Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Hal yang Bisa Buat Skor Kredit Anda Bagus untuk Pinjam Dana

by Gito on 13 Agustus, 2018

Kepercayaan didalam hubungan bisnis merupakan salah satu modal utama demi mencapai kesuksesan. JIka salah satu pihak sudah melakukan pengkhiatanan, dapat dipastikan kerjasama yang sudah terjalin bakal gugur. Begitu pula dengan Bank, hubungan Anda dengan bank bisa terjalin baik karena adanya kepercayaan diantara kedua pihak, namun jangan tanya apa yang akan terjadi jika salah satu pihak sudah merasa dirugikan, kesulitan lah yang akan banyak ditemui kedepannya. So keep your pride high!

kredit tanpa agunan - CekAja

Membincang bank, bisnis salah satu Lembaga keuangan itu tidak dapat dipisahkan dengan kredit. Ya hidup dan matinya sebuah bank memang berada di kredit. Begitu terdapat banyak dana pihak ketiga (DPK) yang hanya mengendap saja, biaya dana yang harus dikeluarkan bank bakal membengkak, hal itu tentunya akan mengganggu kelangsungan bisnis bank itu sendiri.

Namun lain ceritanya jika bank juga agresif menyalurkan kredit, biaya dana yang awalnya memberatkan justru terasa manis lantaran sudah tertutup oleh bunga kredit yang dibayarkan oleh debiturnya.

Meski begitu, bank tetap harus menjaga prinsip prudentialitas dalam menjalankan roda bisnisnya. Karena begitu longgar sedikit saja, kredit macetlah yang bakal diterima bank.

(Baca Juga  : Stabilitas Keuangan Stabil, Manfaatkan dengan Ajukan Kredit!)

Oleh karena itu, setiap pemberian kredit kepada nasabah, baik itu kredit baru ataupun sifatnya tambahan kepada nasabah eksisting, pihak bank sebagai kreditur tetap akan mengecek underlying dari pengajuan kredit tersebut. Feasible atau tidak untuk diberikan pinjaman. Untuk mengecek apakah nasabah tersebut memiliki kemampuan yang cukup dalam mengelola dana pinjaman kelak, bank biasanya akan melihat dari skor kredit nasabah yang bersangkutan.

Semakin tinggi skor kredit yang didapatkan, maka semakin baik pula kinerja pembayaran Anda dimata bank. Namun sebaliknya jika skor kredit Anda rendah, itu menandakan kemampuan Anda untuk mendapatkan fasilitas pinjaman diragukan oleh bank, nah berikut tiga cara untuk menjaga skor kredit Anda tetap tinggi. Cek yuk!

• Bayar Cicilan Tepat Waktu

Menjalin kerjasama dengan Bank memang bukanlah hal yang mudah, tetapi juga bukan hal yang sulit. Jika Anda sudah memiliki reputasi yang baik dimata bank, tentu proses pinjam meminjam bukanlah hal yang sulit bagi Anda.

Apalagi reputasi itu bisa dibuktikan dengan skor kredit. JIka Anda teratur membayar cicilan baik itu kartu kredit ataupun jenis pinjaman lainnya secara tepat waktu, artinya Anda juga telah membangun histori kredit Anda dengan baik.

• Tahan Nafsu Anda untuk Mengajukan Kredit di Bank Lain

Cobalah untuk tidak mengajukan kredit di bank yang berbeda, setidaknya mengurangi kuantitasnya. Karena jumlah pinjaman yang dapat diterima hanya 1 atau 2 fasilitas pinjaman

(Baa Juga : Lakukan Ini Supaya Pengajuan Kredit ke Bank Selalu Disetujui)

Jika lebih dari itu, dikhawatirkan akan membuat skor kredit Anda turun. Pun Jika Anda memiliki uang ekstra, lebih baik untuk menyimpan dan membeli apa yang Anda butuhkan. Karena yang harus dipahami adalah setiap kredit adalah utang, dan berada dalam posisi peminjam bukanlah posisi terbaik dalam kehidupan.

• Jangan Tutup Semua Utang

JIka Anda telah mampu scara finansial membayar seluruh utang Anda di Bank, biarkan satu fasilitas terbuka dan jagalah agar tetap lancar pembayaran cicilannya.

Hal itu dimaksudkan agar Anda tetap memiliki historical kredit yang aktif. Dengan begitu, jika Anda membutuhkan tambahan pinjaman, Bank juga bakal lebih mudah menyetujuinya.

Berbicara skor kredit memang bukanlah hal yang mudah dipahami. Skor kredit jika dianalogikan merupakan kehidupan keuangan Anda. Jika Anda dapat dipercaya dan memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan Anda tinggal, berarti Anda telah membangun karakter Anda bertanggug jawab dan juga dapat dipercaya.

Begitu pula dengan skor kredit, semakin bertanggung jawab dan dapat dipercaya, Anda, semakin mudah pula Anda mendapatkan pinjaman. Jika Anda membutuhkan ragam produk keuangan lainnya seperti kredit tanpa agunan (KTA), asuransi dan juga reksadana, ajukan aplikainya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami