Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini Nih Biang Keladi yang Bikin Cewek Kalap Belanja

by Tisyrin N. T on 20 April, 2017

kesalahan belanja - CekAja.com

Kegiatan belanja identik sekali dengan wanita. Wanita senang mempercantik diri dan membuat penampilannya terlihat menarik.

Hal tersebut menjadi pasar empuk  untuk iklan dari para produsen. Mereka melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen wanita. Tak hanya lewat iklan-iklan konvensional, tetapi juga dengan cara-cara halus yang hampir tidak nampak seperti iklan.

Apalagi di era internet seperti sekarang ini, mudah sekali untuk meracuni otak wanita agar membeli sesuatu. Ponsel pintar yang selalu ada dalam genggaman, membuat wanita seringkali melakukan kebiasaan-kebiasaan yang membuatnya kalap belanja. Apalagi jika si wanita punya kartu kredit, aktivitas belanja semakin mudah.

Kebiasaan seperti menonton video di YouTube hingga menelusuri media sosial ternyata dapat mempengaruhi keinginan untuk belanja. Berikut ini penjelasannya.

Banyak follow beauty blogger

Semakin berkembangnya pengguna media sosial di Indonesia memunculkan para influencer di berbagai bidang, termasuk kecantikan. Untuk produk-produk kecantikan, para beauty blogger-lah yang biasanya menjadi influencer. Selain rajin menulis ulasan tentang berbagai produk di blog, mereka kerap memiliki media sosial dengan banyak followers. Mereka selalu menampilkan foto-foto berkualitas tinggi yang membuat mata penikmatnya betah.

Dibalik setiap unggahan fotonya, kerap mengandung iklan produk-produk kecantikan. Unggahan tersebut hanya terlihat seperti testimoni biasa, atau seringkali seperti cerita pengalaman yang tulus. Karena itu, tak sedikit wanita yang langsung tertarik pada produk yang mereka kenakan.

Nah, apakah kamu mengikuti banyak akun beauty blogger? Tak ada salahnya memang jika kamu sosok yang pandai menahan keinginan belanja. Jika sebaliknya, bersiaplah untuk ngiler saat melihat unggahan foto-fotonya setiap hari.

Kepo foto-foto OOTD

OOTD atau outfit of the day adalah salah satu hastag populer di Instagram yang menampilkan foto seseorang dengan dari ujung kepala hingga ujung kaki, yang memperlihatkan dengan jelas produk-produk fesyen yang melekat di tubuhnya.

Kalau kamu punya kebiasaan kepo foto-foto OOTD, hati-hati, bisa-bisa kamu langsung lari ke mall untuk belanja. Siapa yang tidak tergoda melihat wajah-wajah fotogenik yang sedang memakai produk fesyen apik?

Langganan newsletter situs belanja

Setiap cek email, kamu selalu menemukan newsletter dari berbagai situs belanja? Dan kamu selalu tertarik membukanya? Situs belanja mendesain sedemikian manis newsletter mereka sehingga membuat calon konsumen terpikat. Belum lagi tawaran diskon yang mampu membuat wanita khilaf. Tak ada salahnya mengurangi langganan newsletter demi kebaikan kantongmu.

Sering nonton video tutorial make up

YouTube menjadi semakin populer belakangan ini. Apakah kamu tergolong wanita yang senang sekali melihat video tutorial makeup artist? Keinginan tampil cantik membuat wanita sangat antusias dengan video semacam itu. Apalagi bagi mereka yang belum mahir berdandan.

Nah, selain belajar bagaimana menggunakan make up, kamu juga akan melihat keunggulan berbagai jenis produk kecantikan di video tersebut. Akibatnya? Keinginan membeli produk yang sama pun akan timbul.

Follow banyak artis

Artis seringkali menerima endorse barang-barang yang bisa membuatmu tergoda belanja. Jika penasaran saat melihat barang yang menarik pada unggahan salah seorang artis, kamu akan melanjutkan penelusuran ke akun penjual barang tersebut bukan? Kurangi jumlah artis yang kamu follow jika tidak mau boros.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami