Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Fakta Ecgo, Motor Listrik Kekinian Rp4 Jutaan!

by Miftahul Khoer on 29 Juli, 2019

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten pada 18-28 Juli 2019 telah sukses terselenggara.

Salah satu produk otomotif yang mencuri perhatian adalah hadirnya sepeda motor hemat ramah lingkungan Ecgo (Easy
Go) keluaran PT Green City Traffic.

Pabrikan secara resmi meluncurkan motor listrik Ecgo 2 di ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia tersebut. Selama pameran digelar, Ecgo 2 laris manis dipesan secara pre order mencapai 1.120 unit. Tanpa banyak basa-basi, yuk simak apa saja fakta-fakta si motor
hemat murah meriah nan ramah lingkungan ini.

Harga sangat terjangkau

Umumnya, sepeda motor yang mengaspal di jalanan Indonesia dibanderol di atas Rp10 juta per unit. Namun, motor listrik Ecgo 2 yang baru dirilis dalam ajang GIIAS 2019 tersebut dibanderol seharga Rp4,9 jutaan. Syaratnya konsumen mengambil tiga unit sekaligus. Jika membeli
satu unit, jatuhnya ada di harga Rp6,9 juta.

Selain motor Ecgo 2, tipe lainnya juga dibanderol Rp7,9 juta yakni Ecgo 3 dari harga normalnya Rp8,9 juta. Hanya saja syaratnya untuk tipe ini membeli langsung dua unit.

(Baca juga: Merokok Sambil Naik Motor Bisa Kena Denda Rp750 Ribu!)

Sewa baterai

Sistem penjualan motor tanpa BBM ini cukup unik. Konsumen bisa membeli kendaraan tetapi penggunaan baterai sebagai penggerak utamanya diberikan dalam sistem sewa.

Penjelasannya, jadi ketika pengguna motor ramah lingkungan Ecgo telah mencapai 1.000 km atau telah menempuh waktu satu bulan, pengguna cukup membayar saldo senilai Rp95.000 untuk motor jenis Ecgo 2. Sementara untuk Ecgo 3 baterai disewa pengguna seharga Rp120.000 per bulan atau per 1.000 km. Pembayarannya dilakukan melalui aplikasi Ecgo di mana aplikasi tersebut saling terhubung antara baterai dan ID pengguna.

Selain itu, aplikasi Ecgo juga akan memberikan berbagai notifikasi jika baterai dalam keadaan panas dan lemah yang akan memberikan peringatan kepada pengguna. Dalam aplikasi Ecgo juga pengguna bisa melihat riwayat jarak tempuh hingga status lokasi terakhir ketika
diparkir. Kalau misalnya motor dipindahkan tanpa sepengetahuan pengguna, maka aplikasi akan memberikan notifikasi.

Soal performa, Ecgo 2 punya kecepatan 60 km per jam. Dalam sekali cas, motor listrik ini bisa ditempuh hingga 80 km. Sementara untuk Ecgo 3 kecepatan maksimal bisa sampai 65 km hingga 70 km per jam dengan jarak tempuh 80 km per sekali cas.

Motor Ecgo siap hadapi banjir

Sejauh ini sebagian besar pangsa pasar motor ramah lingkungan ini terdapat di sekitaran Jabodetabek. Kelebihan motor tanpa BBM ini siap menghadapi jalanan yang biasa terjebak banjir seperti Jakarta. Tak tanggung-tanggung, motor dapat bertahan melaju dalam kondisi
banjir sedalam 30 cm.

Alarm anti maling di aplikasi motor Ecgo

Tingkat kriminalitas yang cukup tinggi terutama kasus pencurian kendaraan bermotor terus menghiasi pemberitaan selama ini. Bagi pengguna motor Ecgo, kamu gak usah khawatir karena pabrikan telah mendesain motor listrik ini difasilitasi alarm anti maling yang terhubung
dengan aplikasi Ecgo di smartphone.

Namun, bukan berarti kamu bisa sepenuhnya santai dengan adanya alarm anti maling tersebut. Kamu tetap saja harus waspada dan meningkatkan kehati-hatian terhadap kendaraan kamu agar tetap aman. Paling tidak kamu memasang kunci ganda.

Selain itu, keamanan dalam aplikasi Ecgo juga cukup mumpuni. Tidak sembarang orang bisa menggunakan aplikasi karena hanya konsumen yang bisa melakukan log in dalam fitur aplikasi Ecgo tersebut.

(Baca juga: 7 Sepeda Motor yang Paling Banyak Ditunggu di 2019)

Spesifikasi motor Ecgo

Secara fungsi, motor Ecgo sama seperti jenis motor skuter lainnya. Hanya saja motor ini tidak menggunakan bahan bakar karena beroperasi dengan baterai. Untuk transmisi, motor ini digerakan secara otomatis. Untuk lampu depan dan belakang menggunakan LED. Sementara rem depan menggunakan disc dan belakang berupa drum.

Peluang bisnis motor Ecgo

Kehadiran motor listrik ramah lingkungan ini sepertinya harus disambut baik oleh banyak pihak. Selain bisa menekan konsumsi bahan bakar, motor Ecgo juga boleh disebut mendukung kampanye pemerintah untuk menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

Bukan hanya mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan, kamu juga bisa membuka peluang bisnis untuk menjadi mitra Ecgo. Pasalnya, perusahaan secara besar-besaran membuka kerja sama kepada siapapun yang ingin menjadi dealer Ecgo. Syaratnya cukup mudah, kamu
hanya mengisi formulir yang tercantum di situs resminya
ecgobike.co.id.

Nah itulah sekilas fakta-fakta motor Ecgo yang sempat mencuri perhatian dalam ajang GIIAS 2019. Motor dengan harga terjangkau ini bisa dimiliki siapapun tanpa harus khawatir menghabiskan konsumsi bahan bakar.

Apakah kamu tertarik memiliki motor ramah lingkungan ini? Nah, buruan deh miliki motor ini segera. Kalau lagi butuh pendanaan buat beli motor listrik ini, kamu bisa segera akses CekAja.com untuk mendapat panduan finansial terpercaya.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami