Ini Nih Manfaat Dan Jenis Asuransi Melahirkan!

7 min. membaca Oleh Maria Nofianti on

Ada banyak persiapan yang harus dilakukan saat seorang perempuan atau seorang istri memutuskan siap untuk menjadi seorang ibu. Melalui proses kehamilan dan melahirkan itu sudah pasti, namun persiapan mental dan juga materiil tak kalah pentingnya.

manfaat dan jenis asuransi melahirkan

Ya, menjadi seorang ibu membutuhkan kesiapan mental yang prima. Karena proses kehamilan dan melahirkan bukanlah hal yang sepele, 9 bulan berbadan dua bukan hal yang mudah dilalui, terlebih jika mental tak kuat, kemungkinan depresi sangat tinggi, dan kemungkinan mengalami baby blues pasca melahirkan sangat besar jika mental tak kuat.

Sedangkan dukungan materiil jelas sudah tak bisa dipungkiri, karena saat ini, prosesi melahirkan yang nyaman bukanlah hal yang murah. Maka mempersiapkan finansial yang baik untuk melalui proses persalinan yang nyaman dan layak adalah penting.

Oleh karena itu, ada pasangan suami istri yang mempersiapkan tabungan melahirkan jauh-jauh hari, agar biaya biaya tak terduga dapat diatasi dengan baik. Atau saat ini, tak sedikit juga yang melengkapi diri mereka dengan asuransi kesehatan yang mengcover proses persalinan.

Bahkan jika suaminya seorang pegawai atau karyawan, maka segera setelah menikah langsung mendaftarkan nama istrinya dalam asuransi yang dimilikinya di kantor.

Ini akan lebih meringankan, karena biasanya pemotongan gaji yang akan membayar premi nya setiap bulan, sehingga tidak membebankan.

Sebagai satu proses yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Proses ini juga mempertaruhkan nyawa ibu bayi maupun bayi itu sendiri. Proses melahirkan memang penuh dengan risiko.

Oleh karena itu perempuan seharusnya memiliki asuransi melahirkan. Apa itu asuransi melahirkan? Asuransi melahirkan adalah produk asuransi yang akan memberikan perlindungan kepada seorang ibu hamil saat melahirkan, mencakup biaya yang berkaitan dengan proses melahirkan.

Asuransi melahirkan bisa berdiri sendiri sebagai satu produk asuransi atau juga bisa sebagai tambahan perlindungan pada asuransi kesehatan yang sudah kamu miliki tentu saja dengan membayar premi ekstra.

(Baca Juga: Isi Persyaratan Kontrak Asuransi yang Benar)

Mengapa perempuan hamil memerlukan asuransi melahirkan ini? Seperti sudah diketahui bahwa melahirkan adalah suatu proses yang penuh dengan risiko seperti gangguan kesehatan, kelainan atau bahkan sampai meninggal dunia.

Tak hanya sampai disitu saja. Biaya yang dibutuhkan untuk proses melahirkan juga semakin tinggi seiring dengan tingginya biaya kesehatan masyarakat tiap tahun. Dengan memiliki asuransi melahirkan ini, diharapkan akan membantu kamu paling tidak masalah biaya kamu tidak akan kesulitan.

Demi kebaikan ibu hamil dan calon bayi dalam proses kelahiran nantinya jika ada apa-apa maka perusahaan asuransi akan langsung menanggungnya.

Pada umumnya proses melahirkan di klinik bersalin atau bidan biasanya memakan biaya Rp1 juta sampai Rp3 juta. Akan berbeda halnya jika melahirkan di rumah sakit, maka akan memakan biaya yang lebih besar lagi. Biasanya kelahiran normal di rumah sakit akan memakan biaya sekitar Rp5 juta hingga Rp30 juta.

Tergantung rumah sakit dan juga pemilihan kelasnya, semakin bagus tempat yang dipilih untuk melahirkan maka semakin besar biayanya. Selain itu proses melahirkan tidak selamanya berjalan dengan normal. Ada kalanya ibu hamil yang sudah bersiap untuk melahirkan normal bisa harus di operasi Caesar karena adanya gangguan pada si bayi atau pada ibunya sendiri.

Jika ibu hamil harus operasi maka biayanya bisa dimulai dari Rp11 juta bahkan ada yang sampai Rp50 juta.

Ada banyak manfaat dan jenis asuransi melahirkan di Indonesia. Dengan menyadari bahwa selalu ada risiko seperti ini sekecil apapun, maka mempunyai asuransi melahirkan adalah sebuah pilihan yang bijak. Lagi pula ibu hamil juga akan mendapatkan banyak manfaat seperti berikut:

Menekan angka kematian bayi dan ibu hamil.

Ada banyak perempuan hamil yang akhirnya melakukan aborsi hanya karena tidak mempunyai biaya melahirkan yang semakin mahal. Selain itu, memiliki asuransi melahirkan ini juga akan menjadi hal baik bagi seorang ibu tunggal.

Setidaknya masalah biaya bisa terpecahkan karena biayanya sudah langsung menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi dan mereka bisa melahirkan dengan lancar dan selamat.

Membantu biaya perawatan sebelum dan sesudah melahirkan.

Asuransi melahirkan ini tidak cuma menanggung biaya melahirkan saja, tapi juga jika sebelum melahirkan sudah ada misalnya check-up atau kunjungan dokter tentu saja ini juga akan ditanggung asuransi melahirkan.

Jadi untuk bisa mendapatkan manfaat dan jenis asuransi melahirkan seperti ini ibu hamil juga harus mengecek apa  saja manfaat yang akan dia dapatkan sebelum dan sesudah melahirkan. Ini guna menjaga jika perusahaan menolak klaimnya maka sudah memiliki dasarnya.

Ibu hamil akan mendapatkan fasilitas yang memadai.

Dengan memiliki asuransi melahirkan tentu saja ibu hamil akan mendapatkan fasilitas yang layak bagi ibu dan bayi kelak. Fasilitas-fasilitas yang akan didapatkan tergantung dari kelas persalinan mana yang ibu pilih. Jika ingin mendapatkan fasilitas terbaik maka kelasnya juga harus yang tinggi. Nah ini juga tergantung dari premi yang kamu bayarkan setiap bulan. Makin tinggi premi yang dibayar maka ibu hamil bisa dapatkan fasilitas paling baik.

Persalinan secara caesar

Asuransi akan menanggung biaya pemulihan untuk ibu dan bayi jika persalinannya secara operasi caesar. Begitu juga jika terdapat gangguan pada kesehatan bayi seperti cacat bawaan, penyakit keturunan hingga meninggal dunia.

Manfaat yang diberikan asuransi melahirkan memang tidak semuanya sama. Di Indonesia terdapat berbagai jenis asuransi melahirkan. Beberapa di antaranya akan dijelaskan di bawah ini. Yuk kita simak penjelasannya.

1. BPJS Kesehatan

Produk asuransi kesehatan dari pemerintah ini juga bisa menanggung biaya persalinan dan keselamatan jiwa ibu dan bayi. Terutama untuk yang melahirkan dengan proses operasi caesar. Asuransi BPJS Kesehatan ini paling banyak digunakan di Indonesia, karena harganya yang terjangkau untuk semua lapisan masyarakat. Premi untuk setiap bulannya juga terbilang sangat terjangkau serta proses pengajuan asuransi ini juga mudah.

Sayangnya BPJS Kesehatan tidak menanggung jika ada bayi cacat atau kelainan. Pihak BPJS mengatakan bahwa pemeriksaan itu berada di luar tanggung jawab BPJS. BPJS Kesehatan hanya akan menanggung biaya perawatan kesehatan ibu hamil saja. Tapi jika mau kamu bisa langsung mendaftarkan bayi kamu ke asuransi pemerintah ini demi menjaga kesehatannya di masa depan.

Selain itu, BPJS Kesehatan akan mengcover biaya melahirkan jika pasien atau ibu hamil masuk ke rumah sakit saat sudah bukaan 4 (menurut pengalaman tahun 2019) dan jika sebelum bukaan itu maka tak bisa menggunakan BPJS Kesehatan.

2. Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi jiwa berarti suatu perlindungan yang diberikan kepada keluarga dari akibat dari kematian seseorang. Untuk asuransi jiwa Unit Link ini mempunyai dua kelebihan yang berbeda yaitu investasi dan proteksi. Jika pemegang polis mengalami meninggal dunia, sakit, cacat permanen hingga melahirkan maka kamu akan mendapatkan manfaat proteksi.

Jadi asuransi jiwa Unit Link juga akan memberikan perlindungan keselamatan bagi ibu hamil dan bayinya semasa kehamilan. Ada banyak manfaat sebelum dan sesudah yang bisa didapatkan seperti biaya-biaya sebelum dan sehabis proses melahirkan, perawatan jika bayi di inkubator, biaya jika ada komplikasi setelah melahirkan, bayi mengalami kelainan atau cacat bahkan kemungkinan bayi bisa meninggal dunia.

3. MiUltimate HealthCare

Asuransi dari Manulife Indonesia ini menanggung banyak sekali untuk proses melahirkan. Biaya-biaya itu antara lain biaya persalinan jika normal, persalinan dengan operasi Caesar, persalinan dengan adanya bantuan serta adanya komplikasi pada kehamilan. Untuk mendapatkan manfaatnya kamu hanya menunjukkan kartu keanggotaan asuransi ini saja.

System seperti ini disebut dengan cashless. Adapun ketentuan dan syarat dari asuransi melahirkan dari Manulife adalah usia 20 hingga 43 tahun dan ditanggung sampai usia tertanggung 45 tahun. Gaya hidup ibu hamil juga menjadi perhatian di asuransi ini. Ibu hamil yang memiliki asuransi MiUltimate HealthCare ini tidak boleh merokok demi menjaga kesehatan calon bayi.

Pemegang polis ini harus menunggu dulu untuk bisa mendapatkan manfaat semua ini dan setiap tahun premi yang dibayarkan bisa saja naik.

4. PRUmy Child Prudential

Asuransi dari perusahaan Prudential ini menawarkan perlindungan untuk anak kamu bahkan sebelum dilahirkan. Asuransi melahirkan tidak mempunyai masa tunggu seperti kebanyakan asuransi melahirkan lainnya.

Dengan memiliki asuransi melahirkan ini kamu tidak perlu khawatir karena perusahaan akan menanggung biaya-biaya yang terkait dengan segala aspek kesehatan ibu hamil dan bayi dari masa kehamilan hingga selesai persalinan.

Termasuk biaya perawatan  di inkubator, perawatan di ICU, adanya kelainan bawaan atau bahkan meninggal dunia.

(Baca Juga: Biaya Asuransi Kecelakaan Di STNK)

Dengan beragamnya asuransi melahirkan yang ditawarkan di Indonesia dengan segudang manfaat dan jenis asuransi melahirkan, sebaiknya dalam memilih asuransi yang cocok dan pas sesuai dengan kebutuhanmu adalah dengan tips seperti di bawah ini:

  • Pilihlah produk asuransi melahirkan yang juga menanggung saat kehamilan juga. proses melahirkan adalah  suatu proses yang berat jadi pilihlah yang juga melindungi mulai dari masa kehamilan, melahirkan sampai setelah melahirkan. Dengan begitu kamu akan lebih tenang dalam melahirkan buah hati kamu.
  • Pilih yang juga melindungi dari penyakit wanita seperti kanker serviks, osteoporosis, kanker payudara, sakit jantung, stroke, diabetes dan lain-lain. potensi penyakit-penyakit ini tentu juga bisa mengganggu kehamilan pada wanita. Jadi pilih asuransi yang juga menanggung beberapa penyakit-penyakit itu.
  • Tanyakan apakah itu juga sudah termasuk asuransi jiwa juga, dengan adanya asuransi jiwa juga bisa melindungi ibu jika terjadi hal yang tidak di inginkan.
  • Selalu ikuti alur dan prosedur klaim yang benar. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari asuransi melahirkan ini kamu juga harus mengikuti semua prosedur klaim yang telah ditentukan perusahaan. Dengan begini akan memberi kemudahan dalam mengklaimnya.
  • Pilihlah perusahaan yang memiliki reputasi bagus. Ini tentu saja menjadi hal yang mutlak. Jika kamu asal memilih perusahaan asuransi aka nada kemungkinan penipuan asuransi.

Nah itu dia manfaat dan jenis asuransi melahirkan serta tips memilihnya agar kamu tidak salah langkah. Karena proses melahirkan butuh banyak biaya kamu juga bisa persiapkan sedini mungkin dengan menabung atau membeli asuransi melahirkan seperti ini. Semoga bisa membantu.

Segera proteksi diri dan keluarga dengan beragam produk asuransi terbaik hanya di Cekaja.com.

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti