Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini Enam Jenis Bisnis yang Kebanjiran Order Saat Valentine

by Tisyrin N. T on 8 Februari, 2019

Februari dikenal sebagai bulan kasih sayang. Sebutan ini melekat karena pada 14 Februari, terdapat perayaan Hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day. Momen ini bisa jadi ajang untuk mereguk cuan dari bisnis musiman.

Ya, tak hanya momen puasa, lebaran, Natal atau Imlek aja, momen Valentine juga bisa dimanfaatkan untuk meraih keuntungan lebih bagi para pebisnis. Karena, menjelang Valentine, tak sedikit orang yang mau mengeluarkan uang untuk berburu kado.

Menurut survei dari situs penjualan barang romantis AsmaraKu, pada 2018 lalu rata-rata responden menganggarkan sekitar Rp350.000-Rp500.000 untuk membeli hadiah Valentine.

Survei dilakukan terhadap 1.215 responden di Indonesia, dengan 78 persen responden adalah pria dan sisanya perempuan. Survei juga memperlihatkan kado favorit adalah produk fesyen, cokelat, sampai paket liburan.

(Baca juga: Traveling Romantis Murah ke Maldives? Ini Dia Caranya!)

Sedangkan berdasarkan survei dari ShopBack Indonesia, tahun lalu rata-rata responden menghabiskan Rp456.000 untuk hadiah Valentine. Dari survei dengan 1.100 responden di beberapa kota besar di Indonesia tersebut, barang yang paling disukai sebagai hadiah yaitu cokelat, boneka, cincin, kosmetik, bunga, dan jamuan makan malam.

Dari hasil kedua survei tersebut tergambar produk apa saja yang laris manis saat Valentine. Nah, bagi Anda yang memang sudah menjalankan bisnis atau berniat mencoba bisnis musiman, simak ulasan berikut ini agar dapat meraih keuntungan di tengah momen Hari Kasih Sayang.

  • Cokelat custom

Cokelat rupanya menjadi hadiah terfavorit selama Hari Valentine. Selain rasanya yang enak, cokelat juga dikenal sebagai lambang kasih sayang. Dan rupanya, tradisi memberikan cokelat saat Valentine sudah ada sejak lama.

Sekitar tahun 1861, Richard Cadbury melakukan inovasi dalam memasarkan cokelat. Inilah awal mulanya cokelat menjadi begitu populer sebagai hadiah di Hari Kasih Sayang. Cadbury mencoba menangkap peluang di momen Valentine. Dia memproduksi cokelat dalam kotak berbentuk hati yang berhias gambar Cupid. Ya, Cupid dikenal sebagai Dewa Cinta.

Nah, jika Anda memang tengah menggeluti bisnis cokelat, kenapa tidak mencoba melakukan inovasi seperti Cadbury? Tujuannya untuk menyesuaikan penampilan produk Anda dengan momen Valentine. Misalnya, dengan menerima pesanan cokelat custom. Anda bisa memproduksi cokelat dengan hiasan kata-kata romantis sesuai permintaan pembeli.

Jangan lupa, siapkan wadah khusus bertemakan Valentine. Jika pada hari biasa Anda memasarkan cokelat dengan packaging yang biasa, menjelang Valentine sebaiknya sediakan packaging yang spesial. Wadah berbentuk hati dengan warna dan hiasan serba pink tentu akan lebih menarik minat pembeli yang sedang mencari kado untuk pasangannya.

Apabila Anda baru akan memulai bisnis cokelat, tak perlu khawatir cokelat tak laku di luar momen Valentine. Mengapa? Karena pada momen lebaran dan Natal, cokelat juga biasanya jadi sajian pelengkap untuk menjamu tamu. Jadi, Anda bisa mengumpulkan untung lebih di berbagai momen istimewa, buka hanya saat Valentine saja.

  • Boneka Valentine

Selain cokelat, boneka juga menjadi kado favorit di Hari Kasih Sayang. Nah, jika Anda pebisnis boneka, saatnya memasarkan boneka bertema Valentine agar bisa meraih untung maksimal. Agar lebih menarik, Anda juga bisa memberikan bonus spesial berupa kartu ucapan Valentine yang cantik untuk pembeli.

Bagi yang baru memulai bisnis boneka, Anda bisa mendatangi langsung pusat pengrajin boneka untuk mendapatkan barang dagangan dengan harga murah. Salah satu daerah yang memiliki banyak pengrajin boneka yaitu di Cikampek, Jawa Barat.

Tak hanya saat Valentine saja, pada hari-hari biasa boneka juga banyak dicari karena merupakan mainan favorit anak-anak. Artinya, peluang bisnis boneka terbilang sangat menggiurkan bukan?

  • Paket liburan romantis

Tak hanya berupa benda, hadiah Valentine juga bisa berupa perjalanan wisata. Anda yang bergelut di bidang tour and travel, dapat menyiapkan paket perjalanan khusus untuk pasangan. Tentu banyak pasangan yang berminat untuk menghabiskan quality time di tempat-tempat yang romantis.

Setelah sibuk dengan pekerjaan setiap harinya, betapa menyenangkan bukan bercengkerama dengan pasangan di suatu tempat yang indah? Selain tempat wisata, lengkapi paket dengan pilihan hotel yang bisa menyediakan menu dan suasana makan malam romantis.

  • Parcel kosmetik

Jika Anda berjualan kosmetik, cobalah siapkan parcel kosmetik menjelang momen Valentine. Hias secantik mungkin agar cocok dijadikan hadiah untuk orang tersayang. Wanita mana yang akan menolak diberi hadiah berupa paket kosmetik?

Parcel kosmetik menjadi solusi bagi pria yang sedang mencari kado untuk pasangannya, tetapi buta akan kosmetik. Anda sebagai penjual tentu lebih ahli dalam memilih mana saja kosmetik wajib atau favorit dan mengemasnya dalam satu parcel. Dengan begitu, akan lebih banyak pria yang tertarik membeli produk yang Anda jual menjelang Hari Kasih Sayang.

(Baca juga: Ini Kelebihan 5 Merek Kosmetik Lokal yang Sedang Tren)

  • Buket bunga

Anda seorang florist? Tentu harus menangkap momen Valentine dengan sebaik-baiknya untuk meraih untung. Jangan hanya menjual bunga dengan cara biasa menjelang Hari Kasih Sayang. Sebaiknya, siapkan buket bunga yang cocok dijadikan kado Valentine.

Agar buket Anda lebih terasa istimewa, Anda harus menggali lebih dalam lagi pengetahuan tentang jenis-jenis bunga dan maknanya. Pilihlah bunga-bunga yang maknanya cocok untuk mengungkapkan kasih sayang.

Nah, jadikan bunga-bunga tersebut buket yang cantik. Dengan begitu, Anda bisa memberikan rekomendasi kepada mereka yang kebingungan memilih bunga sebagai hadiah Valentine.

Kalau Anda baru akan menjajal bisnis bunga, datangi pusat kulakan bunga seperti Pasar Bunga Rawa Belong di Jakarta Barat.

  • Kaus Couple

Anda yang memiliki keahlian dalam mendesain baju, mungkin dapat menjalankan jenis usaha ini untuk menumpuk rupiah saat Valentine tiba. Maklum, kebanyakan pasangan muda ingin menunjukkan betapa serasinya mereka, salah satu caranya adalah dengan menggunakan kaus couple atau “kembaran”.

Kebanyakan desain kaus yang diinginkan pun cukup sederhana. Kadang hanya berupa kalimat ataupun gambar lucu yang mereprentasikan masing-masing pasangan.

Bagaimana? Semoga sudah dapat pencerahan untuk meraup untung dengan memulai bisnis saat Valentine ya?

Namun, kalau Anda merasa belum siap melakoni profesi sebagai pedagang dan masih nyaman menjadi konsumen, maka tidak ada salahnya memilih hadiah yang sesuai dengan kondisi keuangan. Lebih bijak lagi jika kita membeli hadiah dengan memanfaatkan diskon besar yang disediakan oleh bank penerbit kartu kredit.

Bagi yang belum memiliki kartu kredit, ayo ajukan aplikasinya lewat CekAja.com dengan mengikuti tahapan yang sangat mudah. Happy Valentine!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami