Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

2 menit waktu bacaan

Ini Pajak yang Harus Kamu Bayar Jika Punya Kendaraan Mewah Ini

by Surtan Siahaan on 18 February, 2016

Bisa memiliki kendaraan mewah adalah mimpi setiap orang. Namun, untuk mewujudkannya tidak mudah. Masalah utamanya tentu harga kendaraan yang tidak murah. Belum lagi pajak selangit yang harus dibayarkan pemiliknya.

Di Indonesia, pajak kendaraan mewah dipisahkan dari pajak biasa. Sejumlah kendaraan mewah yang digunakan para miliarder Indonesia bahkan bisa nilainya setara dengan mobil dan sebuah rumah.

Tidak heran jika sejumlah kendaraan super mahal ini harganya makin fantastis jika dijual di Indonesia. Mengutip laman Kementerian Keuangan, berikut ini pajak yang harus dibayarkan jika ingin memiliki sejumlah kendaraan mewah berikut:

Yacht

history-supreme-yacht1
Kendaraan satu ini menjadi perlambang kemewahan dan kekayaan pemiliknya. Untuk sebuah yacht mewah, peminatnya harus merogoh kocek hingga US$ 1 juta. Jika dikalikan dengan kurs rupiah saat ini, nilainya bisa mencapai Rp 13 miliar. Sangat fantastis bukan.

Lantas berapa pajak yang harus dibayar jika ingin memiliki kendaraan ini. Berdasarkan tarif PPnBM yang diatur pemerintah sebesar 30%, pajak yang harus dibayar mencapai Rp 3,9 miliar.

(Baca juga: Apa itu Pajak Progresif Kendaraan dan Cara Hitungnya?)

Harley Davidson Trike Glide Ultra

2014-harley-trikes-recalled-for-incorrect-steering-angle-70757_1

Raja jalanan, begitu Harley Davidson biasa diberi julukan. Motor pabrikan Amerika Serikat ini juga tidak murah. Bahkan, Harley jenis Trike Glide Ultra yang bercc 1.600 ini harganya bisa mencapai Rp.1.189.000.000.

Namun itu belum seberapa dibandingkan pajak yang harus dibayarkan. Tidak tanggung-tanggung. Untuk motor dengan cc di atas 500, orang harus membayar pajak 75% atau sekitar Rp 800 jutaan.

Lamborghini type Aventador

lamborghini-aventador-118-scale-model-the-next-best-thing-photo-gallery_5

Tidak hanya pengusaha. Artis-artis kaya Indonesia seperti Rafly Ahmad dan Syahrini pernah terlihat menggunakan mobil super mewah ini. Harga pasaran mobil ini mencapai Rp 8 miliar. Dengan pajak yang dibanderol sebesar 30%, orang harus mengeluarkan Rp 2,4 miliar tambahan.

Balon udara

Hot Air Balloons Wallpapers 08

Sepertinya, kendaraan satu ini jarang menjadi pilihan orang-orang kaya di Indonesia. Tapi, bila ingin memilikinya, kamu harus membayar pajak tambahan cukup besar yakni sebesar 40%.

(Baca juga: 5 Usaha yang Menguntungkan Saat Musim Mendaki Gunung)

Pesawat udara

EH101_JMSDF

Kendaraan udara seperti helikopter dan pesawat kini telah menjadi bagian dari gaya hidup pengusaha-pengusaha papan atas di Indonesia. Sejumlah CEO bank besar bahkan diketahui menggunakan helikopter untuk menghindari kemacetan saat harus mengadakan pertemuan di dalam kota.

Harga sebuah helikopter jenis AgustaWestland AW101 pabrikan Italia bisa mencapai Rp 800 miliar. Pajak yang harus dibayarkan pun sangat besar yakni separuh dari harga beli yakni Rp 400 miliar.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami