Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Ini Investasi Pilihan Ibu Rumah Tangga, Cek Yuk!

by Teti Purwanti on 15 Mei, 2019

Siapa yang bilang kalau ibu rumah tangga (IRT) hanya mampu menghambur-hamburkan uang tanpa bisa menghasilkan. Kamu mungkin harus mengurangi berburuk sangka dahulu.

memulai investasi - CekAja.com

Pasalnya, IRT memiliki banyak kesibukan termasuk mengatur keuangan rumah tangga dan tentu saja perihal menghasilkan uang lewat investasi merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan.

Sebagai IRT apakah kamu juga tengah mempertimbangkan untuk berinvestasi? Segmen investasi apa yang paling tepat untuk kamu? Simak beberapa rekomendasi investasi yang bisa kamu coba dan akses dari rumah berikut ini!

1. Emas

Emas di sini bisa berupa batangan maupun perhiasan emas. Kalau kamu tipe yang suka bergaya dan kelihatan mewah karena menggunakan perhiasan emas, tentu perhiasan emas tentu lebih cocok untu kamu.

Namun, kalau kamu lebih suka untuk investasi yang lebih panjang dan tanpa mementingkan penampilan tentu saja emas batangan akan lebih baik untuk kamu.

Emas batangan atau logam mulia menawarkan tingkat likuiditas yang tinggi disertai dengan sertifikat asli. Ditambah lagi, untuk melakukannya tidak memerlukan keterampilan khusus, kamu hanya harus tahu kapan harga naik dan turun untuk menjual atau membeli emas.

Keuntungan yang diperoleh dari investasi emas adalah likuiditas yang tinggi, mudah diperoleh, diakui oleh negara dan dunia internasional, serta bisa tahan terhadap inflasi. Zaman sekarang mendapatkannya juga sangat mudah, apalagi perhiasan emas kamu bisa mendapatkannya di pasar tradisional hingga mal ternama.

(Baca juga: 5 Investasi Ini Gak Kalah Untungnya dari Pasar Modal)
2. Properti

Seperti emas, properti menjadi pilihan investasi yang sudah lama digemari banyak orang. Meski proses administrasinya cukup rumit, nyatanya tidak banyak orang yang kapok untuk berinvestasi di sektor properti.

Berinvestasi di sektor properti juga memberikan kebanggaan tersendiri bagi si pemilik. Karena biasanya saat dijual kembali properti bisa memberikan keuntungan hingga dua kali lipat meski waktu yang dibutuhkan cenderung lama.

Tanpa memerlukan pemahaman mendalam seperti pada investasi saham, siapa pun bisa berinvestasi properti, termasuk IRT. Keuntungan yang diperoleh dari investasi yang satu ini adalah nilai jual properti yang terus menanjak seiring berjalannya waktu.

Selain untuk dijual kembali, properti juga bisa dijadikan instrumen untuk mendapatkan recurring income atau pendapatan berulang melalui sewa. Dengan menyewakan properti juga akan mengurangi risiko rumah cepat rusak dibandingkan kalau tidak digunakan sama sekali.

3. Reksa Dana

Selain dua investasi yang tampak nyata seperti emas dan properti, reksa dana juga bisa menjadi pilihan investasi yang bisa dilakukan oleh IRT. Selain bisa dilakukan dengan mudah, investasi yang satu ini juga tergolong aman karena telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Reksa dana sendiri merupakan kumpulan dana investor yang nantinya dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam bentuk portofolio yang terdiri atas gabungan saham, deposito, obligasi, dan instrumen investasi lainnya.

Dengan adanya MI, ibu rumah tangga tidak akan kerepotan dalam memantau perkembangan pasar dan mencari tahu saham dari perusahaan mana yang harus dibeli.

Apalagi zaman sekarang, investasi reksa dana dapat dibeli melalui bank, perusahaan sekuritas, agen penjual reksa dana, dan reksa dana online.

(Baca juga: Mengenal Investasi Reksa Dana dan Saham)
4. Saham

Mendengar kata saham bagi ibu rumah tangga bisa terkesan sulit, namun ternyata instrumen yang satu ini tetap bisa dipilih oleh ibu rumah tangga asalkan tetap mempertimbangkan potensi keuntungan beserta profil risiko yang harus ditanggung.

Namun, untuk memulai investasi saham, diperlukan pemahaman dan kemampuan yang cukup baik dalam mengenal pergerakan saham di pasar modal.

Pasalnya, investasi di saham membutuhkan strategi yang cukup baik dalam mengelolanya. Kamu harus mendapatkan informasi yang cukup terkait perusahaan mana yang tepat untuk ditanami aset, kapan waktu yang tepat untuk membeli, dan menjual aset.

Berbeda dengan investasi reksa dana dan emas, kalau investasi di saham perlu memantau perkembangan saham terkini. Tapi, dengan adanya perangkat teknologi seperti smartphone, ibu rumah tangga juga bisa lebih mudah memantau investasi saham.

Apapun investasi yang kamu pilih usahakah berdiskusi dahulu dengan pasangan. Selain itu pastikan berinvestasi di tempat yang aman dan terdaftar di OJK.

Keuntungan yang diperoleh dari investasi yang satu ini tentu saja adalah potensi keuntungan yang tinggi dengan jumlah penghasilan yang bersumber dari dividen dan capital gain.

Kamu juga bisa mendapatkan produk investasi di CekAja.com. Toko finansial yang memberikan layanan produk keuangan. Kamu tidak perlu antri dan juga datang ke bank atau perusahaan sekuritas, cukup akses CekAja.com dan kamu sudah bsa membeli produk investasi. 

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.