Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kemudahan Syarat Pinjam Uang di BRI Bagi Pelaku UMKM

by lhmdi on 1 Desember, 2016

pinjaman usaha bank ukm - CekAja.com

Agar target bisnis yang dilakukan tercapai dengan baik, tidak jarang para pelaku usaha kecil dan menengah membutuhkan tambahan modal bagi bisnisnya.

Tambahan modal ini juga membutuhkan ciri khas, salah satunya adalah syarat pinjam uang di bank. Namun, beberapa syarat-syarat ini tidak biasa semuanya bisa dipenuhi oleh para pelaku bisnis UMKM. Sugesti pertama yang muncul adalah kerumitan dan risiko yang akan terjadi.

Rumit juga bisa dikatakan mengingat proses seleksi pemberian pinjaman dari bank cenderung detil serta risiko aset yang dijaminkan akan sangat merugikan jika kreditur tidak mampu membayar cicilan, utang serta bunganya.

Akan tetapi tidak semua bank memiliki prosedur yang ketat dalam memberikan pinjaman kepada para pengusaha kecil dan menengah. Salah satunya adalah BRI atau dikenal juga dengan Bank Rakyat Indonesia. Melalui program produk kredit usaha BRI, diharapkan pinjaman ini bisa menjadi solusi bagi pengusaha kecil untuk menjalankan kegiatan bisnisnya.

Syarat pinjam uang di BRI pun sangat mudah bagi para pelaku bisnis atau usaha kecil dan menengah. Berikut beberapa persyaratan umum yang perlu dilakukan:

  • Menyiapkan kartu tanda penduduk dari suami dan istri serta kartu keluarga.
  • Menyiapkan lampiran surat keterangan usaha yang resmi.
  • Kartu NPWP.
  • Menyiapkan lampiran buku tabungan selama kurun waktu tiga bulan terakhir.

Namun, yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha kecil adalah syarat pengajuan kredit ini juga memiliki beragam jenis, dan bergantung pada nominal pinjaman yang akan diajukan.

Jadi, sebagai pengingat jangan lupa mengetahui skala bisnis yang sedang dijalankan, karena nantinya akan sangat berpengaruh pada pinjaman jenis apa yang akan dilakukan, serta syarat-syarat yang harus dipersiapkan.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Mengenal produk kredit BRI untuk UMKM

Bank BRI pun tidak hanya menawarkan satu jenis kredit saja pada para pelaku UMKM. Tujuannya tentu saja agar para pebisnis usaha menengah punya banyak pilihan serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang akan mereka lakukan.

Berikut beberapa perbandingan produk pinjam uang atau kredit yang dimiliki BRI:

  1. Pinjaman KUR Tanpa Agunan BRI

Pinjaman dana tunai yang satu ini berasal dari kerjasama pemerintah dengan BRI. KUR atau kredit usaha rakyat merupakan pinjaman yang tanpa jaminan yang ditujukan agar pelaku bisnis kecil dan menengah mampu berkembang lagi tanpa kesulitan modal.

Sebagai perkenalan, pemberian kredit yang dilakukan oleh BRI dilakukan dengan proses yang ketat, namun mudah dilakukan oleh pebisnis. BRI sendiri melakukan analisis mendalam tentang keuangan seorang pelaku usaha.

Beberapa syarat pinjam uang di BRI untuk jenis pinjaman yang satu ini meliputi kas dalam tiga bulan terakhir sebuah usaha, produktifitas usaha, BI checking, serta prospek jenis usaha di masa depan.

Beberapa jenis usaha yang biasanya mendapatkan dana dari KUR BRI diantaranya adalah  toko kelontong, toko online, home industri, warung kopi, serta bisnis di bidang jasa dengan aktifitas nyata seperti kepemilikan kendaraan untuk ojek atau taksi online.

(Baca juga: Kredit Ditolak Karena BI Checking? Ini Cara Mengurusnya)

  1. Kupedes BRI

Jenis pinjaman berikutnya adalah jaminan akta jual beli. Jenis pinjaman uang yang satu ini lebih difokuskan pada pengusaha UMKM yang tinggal jauh dari pusat bisnis atau perkotaan, seperti pedesaan. Kupedes BRI sendiri sangat fleksibel terhadap berbagai sektor usaha, seperti jasa, perindustrian, perdagangan, dan pertanian.

Selain itu, terdapat juga beberapa manfaat tambahan yang menguntungkan para pelaku bisnis di pedesaan dengan manfaat tambahan seperti asuransi jiwa kredit, mendapatkan asuransi jiwa, kesehatan, kecelakaan, dan meninggal dunia serta kemudahan pembayaran tagihan melalui mesin EDC dan BRI unit.

Jadi, tunggu apa lagi, mudahkan syarat pinjam uang di BRI?

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami