Ini dia Ide Ucapan Natal dan Cara Membuat Kartu Ucapan Natal Sendiri, Begini Caranya!

5 min. membaca Oleh CekAja on

Perayaan natal merupakan perayaan yang sangat dinantikan oleh umat Kristiani diseluruh dunia. Bagi umat Kristiani natal merupakan peringatan untuk kelahiran “Raja Damai” atau Yesus Kristus. Menurut Lukas, seorang malaikat memunculkan diri kepada para pengembala dan memberikan kabar tentang lahirnya Yesus Kristus.

Hal yang sama dijelaskan oleh Matius dimana ia menceritakan para majus atau orang-orang bijak menemukan dimana Yesus berada dengan mengikuti bintang terang yang dianggap sebagai petunjuk keberadaan Yesus.

Dalam sebuah sumber yang terpercaya di jelaskan juga bahwa perayaan natal pertama kali dilakukan pada tahun 336 setelah masehi yang mengacu pada kalender romawi kuno dan peringatan natal pertama kali jatuh pada tanggal 25 Desember, hingga saat ini setiap tanggal 25 Desember dijadikan moment untuk melakukan perayaan natal bagi umat kristiani.

Di Eropa sendiri, natal telah menjadi perayaaan yang amat penting tepatnya pada tahun 1100. Semakin lama perayaan natal menjadi semakin terkenal, hampir diseluruh penjuru negara di Eropa. Hal ini menyebabkan adanya sebuah gerakan keagamaan atau reformasi yang melahirkan agama protestan.

Pada tahun 1800 an, ada dua hal yang menjadi kebiasaan baru yang dilakukan saat natal. Hal pertama adalah menghias pohon natal. Pada umunya pohon natal biasa dihias dengan memberikan lampu-lampu kecil yang melingkari pohon tersebut, diberikan juga pernak-pernik yang menyerupai butiran salju dan miniatur kado yang lucu.

Kebiasaan lain yang juga dilakukan saat natal adalah memberikan kartu ucapan yang didalamnya berisi doa dan harapan untuk keluarga, kerabat atau orang terkasih lainnya. Coba asah kreatifitasmu dan buat kartu serta ucapan natal sendiri, simak tutorialnya di sini yuk!

1. Ide Ucapan Natal dengan photo card untuk pasangan

Kartu ucapan yang di sertai dengan foto ini tidaklah asing, ini merupakan kartu ucapan yang terbilang cukup mudah sehingga bisa kamu praktekan sendiri di rumah.

Memberikan ucapan kepada orang terkasih tentunya akan membuat perayaan natal anda semakin lengkap. Berikut bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat photo card:

  • Template photo card
  • Foto
  • Karton A4
  • Lem glitter
  • Lem biasa
  • Selotip
  • Gunting

Dengan bahan-bahan diatas kamu bisa membuat photo card untuk orang tersayang, cara nya sangat mudah, coba simak

Ukuran karton harus lebih besar dari foto yang yang akan di tempelkan nantinya. Lipat rata karton dan template photo card untuk jadi dasar dari photo card menjadi 2 lapisan, kemudian gunting karton seperti bentuk daun.

Buka lipatan tersebut dan karton akan membentuk hati. Gunakan lem biasa dan tempelkan foto pada satu sisi hati yang terbuat dari karton tadi, berikan sedikit hiasan pada daerah sekitar foto dengan menggunakan lem glitter yang telah di sediakan.

Bisa juga dengan menuliskan inisial atau nama orang yang kamu tuju. Sisakan sebelah bagian dari kartu yang berbentuk hati tadi, sebelahnya kamu isi dengan kata-kata, untuk ide ucapan natal itu sendiri kamu bisa contoh ucapan di bawah ini

“Natal tidak pernah jadi satu-satunya waktu yang aku nantikan, sebab natal tanpamu sama seperti kado yang tak berisi, cantik di luar kosong di dalam”

“Gimana rasanya melewati hari- hari dalam satu tahun belakangan? Jika terasa lelah untuk berjalan sendirian, genggam tanganku maka akan ku ajak kau berlari takan ku biarkan kau hadapi semua ini sendirian. Semoga malam natal memberimu banyak kekuatan, anggaplah itu hadiah dari tuhan”

“Fakta yang menyedihkan dari natal adalah ketika mereka berharap mendapat banyak cinta di malam natal padahal mereka lupa, cinta seharusnya mengalir setiap saat”

“Tidak ada yang ku harapkan dari malam natal, kecuali menghabiskannya hanya dengan kamu”

“Tuhan sangat romantis, Dia memberikanku kado terbaik sepanjang aku hidup di dunia. Terima kasih tuhan, hadiah darimu sedang tersenyum membaca tulisan ini. Selamat natal sayang “

“Jika pernah kamu menganggap bahwa kamu beruntung karena memiliki aku, kamu salah karena akulah yang paling beruntung karena telah memilikimu, mencintaimu seperti memeluk kehangatan di malam natal, sedetikpun terasa sangat bermakna”

“Kamu tau tidak ? Saat tuhan memberikan kamu kesehatan, kemudahan, kebahagiaan serta cinta yang berlimpah, di situlah aku merasa sangat terberkati, selamat natal “

“Tidak ada malam natal yang dingin, semua terasa hangat jika di lewati denganmu”

“Jangan meminta hadiah apapun di malam natal ini, hadiahmu sudah ku minta kepada tuhan, yaitu kedamaian”

“Jarak bagi kita bukan cerita, ini fakta. Sulit dan sungguh sakit ku hiasi pohon cemara, ku siapkan hidangan tapi yang datang hanyalah bayangan. Selamat natal untuk kamu yang saat ini jauh”

(Baca Juga: 7 Ide Merias Pohon Natal yang Anti Mainstream, Kreatif Banget!)

2. Ide ucapan natal dengan photo card untuk sahabat

Selain untuk pasangan, ide ucapan natal juga sangat penting bagi kamu yang memiliki kerabat, teman atau sahabat dan terutama untuk keluarga. Hampir sama dengan bahan-bahan yang di butuhkan sebelumnya, bahan-bahannya adalah:

  • Template photo card
  • Foto
  • Karton A4
  • Kertas HVS
  • Lem glitter
  • Lem biasa
  • Selotip
  • Gunting

Selain ide ucapan natal untuk pasangan, kamu bisa contoh cara ini untuk mengucapkan natal pada kerabat atau orang terdekat seperti keluarga dll. Mirip dengan ide ucapan natal untuk pasangan, photo card ini juga sangat mudah.

Jika kamu harus membentuk hati dalam membuat photo card untuk pasangan, kali ini kamu cukup melipatnya secara rata dengan bentuk yang bebas, menyesuaikan dengan selera kamu. Setelah menggunting karton dan template foto kamu juga harus menggunting hvs putih.

Hvs putih ini gunanya untuk menuliskan nama orang yang kamu tuju dalam memberikan photo card. Dalam relasi pertemanan hal ini sangat dianjurkan karena akan menghilangkan kesan misterius. Jadi mengirim ucapan natal, kamu perlu menjelaskan untuk siapa ucapan itu dituju dan dari siapa ide ucapan natal itu berasal.

“Selamat hari natal, semoga terberkati”

“semoga sehat dan bahagia selalu menyertaimu, selamat natal “

“Apa yang sudah terlewati semoga jadi pelajaran, masa depan semoga lebih cerah, selamat natal “

“semoga kebahagiaan serta kesuksesan menyertaimu, selamat natal”

“Di hari yang suci ini semoga segala doa dan harapanmu di tahun selanjutnya bisa terwujud, selamat natal “

Berikut contoh beberapa ucapan natal yang bisa kamu tiru ya, untuk sekalian mengasah kreatifitas kamu juga yuk coba buat kartu ucapan sendiri. Selamat mencoba.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang kami

CekAja

CekAja