Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Ini Lokasi di Jakarta yang Bisa Kamu Gunakan untuk Berjualan Tanpa Dipungut Biaya

by Surtan Siahaan on 26 Maret, 2016

bisnis modal kecil _ pinjaman usaha - CekAja.comMencari tempat usaha adalah salah satu tantangan dalam berbisnis. Sebab, lokasi ini sangat penting dan berperan dalam kesuksesan sebuah usaha. Posisi menentukan prestasi, begitu kata orang.

Namun, upaya mencari lokasi usaha yang bagus kadang terbentur dengan persoalan biaya. Terlebih jika kamu mencarinya di kota besar seperti Jakarta.

Kalaupun ada yang murah, biasanya harganya mencekik leher. Bisa-bisa usaha kita gulung tikar karena terlalu berat membiayai ongkos sewa tempat. Tapi, kalau tempatnya strategis dan harganya murah bahkan gratis, bagaimana?

Tentu sebagai pengusaha kamu mau dong. Kebetulan, artikel ini akan memberi kamu informasi sejumlah lokasi usaha yang murah bahkan gratis di Jakarta.

CFD Thamrin-Sudirman

Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaran bermotor merupakan agenda yang rutin digelar di Jakarta. Ada sejumlah tempat yang menjadi lokasi CFD, di antaranya Sudirman-Thamrin di Jakarta Pusat. Lokasi CFD yang satu ini punya prospek cerah untuk dijadikan lokasi usaha.

Sebab, selain dipadati banyak warga masyarakat (biasanya mereka berolahraga) posisinya juga mudah dijangkau. Menariknya, untuk berjualan di lokasi ini kamu tidak akan dipungut biaya.

Kecuali jika kamu berjualan di tempat-tempat yang memang dilarang sebagai area usaha seperti jalur hijau atau area busway. Lantas berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk berjualan di sini?

Jawabnnya tidak ada alias gratis. Jika kamu berminat, caranya cukup mengajukan permohonan pada Dinas UKM Pemprov DKI Jakarta. (Baca juga: Ini 5 Tempat yang Bisa Bikin Anak kecil Sehat dan Pintar)

CFD Kelapa Gading

Selain di Jakarta Pusat, CFD Jakarta juga digelar di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sama seperti CFD Sudirman-Thamrin, lokasi satu ini juga sangat startegis karena berdekatan dengan banyak permukiman masyarakat kelas menengah atas. CFD Kelapa Gading juga tidak kalah ramai dibandingkan gelaran serupa di Jakarta Pusat.

Untuk berjualan di sini, syaratnya kamu harus megajukan permohonan untuk berdagang ke Dinas UKM Jakarta Utara. Kamu juga tidak dipungut biaya untuk membuka stan atau booth jualan di sini.

Namun, penggna lokasi harus bertanggungjawab terhadap kebersihan lingkungan masing-masing.

Kementerian Perindustrian

Lokasi usaha satu ini berada di bilagan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Tepatnya berada di Gedung Kementrian Perindustrian. Sama seperti dua lokasi yang disebutkan di atas, di tempat ini kamu tidak akan dipungut biaya untuk membuka stan jualan.

Namun, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi berkaitan dengan usahamu. Pertama, jenis usaha tersebut haruslah yang berifat produki atau non perdagangan. Kedua, kamu harus menjadi UKM binaan Kmenterian terkait dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran.

Menariknya, selain berkesempatan membuka usaha di ajang-ajang pameran rutin kementerian perindustrian, kamu juga berkesempatan mengikuti pameran yang diselenggaran kementrian terkait di beberapa tempat lainnya. (Baca juga: 5 Negara Dengan Biaya Pendidikan Termurah di Dunia)

BKT

Banjir Kanal Timur alias BKT awalnya merupakan proyek penanggulangan banjir yang dilakukan Pepmrov DKI Jakarta. Namun, seiring berjalannya waktu, lokasi yang terbentang mulai dari kawasan Cipinang hingga Malaka ini, ramai digunakan penduduk sebagai tempat beraktivitas.

Lantaran terdapat sejumlah taman seperti di depan RS Duren Sawit, dan Malaka, lokasi ini banyak digunakan sebagai tempat bermain anak. Sementara pada sore dan pagi hari, khususnya di akhir pekan, BKT banyak digunakan sebagai tempat berolaharag.

Kondisi ini yang kemudian memancing banyak pedagang untuk berjualan. Selain pasarnya yang memang sudah ada, lokasi ini jadi favorit para pedagang karena bebas pungutan.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami