Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Pekerjaan Jurusan Ilmu Keperawatan dan Akreditasi PTN Terbaik

by Vera Khairifah on 11 November, 2019

Pekerjaan Jurusan Ilmu Keperawatan sebagai salah satu pekerjaan yang berada di bidang kesehatan semakin diminati dan dibutuhkan. Sebab daerah Indonesia yang luas membutuhkan banyak tenaga medis.

Ini Pekerjaan Jurusan Ilmu Keperawatan dan Akreditasinya

Jurusan Ilmu Keperawatan Akreditasi A

Jenjang karir dari pekerjaan Jurusan Ilmu Keperawatan akan berpeluang lebih baik jika kamu masuk ke perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A.

Jurusan Ilmu Keperawatan dengan akreditasi A tersedia di perguruan tinggi berikut ini:

  • Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat.
  • Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah.
  • Universitas Riau, Riau.
  • Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur.
  • Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.
  • Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.
  • Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, D.I.Y.
  • Universitas Sumatera Utara, Medan, Sumatera Utara.
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, D.I.Y.
  • Universitas Muhammadiyah Jakarta, DKI Jakarta.
Pekerjaan Jurusan Ilmu Keperawatan

Pekerjaan Jurusan Ilmu Keperawatan yang bisa kamu pilih di masa mendatang terdiri dari:

1. Perawat

Menjadi seorang Perawat adalah pekerjaan Jurusan Ilmu Keperawatan yang paling umum dipilih. Tugasnya yakni merawat pasien sesuai dengan kebutuhannya dan prosedur kesehatan yang berlaku.

Instansi yang membutuhkan tenaga ini antara lain seperti rumah sakit, klinik kecantikan, atau menjadi Perawat Homecare yang bekerja di rumah pasien. Gajinya beragam, mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 7 juta per bulan.

2. Asisten Dokter

Selanjutnya, kamu bisa menjadi Asisten Dokter yang bertugas membantu pekerjaan Dokter dalam hal pemeriksaan fisik pasien, memberikan pengobatan, dan nasihat kesehatan.

Seorang Asisten Dokter harus memiliki sertifikat profesi dan memahami dasar-dasar ilmu dari spesialisasi dokter. Gaji pekerjaan Jurusan Ilmu Keperawatan ini sekitar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta.

(Baca Juga: Peluang Kerja Menjanjikan Buat Lulusan Sastra Inggris, Kepoin Yuk!)
3. Ahli  Epidemiologi

Pekerjaan ini bertugas menyelidiki dan menjelaskan penyebab dan penyebaran penyakit, kecacatan atau hasil kesehatan. Mereka juga meneliti pencegahan suatu wabah penyakit agar tidak tersebar atau menular.

Syarat tingkat pendidikan untuk menekuni pekerjaan Jurusan Ilmu Keperawatan yang satu ini adalah Strata Dua (S2).

4. Peneliti Medikal

Lulusan dari Jurusan Ilmu Keperawatan juga bisa menjadi Peneliti penyakit dan peningkatan kesehatan manusia. Pekerjaan ini berkaitan dengan penyelidikan dan penelitian klinis.

5. Koordinator Riset Klinis

Masih berhubungan dengan penelitian, ada juga profesi Koordinator Riset Klinis yang bekerja di proyek penelitian klinis. Tugasnya merencanakan, mengarahkan dan mengkoordinasikan proyek penelitian klinis kepada pekerja-pekerja yang terkait di dalamnya.

6. Instruktur Perawatan

Instruktur Perawatan memiliki tugas layaknya seorang guru dalam ilmu teori dan praktek dalam Jurusan Ilmu Keperawatan, baik di tingkat SMK maupun Perguruan Tinggi.

Mereka yang mengajar adalah orang-orang yang sudah berpengalaman dan lulus dari jenjang tertentu (S1 atau S2) di Jurusan Ilmu Keperawatan.

7. Pegawai Perusahaan Asuransi

Di luar profesi tenaga medis, ada juga pekerjaan lainnya seperti menjadi pegawai di perusahaan asuransi. Kamu bisa melamar di bagian pengecekan klaim. Dengan memahami ilmu kesehatan, akan menjadi nilai tambah buatmu saat bekerja di perusahaan asuransi.

8. Medical Representative

Jika kamu lulusan Jurusan Ilmu Keperawatan namun tertarik juga dengan bidang marketing, kamu bisa mencoba menjadi seorang Medical Representative.

Tugasnya membantu perusahaan pencapai target penjualan produk kesehatan. Posisi ini biasanya tersedia di perusahaan farmasi dengan gaji Rp 3 juta hingga Rp 7 juta.

(Baca Juga: 5 Pekerjaan Menjanjikan Bagi Lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan)
9. Paramedis UGD

Instansi kesehatan juga membutuhkan tenaga Paramedis di Unit Gawat Darurat (UGD). Dalam kondisi yang tingkat urgensinya tinggi, Paramedis membantu menangani cedera, perawatan pasien dan menyelamatkan individu yang terluka, sakit, maupun sedang buruk kondisi kesehatannya.

10. Ahli Diagnosa Sonografi Medik

Seseorang dengan pekerjaan Jurusan Ilmu Keperawatan ini menghasilkan rekaman ultrasonik pada organ dalam. Hasil ini kemudian akan digunakan dokter untuk analisa kesehatan pasien lebih lanjut.

11. Staf Layanan Medis dan Kesehatan

Pekerjaan Jurusan Ilmu Keperawatan selanjutnya adalah Staf Layanan Medis dan Kesehatan di sebuah rumah sakit, lembaga kesehatan masyarakat, klinik, atau pun organisasi perawatan.

Mereka bertugas mengatur, mengecek dan menjaga kualitas pelayanan medis agar tetap terjaga dengan baik. Hal ini juga berkaitan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan.

12. Manajer Data Klinis

Tugas dari pekerjaan ini adalah menganalisis data klinis untuk memecahkan suatu masalah. Serta mengidentifikasi dan melaporkan tren di bidang kesehatan. Kemampuan majemen database dibutuhkan untuk pekerjaan yang memiliki kisaran gaji Rp 3 juta sampai Rp 5 juta ini.

Itu lah rekomendasi pekerjaan yang bisa dipilih. Ajukan KTA dengan syarat mudah dan pencairan cepat hanya di CekAja.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast