Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini Jurus Aman dan Hemat, Belanja Dari Rumah Saat PSBB Dihentikan

by Gito on 26 Mei, 2020

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih berlangsung hingga hari ini di sejumlah wilayah. Meski begitu, ada beberapa daerah yang tidak akan memperpanjang langkah tersebut. Di antaranya adalah wilayah DKI Jakarta. Ya, Ibukota kita tercinta ini akan segera memulai tatanan kehidupan baru alias new normal pada bulan Juni mendatang.

PSBB jakarta

Jika tidak ada aral melintang, Jakarta akan memulai fase tersebut pada tanggal 5 Juni, sehari setelah berakhirnya masa PSBB di 4 Juni 2020.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan PSBB bakal tidak diperpanjang jika sudah ada penurunan jumlah pasien Covid-19 di wilayahnya.

Jakarta sendiri terus memperpanjang status PSBB untuk bisa menekan laju penyebaran virus corona.

Berdasarkan data Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, jumlah korban positif sudah 5 hari jumlah korban positif corona mengalami penurunan.

Pada tanggal 23 Mei jumlah korban positif berada di angka 127 orang, selang sehari jumlah pasien positif mencapai 118 orang dan kemarin (25/5), jumlah pasien positif di Jakarta mencapai 67 orang.

Jika tren tersebut terus menunjukkan penurunan, bukan tidak mungkin pada tanggal 4 Juni mendatang Pemprov DKI bakal melonggarkan aturan PSBB.

Selain itu, kedisiplinan warga Ibukota juga mulai menunjukkan perbaikan. Mengutip laman katadata, 60% warga Jakarta tidak bepergian selama PSBB.

Pengguna kendaraan pribadi juga susut 45% dan jumlah penumpang transportasi massal seperti MRT, hanya 5% dari kapasitas, sedangkan untuk bus 10% hingga 12% dari total kapasitas.

Jadi buat kamu yang ingin memenuhi hasrat belanja di mal, kamu bisa memulainya pada tanggal 5 Juni nanti saat PSBB dilonggarkan.

Namun tetap, agar angkanya terus menurun, lebih baik kamu belanjanya tetap dari rumah ya. Itu juga sebagai langkah untuk menjaga Indonesia.

(Baca juga: Selama PSBB, Transaksi Non Tunai Merchant Ini Melesat)

1. Gunakan satu dompet

Gunakan satu dompet - Ini Jurus Aman dan Hemat Belanja Dari rumah Saat PSBB Dihentikan

Meskipun saat ini ada banyak sekali platform aplikasi dompet digital, ada baiknya jika kamu menggunakan satu saja aplikasi tersebut.

Pasalnya dengan menggunakan banyak aplikasi, maka dana kamu juga akan tersebar di beberapa dompet.

Selain itu, kamu juga akan terhindar dari kebiasaan konsumtif. Karena nantinya kamu berpotensi membeli produk yang tidak kamu butuhkan.

Karena psikologi pasar, membuat kamu membeli barang yang dilabeli diskon harga atau produk. Sedangkan, diskon yang disajikan setiap merchant menggunakan dompet digital yang berbeda-beda.

Jadi tetapkan pilihanmu pada satu aplikasi saja. Selain itu, dengan berbelanja dari rumah, kamu juga meminimalisir risiko terpapar virus Covid-19.

2. Jangan gunakan dana simpanan untuk belanja

Jangan gunakan dana simpanan untuk belanja - Ini Jurus Aman dan Hemat Belanja Dari rumah Saat PSBB Dihentikan

Biasanya, setelah lama tidak mendapatkan barang yang diinginkan, hasratnya akan terus menggebu hingga mendapatkannya. Padahal bisa jadi, harga barang tersebut sudah melonjak harganya beberapa kali.

Nah jika sudah begitu, jangan paksakan untuk berbelanja dengan menggunakan dana simpanan. Ingat, dana simpanan digunakan bukan untuk hal yang sifatnya konsumtif.

Kamu juga harus tetap berpaku pada bujet alokasi belanja bulanan yang sudah ditetapkan, dengan begitu maka dana belanja kamu tidak akan membengkak dan tabungan tidak akan terusik.

Apalagi saat pandemi seperti sekarang, lebih baik lagi jika kamu bisa mengalokasikannya untuk hal yang sifatnya produktif.

(Baca juga: Menilik 9 Daftar Kartu Kredit Terbaik Belanja di Supermarket)

3. Jangan Pakai Uang Pribadi

Jangan pakai uang pribadi - Ini Jurus Aman dan Hemat Belanja Dari rumah Saat PSBB Dihentikan

Kondisi seperti sekarang biasanya membuat kebutuhan akan dana cepat meningkat.

Jadi jika memang kamu benar-benar membutuhkan suatu barang, kamu bisa menimbang untuk menggunakan dana cepat dan murah dari pihak ketiga.

Hal itu perlu dilakukan agar arus kas kamu tidak terganggu. Selain itu, karena sifatnya adalah dana eksternal, maka kamu juga akan menjadi lebih selektif dalam membelanjakannya.

Salah satu dana cepat yang bisa kamu gunakan adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank Permata. Tidak usah takut akan tingginya suku bunga, karena kamu bisa mendapatkan biaya dana yang kompetitif.

Selain itu, proses pencairannya pun tergolong cepat. Hanya 1 hari setelah pengajuan diterima oleh pihak bank.

Agar kamu juga aman, ajukan saja di CekAja.com. Kamu hanya tinggal diam di rumah dan menunggu aplikasi kamu dijemput. Mudah bukan.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit