Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini loh Kampus yang Punya Jurusan Bisnis Terbaik di Indonesia

by Ilena Umayanti on 6 November, 2019

Jurusan kuliah yang kamu ambil akan menentukan masa depanmu. Sebab mereka yang kuliah di jurusan Pertanian, tidak mungkin bisa menjadi dokter bedah.

Namun, jika kamu ambil jurusan bisnis, bisa dibilang semua bidang pekerjaan bisa kamu masuki. Sebab jurusan bisnis adalah yang paling fleksibel dan hampir dibutuhkan di semua perusahaan. Selain itu kamu bisa membangun usahamu sendiri loh.

Jadi sebelum kamu memulai kuliah ada baiknya memilih kampus bisnis dengan cermat, simak di bawah ini untuk mengetahui jurusan bisnis terbaik di Indonesia.

  • Universitas Indonesia

Siapa yang tak tahu dengan kampus yang satu ini. Tidak salah jika Universitas Indonesia (UI) sangat populer dan menjadi kampus primadona. Untuk jurusan Bisnis di UI memiliki tiga departemen yaitu yang pertama adalah Ilmu Ekonomi, dan kedua ada Akuntansi, dan terakhir ada Manajemen. Menurut Eduniversal, kampus UI merupakan kamus yang memiliki jurusan bisnis terbaik di Indonesia.

Jika kamu ingin lebih dalam mempelajari tentang ilmu-ilmu bisnis kamu bisa masuk ke Departemen Manajemen. Dan untuk kamu yang mau memperdalam bisnis ala syariah di sana juga ada bisnis Islam. Untuk jenjang S1 yang kira-kira biaya pendidikannya dimulai dari harga Rp25 jutaan.

Cukup menjanjikan bukan mengambil jurusan bisnis? Coba belajar lebih giat lagi ya supaya kamu bisa masuk jurusan bisnis dengan kampus terbaik di bidang nya. Bahkan artis cantik Dian Sastro juga lulusan S2 Manajemen Keuangan UI loh.

  • Institut Teknologi Bandung

Selain UI, jurusan bisnis terbaik ada di Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB) juga loh. Jangan salah meskipun namanya ITB, tapi jurusan yang dibuka cukup beragam.

Di sana juga ada kampus Jurusan Bisnis dan Manajemen yang merupakan salah satu jurusan bisnis terbaik di Indonesia. Awalnya untuk program MBA sudah dibuka sejak tahun 1990 yang kemudian digabungkan dengan program Manajemen dan saat ini namanya menjadi Sekolah Bisnis Manajemen ITB.

Di sana cukup lengkap loh, ada program S1, S2, bahkan sampai S3. Untuk program S1 ada jurusan Manajemen dan Kewirausahaan. Sementara untuk di jenjang S2 atau Master, ada Master of Business Administration dan Master of Science in Management. Selain itu ada program doktor dengan jurusan Ilmu Manajemen.

(Baca juga: Tempat Kuliah Online Murah dengan Kualitas Baik di Indonesia)

Kabar baiknya, kampus ini tidak hanya tersedia di Bandung. ITB juga ada di Jakarta tepatnya di TK Low Center for Executive Education Gedung Graha Irama (Indorama), 12th floor, Jl.H.R.Rasuna Said No.Kav. 1-2, RT.6/RW.4, Kuningan, Jakarta Selatan. Buat kamu yang berencana sekolah Bisnis di ITB semoga kariermu semakin cemerlang ya.

  • IPMI International Business School

Jika kedua kampus di atas adalah kampus bisnis negeri terbaik. IPMI International Business School ini justru kampus swasta. Eduniversal menempatkan kampus ini pada urutan ketiga dengan jurusan bisnis terbaik di Indonesia.

Jika di bandingkan dengan UI dan ITB mungkin kamu merasa asing dengan kampus ini, tapi jika dilihat dari laman resminya mereka adalah sekolah bisnis pertama yang menggunakan full bahasa inggris dalam proses belajar mengajar.

Jika kamu berminat untuk masuk kampus swasta dengan jurusan bisnis terbaik di Indonesia ini, kamu bisa datang ke kampus yang terletak di daerah Jakarta Selatan. Kampus ini juga menyediakan program S1 dan S2. Untuk S1 mereka punya rpgram studi Manajemen dengan penjurusan Akuntansi dan Keuangan, Kewirausahaan dan Manajemen serta yang terakhir ada Bisnis International.

Untuk program S2 mereka memiliki program studi Master of Management. Jika kamu berminat untuk mendaftar atau sekedar melihat kamu bisa datang ke Jl. Rawajati Timur I No.1, RT.3/RW.2, Rawajati, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan.

  • Universitas Gadjah Mada

Universitas Negeri tertua di Indonesia ini juga masuk ke dalam kampus dengan jurusan Bisnis terbaik di Indonesia. Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang didalamnya terdapat jurusan Manajemen hingga bisnis. Jangan salah, selain masyarakat Indonesia banyak juga calon mahasiswa dari mancanegara yang mengincar berkuliah di UGM.

Jika dilihat dari website resminya, ternyata UGM menerima sebanyak 150 mahasiswa mancanegara setiap tahunnya. Untuk program studi yang di tawarkan juga sangat beragam, mulai dari S1, S2, dan S3.

Salah satu program yang paling di minati untuk jenjang S2 adalah program MBA.

Jika kamu sudah bekerja dan ingin mengambil MBA di UGM, kamu bisa mabil Executive A yang belajar setiap hari kerja di malam hari. Dan Executive B yang belajar setiap hari Sabtu.

Buat kamu yang sudah bekerja, kamu tetap punya kesempatan untuk belajar di sini, dan tentu saja ini akan menunjang kariermu juga loh.

  • Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro atau Undip merupakan salah satu unversitas yang favorit di Indonesia dan termasuk juga sebagai kampus yang memiliki jurusan Bisnis terbaik di Indonesia.

Undip menawarkan banyak program studi untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jika kita lihat dari laman kampusnya untuk jenjang S1 ini mereka memiliki 4 jurusan, yaitu Manajemen, Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, Akuntansi, dan Ekonomi Islam.

Untuk jenjang S2 ada Magister Management, Akuntansi, dan ada Ilmu Ekonomi dan Pembangunan. Tapi jika kamu berniat untuk menempuh jenjang yang lebih tinggi, di sana juga ada program studi doktor Ilmu Ekonomi.

(Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan Dunia Kerja Zaman Now)

Jangan khawatir semuanya sudah terakreditasi A dan soal kualitas sudah pasti jangan diragukan lagi ya.

Kuliah di Semarang cukup menggiurkan loh mengingat biaya hidup di sana juga hampir sama dengan di Yogyakarta dan tentu saja jauh lebih murah di bandingkan di Jakarta.

Tak banyak yang tahu, kakak beradik Michael Hartono dan Robert Budi Hartono pemilik PT Djarum juga dulunya adalah lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip.

Jadi kamu lebih tertarik untuk kuliah dimana ? Yang pasti dimanapun kamu menempuh pendidikan, soal kesuksesan itu tergantung usaha kamu sendiri juga.

Jika kebetulan kamu memiliki putra-putri yang dalam waktu dekat akan bersekolah di jenjang kuliah, jangan lupa siapkan dananya dari sekarang. Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah salah satu layanan keuangan yang bisa digunakan untuk keperluan kuliah.

Tentang Penulis