Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Gaji CEO di Dunia, Ada yang Tembus Rp1,8 Triliun!

by Miftahul Khoer on 21 Mei, 2019

Kalau ingin kaya, jangan mau jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), jadilah pengusaha. Begitu ungkapan yang sering terdengar di seminar-seminar motivasi.

Sifat dan Karakter Orang Kaya - CekAja

Dan memang benar adanya, salah satu jalan menuju kaya adalah menjadi pengusaha. Apapun jenis usahanya. Setuju?

Nah, belum lama ini Wall Street Journal mengeluarkan laporan tentang beberapa CEO perusahaan yang memiliki gaji tinggi setiap tahunnya. Gak disangka, gaji-gaji mereka sangat tinggi hingga menyentuh angka triliunan. Siapa aja mereka? Yuk simak saja.

David M Zaslav, Discovery Inc

Pria kelahiran Brooklyn, New York, Januari 1960 ini dipercaya menjadi CEO Discovery Inc, sebuah perusahaan media massa hiburan asal Amerika sejak 2007.

Dalam dunia hiburan pertelevisian, Zaslav sudah banyak dikenal memiliki potensi dan daya kreativitas luar biasa. Tak heran kalau Discovery rela menggelontorkan kocek buat ngegajinya sekitar Rp1,8 triliun setahun.

Seperti dilaporkan CNBC Indonesia, gaji yang diperolehnya itu didapat dari jatah stok opsi karena perusahaan mendapat perpanjangan kontrak kerja sama hingga 2023.

Dikutip dari Bloomberg, pengalaman Zaslav dalam bekerja di industri ini memang sudah sangat mumpuni. Sebelumnya dia pernah bekerja di NBC Universal Media sebagai wakil direktur hingga direktur.

Selain itu, beberapa perusahaan yang pernah ia dedikasikan adalah Lions Gate Entertainment Corp hingga Sirius XM Radio Inc. Di dunia pertelevisian, Zaslav memang termasuk salah satu yang paling mengerti tentang bisnis industri ini.

DIa pernah berkata, “Jika seseorang bisa memposisikan perusahaan media sebagai platform terbaik di seluruh dunia dengan konten terbaiknya, maka media itu akan berkembang secara cepat.”

Stephen F Angel, Linde plc

Pria yang akrab disapa Steve ini lahir pada 1956 di North Carolina. Ia merupakan CEO Linde plc, sebuah perusahaan gas dan teknik terkemuka asal Jerman.

Menurut laporan CNBC Indonesia, Steve memperoleh gaji sekitar Rp958 miliar setahun. Perolehan gaji itu berasal dari hasil pengelolaan perusahaannya yang berbasis di Munich.

Pengalaman panjang Angel dalam mengelola perusahaan gas tak diragukan lagi. Selain Linde, ia juga diberi kepercayaan untuk mengelola perusahaan sebagai CEO afiliasi lain yang serupa seperti Praxair Inc yang telah dijabatnya sejak 2006.

Selain itu, ia juga pernah bekerja di perusahaan lain macam GE’s Transportation Systems, PPG Industries Inc dan banyak lagi.

(Baca juga: Lebih Tajir dari Klan Halilintar, Ini Ranking Kekayaan Keluarga Kardashian-Jenner)
Robert Iger, Walt Disney Company

Bagi Robert Iger atau biasa disapa Bob Iger, tahun ini merupakan tahun ke-13 Iger memimpin sebuah perusahaan media terbesar Walt Disney yang laba bersihnya mencapai US$9,4 miliar pada 2017.

Itulah mengapa mungkin perusahaan tetap mempercayakan Bob Iger memegang tampuk kendali perusahaan. Menurut laporan CNBC Indonesia, Iger memperoleh gaji sekitar Rp958 miliar.

Di bawah kendali Iger, Walt Disney telah mencaplok beberapa perusahaan papan atas macam Pixar, Marvel, Lucasfilm hingga 21st Century Fox senilai US$52 miliar atau sekitar Rp753 triliun.

Kontrak Iger dengan Disney memang akan berakhir hingga tahun ini. Namun, pada 2020 mendatang ia digadang-gadang akan tetap menjadi calon CEO perusahaan kembali. Kita tunggu saja.

Mary Barra, GM

Gaji CEO General Motors, salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia ini mencapai sekitar Rp318,6 miliar. Namanya Marry Barra, perempuan kelahiran Michigan, Desember 1961 ini termasuk salah satu CEO yang diperhitungkan di dunia.

Untuk perusahaannya, Marry telah menginvestasikan miliaran dolar untuk memproduksi mobil yang bisa menyetir sendiri. Namun, di luar dari kabar gembira tadi, kebijakannya juga ada yang kontroversial terutama ketika perusahaan pada November lalu mengumumkan PHK terhadap 14.000 karyawan di Amerika Utara sejalan dengan penghentian produksi di beberapa pabrik.

Seperti diketahui, General Motors sempat terpuruk dan hampir benar-benar bangkrut tapi berhasil bangkit setelah pemerintah memberikan bantuan.

(Baca juga: 7 Sesat Pikir yang Bikin Milenial Susah Kaya)
Marillyn A. Hewson, Lockheen Martin

Satu lagi CEO perempuan yang menjadi pimpinan perusahaan Lockheen Martin, sebuah perusahaan penerbangan yang berbasis di Bethesda, Maryland, Amerika Serikat. Hewson disebut-sebut menerima gaji mencapai US$21,5 juta atau sekitar Rp304 miliar.

Hewson merupakan salah satu CEO perusahaan penerbangan yang sedang mengembangkan pesawat supersonik dan pesawat jet tempur F-35. Pada 2017, di bawah Hewson, Lockheen Martin berhasil meraih penjualan hingga US$51 miliar yang sebagian besar berasal dari pemerintah Amerika Serikat.

Ya, menjadi CEO perusahaan memang tidak kenal jenis kelamin. Mau pria atau perempuan sama saja, yang penting mempunyai keinginan dan daya kreativitas tinggi untuk memajukan sebuah perusahaan.

Seperti salah satu kutipan yang sangat menginspirasi datang dari Marillyn A. Hewson ini patut dijadikan bahan renungan buat kita semua yang ingin menjadi pimpinan perusahaan: I do work hard, but I have a passion for work. That’s just who I am.

Kalau kamu ingin menjadi layaknya orang-orang hebat diatas, mulailah untuk berwirausaha. Ajukan KTA di CekAja.com untuk mendapatkan modal kerja, jadi kas kamu tidak terganggu.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami