Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini Kiat Sukses Yudhi Membesarkan Aplikasi Pencari Pasangan Wavoo

by Surtan Siahaan on 27 November, 2015

Bagi para jomblo di Indonesia, aplikasi pencari pasangan Wavoo mungkin tidak asing lagi di telinga. Meski baru diluncurkan pada Oktober 2014 untuk iOS dan 2015 untuk Android, app ini tergolong sukses menarik perhatian.

Saat ini Wavoo telah memiliki 1,6 juta pengguna yang terkonsentrasi di Indonesia. Banyak kalangan memprediksi Wavoo akan menuai kesuksesan bahkan menjadi penantang serius app online dating global seperti Tinder.

Prospek online dating

Bagi pendiri Wavoo, Yudhi Mandey, online dating adalah ladang emas yang baru. Dia menyebut online dating sebagai industri dengan nilai pasar yang tidak kecil. Tidak main-main, nilai mencapai US$2 juta.

Domex, begitu lelaki kelahiran Sukabumi ini dipanggil, bahkan berani menyebut industri dating online lebih besar dibandingkan industri porno.

(Baca juga: Para Jomblo, Simak Nih Apa Kata Pendiri Online Dating Tentang Memilih Pasangan dan Uang)

Hal ini lah yang membuat pendiri app dating online termasuk Domex tertarik. “Sementara orang lain konsentrasi dengan membangun ecommerce, logistik dan lain lain yang saya consider red ocean, saya konsentrasi di industri besar yang orang lain mungkin tidak kepikiran,” tuturnya kepada CekAja.com.

Kelebihan wavoo

rsz_dsc00202Namun Domex sadar industri baru ini juga bukan tanpa saingan. Oleh karena itu dia menerapkan sejumlah strategi seperti Wavoo dikembangkan dengan melibatkan pengguna sejak awal pengembangan.

Pemakai Wavoo bahkan terlibat pada detil seperti proses penentuan nama, warna, fitur dan pengembangan-pengembangan lain. “Jadi wavoo spesial dibanding platform lain karena lebih mengutamakan pengguna dalam proses pengembangannya,” ujarnya.

Selain itu, Domex juga sangat mengutamakan keamanan dan faktor anonymous sehingga user tidak perlu khawatir atau malu-malu mencari teman baru atau pacar.

Agar aplikasinya lebih menarik, Wavoo menambahkan sejumlah fitur seperti satu click (facebook connect), langsung terdaftar dan dapat menggunakan aplikasi wavoo tanpa harus mengisi formulir dan pemakai dapat undo apabila salah melakukan swipe.

Menariknya, apabila pengguna tidak keberatan untuk tidak menjadi anonymous, pengguna bisa menggunakan feature Wink, dimana pengguna lain yang dia sukai akan mendapatkan notifikasi apabila pengguna itu suka.

Selain itu ada fitur Augmented Reality, dimana pengguna bisa menemukan orang lain yang terdekat dengan menggunakan kamera dari HP nya. “Algoritma dari Wavoo dengan otomatis mencocokan dengan user lainnya dengan mencocokan data-data yang disediakan tanpa memberatkan user,” sambungnya.

(Baca juga: Yuk Intip CEO Muda Indonesia Bicara Soal Filosofi Uang dan Pilihan Investasinya)

Tips sukses

Meski Wavoo cukup sukses sehingga berencana melakukan ekspansi ke Asia Tenggara pada tahun depan, startup ini tidak lahir tanpa perjuangan. Domex yang dibantu 10 orang menjalankan Wavoo mengatakan butuh empat kali gagal menjalankan startup sebelum menemukan
Wavoo.

“Jangan pernah takut gagal untuk start mengerjakan sesuatu, if you ever fail, fail forward, fail better,” tuturnya. Bagi calon pebisis, Domex menyarankan agar tidak mengejar uang tapi membiarkan uang bekerja untuk kita. Untuk sukses orang juga butuh bekerja keras dan bermimpi.

” if you woke up dead ass broke, you dont deserve the good night sleep. When you have a dream to build, you don’t sleep until its complete,” tutupnya.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami