Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Ini Fasilitas Pemerintah yang Bisa Kamu Gunakan Agar Bisnis Lebih Untung

by Tisyrin N. T on 4 Januari, 2017

Membangun bisnis yang matang tentu memerlukan perjuangan panjang. Modal dalam jumlah yang memadai serta lokasi yang tepat akan mendukung perkembangan sebuah bisnis sehingga mampu menghasilkan untung yang lumayan.

Saat bisnis sudah berjalan meski dengan modal pas-pasan, masih ada kesempatan menambah modal di tengah jalan. Begitu pun dengan lokasi bisnis, tak jarang pengusaha yang berpindah-pindah tempat untuk mencari yang paling menguntungkan. Berikut ini fasilitas dari pemerintah yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah modal usaha atau mencari lokasi bisnis yang tepat.

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan

Selain KUR, terdapat Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Program ini menggunakan dana dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk menyalurkan ke masyarakat termasuk UMKM.

PKBL adalah bentuk tanggung jawab perusahaan BUMN kepada masyarakat. Dasar pelaksanaannya tertuang dalam Undang-undang No. 19 tahun 2003 tentang BUMN dan Peraturan Menteri BUMN No. Per-05/MBU/2007.

Bank Mandiri misalnya, memiliki Program Kemitraan Mandiri, yang berupa pinjaman untuk kebutuhan modal kerja atau investasi yang diberikan kepada calon Mitra Binaan Mandiri yang layak tetapi belum bankable. Limit pinjaman maksimal Rp 30 juta untuk individu dan Rp 100 juta untuk koperasi. Jangka waktu pengembalian maksimal 3 tahun.

Untuk memperoleh pinjaman ini, salah satu syaratnya adalah telah menjalankan usaha minimal 1 tahun untuk perorangan dan 2 tahun untuk badan usaha atau koperasi. Lalu diutamakan untuk usaha kecil atau koperasi yang belum memiliki akses perbankan dan aset maksimal Rp 200 juta atau omzet per tahun maksimal Rp 1 miliar. UMKM nantinya bisa mendapatkan pembinaan dalam bentuk pelatihan, pendampingan hingga promosi.

(Baca juga: Tips Manajemen Keuangan UKM Agar Terus Berkembang)

KUR

Pemerintah memiliki program Kredit Usaha Rakyat atau KUR, yaitu kredit untuk segmen mikro, kecil, menengah, dan koperasi yang layak tetapi belum bankable. Kredit yang disalurkan melalui berbagai bank tersebut memiliki limit hingga Rp 500 juta.

Kamu dapat memanfaatkan KUR untuk menambah modal usaha. Ingat, dengan modal yang memadai, kamu akan lebih mudah mengembangkan bisnismu dan berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.

Program Pasar Rakyat

Bagi kamu yang masih mencari lokasi usaha atau ingin berpindah tempat, coba cermati program pemerintah yang satu ini. Program Pasar Rakyat sangat membantu masyarakat karena menyediakan pasar yang tidak memberatkan para pedagang.

(Baca juga: Cara Bisnis Undangan Pernikahan dengan Modal Minim)

Sejauh ini biaya sewa di pasar biasa tergolong mahal. Untuk menempati kios di pasar tradisional, pedagang tetap harus mengeluarkan uang tetapi jumlahnya tak sebesar biaya sewa di pasar biasa. Salah satu contoh Pasar Rakyat adalah Pasar Manggis di Jakarta Selatan.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.