya mungkin tidak seberapa, tapi perlu kamu tahu, kalau tunjangan yang diberikan pada dosen rata-rata cukup menggiurkan loh. Prospek pekerjaan yang satu ini bisa jadi langkah awal untukmu yang ingin memulai karir dalam bidang pekerjaan jurusan Ekonomi Manajemen. Terlebih bila kamu memiliki skill yang mumpuni dalam bidang pendidikan.

Syarat menjadi dosen cukup mudah, setidaknya kamu harus menyelesaikan studi terlebih dahulu hingga jenjang Magister. Di Indonesia sendiri juga sudah banyak tersedia PTN dengan akreditasi  A yang menyediakan S2  untuk program studi Manajemen.

 5. Manajemen Trainee

Manajemen Trainee

Sebagian dari kita pasti sudah sering mendengar istilah Manajemen Trainee. Ya, MT atau lebih disebut Officer Development Program (ODP) merupakan program kerja yang dibuat oleh perusahaan untuk merekrut karyawan baru, yang mana nantinya ditempatkan pada posisi manajerial.

Proses rekruitasi untuk program MT ini memang sangat sulit, mengingat posisi tersebut menjadi langkah awal untuk menjadi seorang manajer. Baik seorang fresh graduate atau sudah berpengalaman dalam bidang pekerjaan jurusan Ekonomi Manajemen pun bisa mencoba MT, selama memenuhi syarat yang diberikan.

6. Wirausaha

Wirausaha

Siapa bilang lulusan Ekonomi Manajemen hanya bisa bekerja di kantoran saja? Buktinya saat ini, banyak dari mereka yang menjajal bidang bisnis karena dirasa menjanjikan dengan jam kerja lebih fleksibel. Pendapatannya pun cukup menjanjikan, apalagi bila bisnis yang dijalankan semakin berkembang pesat.

Seorang wirausaha harus mampu berinovasi dalam mengembangkan bisnisnya agar bisa terus bersaing dengan bisnis serupa lainnya. Namun, berinovasi saja tidak cukup, kamu juga harus memiliki sistem manajemen yang baik. Oleh karena itu, pekerjaan ini membutuhkan seseorang pebisnis yang handal dalam bidang manajemen dan juga ekonomi.

7. Pegawai Bank

Pegawai bank

Pekerjaan jurusan Ekonomi Manajemen berikutnya yang bisa kamu pilih adalah menjadi seorang pegawai bank. Jika tidak menyukai posisi front officer di bank, kamu pun bisa mencoba posisis back officer, salah satunya konsultan perbankan.

Fokus utama dari divisi tersebut adalah menyediakan kebutuhan nasabah dan memberikan solusi terkait kehidupan finansial. Selain itu, seorang konsultan perbankan pun bisa merangkap pekerjaan sebagai agen pemasaran produk. Jadi, bagi kamu yang tengah berkuliah di jurusan Ekonomi Manajemen, cobalah fokus dalam bidang manajemen perbankan, bila nantinya ingin bekerja sebagai pegawai bank dengan gaji besar.

Itulah tadi beberapa pekerjaan jurusan Ekonomi Manajemen yang dapat kamu lakoni saat lulus nanti. Untuk memudahkan langkahmu dalam menggapai pekerjaan idaman, jangan ragu untuk memilih pinjaman dana pendidikan dari CekAja!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau