Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Ini Manfaat Kartu Kredit yang ‘Tersembunyi’ Untuk Milenial!

by Sindhi Aderianti on 27 March, 2019

Kecenderungan generasi milenial dalam berperilaku konsumtif sudah menjadi rahasia umum. Namun di balik itu, ternyata masih banyak dari generasi lesscash ini yang enggan memiliki kartu kredit.

kartu kredit, over limit

Maklum, kartu kredit memang identik dengan pola hidup konsumtif. Bayangkan saja dengan hanya menggesek, setiap orang sudah bisa memiliki barang atau jasa yang diinginkan.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), sebanyak 40% milenial takut untuk menggunakan kartu kredit. Sebab dengan segala kemudahan dan fasilitas yang diberikan, justru akan semakin memicu perilaku boros mereka.

Padahal, semua tergantung kebijakan masing-masing untuk mengatur pemakaiannya. Kartu kredit sebetulnya bisa menjadi penolong keuangan yang paling bisa diandalkan, bahkan dalam kondisi darurat sekalipun.

Toh setiap kartu kredit juga memiliki limit sesuai dengan kemampuan finansial tiap pengguna. Lantas, apa saja manfaat ‘tersembunyi’ kartu kredit untuk milenial?

  • Fasilitas cicilan

Menginginkan suatu barang, tak selamanya berarti konsumtif. Siapa tahu di usiamu sekarang, kamu sudah terpikirkan untuk membeli perabotan rumah seperti kulkas, televisi, atau mesin cuci.

Dengan fasilitas cicilan yang diberikan oleh kartu kredit, kamu dapat memiliki barang-barang yang dibutuhkan tadi sambil tetap mengatur anggaran untuk keperluan lainnya.

Pihak bank atau penerbit pun menawarkan beragam periode cicilan mulai dari 3 bulan hingga 12 bulanTinggal dipilih mana jangka waktu yang kiranya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

(Baca juga: Jangan Kasih Bengkak! Ini 6 Trik Penggunaan Kartu Kredit yang ‘Sehat’)
  • Pembayaran lebih praktis

Kartu kredit memudahkan milenial untuk hidup lebih efisien, terutama dalam melakukan pembayaran. Ibaratnya hanya dengan sekali gesek, semua langsung beres.

Manfaat ini berlaku pula ketika travelling ke luar negeri. Jika sewaktu-waktu kehabisan uang tunai dan sulit untuk menukarkannya ke mata uang setempat, cukup gunakan kartu kredit.

Namun, jangan lupa hitung charge yang dikenakan pada setiap transaksinya.

  • Banyak promo dan cashback

Siapa bilang kartu kredit membuatmu boros? Adanya kartu kredit untuk milenial  justru tentu memberi keuntungan sendiri lewat bermacam-macam promo.

Terbukti dari hampir semua merchant dan e-commerce yang kini menawarkan program cicilan 0%, cashback untuk produk tertentu, diskon khusus, hingga merchandise gratis.

(Baca juga: 5 Salah Kaprah Pemahaman Kartu Kredit yang Sering Anda Percayai)
  • Mempermudah atur keuangan

Selama kamu tidak terjebak dalam gaya hidup berutang tanpa kontrol, kartu kredit sebenarnya bisa mempermudah pengguna dalam mengatur keuangan. Melalui penggunaan kartu kredit, kamu bisa memantau pengeluaran di setiap bulan.

Sebab, kartu kredit memiliki daftar transaksi keuangan tersendiri. Dari situ, kamu bisa mengetahui pengeluaran apa saja yang perlu dievaluasi. Bahkan menjadi patokan untuk membuat anggaran pada bulan berikutnya.

  • Modal bisnis

Bukan sekadar memenuhi gaya hidup, kartu kredit ternyata juga bisa digunakan untuk berhutang produktif. Contohnya saat kamu membutuhkan dana cepat sebagai modal usaha.

Perhatikan limitnya, semakin besar tentunya modal yang didapat akan lebih banyak. Cara ini sepenuhnya legal, selama pengguna bisa disiplin membayar cicilan.

Sebaiknya lakukan pembayaran otomatis yang tersinkronisasi pada rekening pribadi agar menghindari keterlambatan yang berujung denda.

(Baca juga: Alasan Mengapa Tarik Tunai Kartu Kredit Sebaiknya Dihindari)
Kamu Milenial? Cocok Punya Kartu Kredit Ini

Untuk mewujudkan manfaat tersebut, sejumlah bank telah berinisiatif mengeluarkan kartu kredit khusus milenial. Lewat beragam fasilitas yang diberikan, kamu bisa memenuhi gaya hidup sekaligus tetap mengontrol pengeluarannya secara bijak. Berikut 4 pilihannya:

  • UOB YOLO Card

Dari namanya saja, milenial sekali ya! UOB YOLO Card menawarkan beragam fitur yang akan sangat menguntungkanmu. Misalnya Daily Deals berupa tawaran menarik setiap hari untuk makan, minum, nonton, belanja online, travel, dan lain-lain.

Selain itu, kamu juga berhak atas gratis iuran setahun. Dengan syarat, selalu bertransaksi dengan YOLO Card di setiap bulannya.

  • BRI Easy Card

Melalui Easy Card, Bank BRI memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin memiliki kartu kredit meskipun hanya memiliki penghasilan sebesar Rp 36 juta dalam setahun.

Nikmati berbagai cashback mulai dari 2% untuk setiap pembelanjaan di swalayan, serta 3%  setiap kali bertransaksi BBM di SPBU.

  • Citibank Cashback Card

Pakai kartu kredit, dijamin untung terus dengan Citibank Cashback Card. Setiap bulannya, kamu akan dimajakan oleh cashback hingga 5% untuk semua jenis transaksi.

Lumayan menghemat penggunaan sebesar Rp 6 juta per tahun. Dapatkan juga potongan langsung pada tagihan Citibank 1 Bill milikmu.

  • Danamon Visa Platinum First Jobber

Masih first jobber tapi ingin memiliki kartu kredit? Danamon Visa Platinum First Jobber solusinya. Berbagai penawaran menarik yang siap menyambutmu, seperti potongan diskon atau paket spesial di gerai perbelanjaan, restoran, dan hotel pilihan.

Untuk menunjang kebutuhan traveling milenial, dapatkan pula fasilitas ruang tunggu eksklusif di berbagai bandara pilihan seluruh Indonesia.

Terlalu parno menggunakan kartu kredit juga tidak baik, lho. Ingat saja manfaat-manfaatnya yang ternyata juga sangat menguntungkanmu.

Ajukan segera kartu kredit untuk milenial di atas hanya melalui CekAja.com. Marketplace produk keuangan ini menyajikan perbandingan seluruh kartu kredit hingga membantu proses permohonannya dari awal hinga selesai.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami