Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Ide Isi Liburan Sehari “Anti-Mainstream” di Jakarta

by Tisyrin N. T on 1 Mei, 2018

tips traveling hemat _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Apa yang Anda lakukan jika mendapat jatah libur sehari saja? Misalnya saja saat Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei. Hari Buruh sudah ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional sehingga para pekerja kantoran bisa beristirahat sejenak dari aktivitas.

Anda bisa saja melewati hari libur tanpa melakukan aktivitas apa pun, tetapi tentu akan terasa sangat membosankan. Jika Anda tinggal di Jakarta, sebenarnya banyak hal tak biasa yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu libur.

Anda mungkin membayangkan kegiatan untuk mengisi libur di Jakarta hanya seputaran jalan-jalan di mal atau nonton bioskop. Padahal, Jakarta sejatinya punya banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi selain mal, misalnya museum dan galeri seni. Sayangnya, museum biasanya tutup saat Hari Libur Nasional.

Jika Anda masih bingung, ini dia beberapa ide lain untuk liburan sehari bagi Anda yang tinggal di Jakarta atau bagi Anda yang sedang mengunjungi Jakarta.

Jelajah Pecinan Glodok

Sudah pernahkah Anda menjelajah kawasan Glodok di Jakarta Barat? Jika belum, liburan sehari bisa Anda manfaatkan untuk menyusuri Glodok dan menemukan hal-hal unik di area tersebut. Glodok terkenal sejak dahulu sebagai kawasan Pecinan.

Salah satu yang bisa Anda kunjungi di kawasan Pecinan Glodok adalah Klenteng Dharma Bhakti alias Klenteng Dewi Kwan Iem. Klenteng ini telah berusia ratusan tahun. Selain itu, Anda juga bisa mendatangi gereja dengan sentuhan arsitektur khas Tionghoa bernama Gereja Santa Maria de Fatima.

Ada pula Rumah Canda Naya yang sudah menjadi cagar budaya. Rumah tersebut dahulu merupakan rumah seorang Mayor Tionghoa. Anda juga bisa menjelajahi Pasar Petak Sembilan, di mana terdapat penjual daging babi hingga pedagang obat tradisional China.

Jangan ketinggalan, cicipi pula kuliner di kawasan Pecinan Glodok. Anda bisa mengunjungi Gang Kalimati atau Gang Gloria. Salah satu kuliner yang legendaris di kawasan Glodok adalah Kopi Es Tak Kie.

(Baca juga: Mau Nonton Avengers: Infinity War? Cek Cara Nonton Hemat)

Hunting foto di Sunda Kelapa

Jika Anda pecinta fotografi, cobalah untuk masuk ke area Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan Sunda Kelapa menawarkan suasana yang sangat berbeda. Maka dari itu, tak sedikit pasangan yang memilih tempat ini sebagai lokasi foto prewedding.

Di Pelabuhan Sunda Kelapa, Anda bisa menjumpai sebuah pelabuhan tua yang sudah ada sejak zaman penjajahan. Anda bisa melihat deretan kapal tradisional berukuran besar dan berbagai aktivitas menarik.

Mengingat cuaca yang panas, Anda sebaiknya datang pada sore hari. Anda bisa berburu foto sembari menunggu matahari terbenam yang akan terlihat sangat cantik.

One day trip ke Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu punya pesona yang tak kalah dengan pulau-pulau lain yang cantik di Indonesia. Sayangnya, waktu sehari tak akan cukup untuk menjelajahi keindahannya. Nah, alternatifnya adalah dengan memilih pulau-pulau tertentu yang bisa Anda kunjungi dalam waktu singkat.

Tak sedikit operator perjalanan yang menawarkan one day trip ke tiga pulau sekaligus yaitu Pulau Onrust, Pulau Cipir, dan Pulau Kelor. Daya tarik ketiga pulau tersebut adalah peninggalan sejarah dari era kolonial.

Di Pulau Kelor terdapat Benteng Martelo yang merupakan pertahanan di era penjajahan. Sementara di Pulau Onrust, Anda bisa menjumpai reruntuhan asrama haji dan makam Belanda. Dan di Pulau Cipir terdapat bangunan bekas rumah sakit.

Namun ingat, jika ingin mengikuti one day trip ke Kepulauan Seribu, Anda sudah harus mendaftar ke operator perjalanan sejak jauh-jauh hari.

Jogging di Kebun Binatang Ragunan

Jika biasanya Anda jogging di area Car Free Day (CFD) atau taman-taman di Jakarta, kali ini cobalah untuk jogging di kawasan Kebun Binatang Ragunan demi mendapatkan pengalaman yang unik.

Pepohonan yang rimbun di kawasan Kebun Binatang Ragunan yang luas sangat mendukung untuk kegiatan berlari. Belum lagi, terdapat hiburan satwa-satwa lucu yan akan Anda jumpai sepanjang perjalanan.

Kapan terakhir Anda mengunjungi kebun binatang? Nah, jika Anda merasa sudah terlalu lama tak mengunjungi kebun binatang, ini saat yang tepat untuk mengintip kembali kenangan di masa kanak-kanak.

Membaca buku di taman

Di mana Anda biasanya membaca buku? Saat hari libur, Anda pasti sudah sering menghabiskan waktu dengan membaca buku di rumah. Kali ini, carilah suasana berbeda dengan membaca buku di taman.

Jakarta punya banyak sekali taman-taman cantik yang cukup tertata dan terawat. Anda bisa mengunjungi salah satu taman, mencari area ternyaman dan tenang untuk membaca buku. Asyik bukan? Jika Anda sudah mulai bosan, Anda bisa berjalan santai keliling taman menikmati suasana yang ada.

(Baca juga: Libur Hari Buruh, Cek 10 Promo Makan Minum Hemat!)

Lengkapi liburan Anda dengan asuransi perjalanan. Ajukan asuransi perjalanan secara online melalui e-commerce nomor satu di Indonesia CekAja.com. Yuk cek!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami