Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Pengertian Analisis SWOT dalam Marketing

by Ayunindya Annistri on 12 Maret, 2020

Pengertian analisis SWOT dalam marketing biasanya mengarah pada strategi yang bakal dijalankan oleh perusahaan. Analisis ini tak hanya bermanfaat sebagai acuan dalam berbisnis, lebih dari itu analisis SWOT digunakan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dalam perusahaan.

Pengertian Analisis SWOT dalam Marketing

Apapun bisnis yang digeluti tentu saja butuh suatu strategi yang tepat agar visi misi perusahaan dapat tercapai sesuai ekspektasi. Namun, dalam perjalanannya kadang perusahaan bakal mengalami ‘naik-turun’ kehidupan yang enggak jarang merugi.

Makanya, tiap pebisnis besar selalu menerapkan analisis SWOT dalam menjalankan perusahaannya tersebut, guna meminimalisir kondisi gulung tikar yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Analisis SWOT idealnya digunakan untuk memasarkan suatu produk, yang tujuannya tak lain untuk menaikkan citra perusahaan. Dimana kamu harus paham dulu apa sebenarnya analisis SWOT itu dan bagaimana cara menerapkannya.

(Baca Juga: Pekerjaan Digital Marketing dan Serba-Serbinya yang Perlu Diketahui)
Pengertian Analisis SWOT dalam Marketing

Mengacu pada pengertian analisis SWOT dalam marketing, dapat dikatakan analisis ini merupakan strategi yang dipakai untuk menjalankan dan membangun citra perusahaan.

Untuk menerapkannya, perusahaan butuh melakukan riset terlebih dulu mengenai apa potensi yang dimiliki maupun tidak bisa dilakukan terkait produk atau layanan perusahaan.

Analisis SWOT sering dianggap sebagai pedoman, dimana analisisnya sendiri memang terlihat simple namun memberikan dampak yang besar bagi perusahaan. Analisis ini pertama kali diperkenalkan oleh Albert Humphrey, seorang pebisnis Amerika, dengan memadukan empat aspek berbeda, diantaranya adalah:

1. Strength

Strength atau kekuatan merupakan bagian dari strategi perusahaan yang berasal dari faktor internal. Kategori ini memiliki peranan positif, yang mana pusatnya terletak pada sumber daya dan keunggulan kompetitif yang dimiliki.

Dengan adanya kekuatan, bukan tak mungkin jika perusahaan dapat bersaing dengan kompetitor lainnya dalam membangun brand image di mata konsumen.

Untuk menerapkan analisis ini, tiap perusahaan perlu menilai segala kekuatan maupun kekurangan yang ada, guna dijadikan pembanding dengan pesaing. Misal, perusahaan unggul di bidang teknologi dan jasa, maka hal tersebut dapat dimanfaatkan sebagai modal untuk menentukan segmentasi pasar yang bakal dituju.

2. Weakness

Kelemahan dalam perusahaan bukan selamanya hal negatif. Sebab dalam analisis SWOT, kelemahan atau disebut weakness justru dijadikan acuan dalam menentukan strategi yang tepat khususnya untuk bidang marketing.

Kategori ini memiliki kesamaan dengan strength, yang mana weakness atau kelemahan masuk dalam faktor internal perusahaan. Maksudnya, perusahaan harus mampu menganalisia apa saja kelemahan atau yang menjadi kendala dalam memajukan perusahaan.

3. Opportunity

Opportunity masuk dalam faktor eksternal, yang mana kategori ini diartikan sebagai peluang untuk  meraih keberhasilan pemasaran sesuai ekspektasi perusahaan.

Analisis opportunity setidaknya mencakup beberapa faktor yang nantinya akan memberi keuntungan bagi perusahaan. Meliputi perubahan gaya hidup, pertumbuhan pasar, penyelesaian masalah perusahaan, serta kemampuan internal dalam menawarkan nilai yang lebih tinggi guna memasarkan produk di pasaran.

4. Threat

Threat atau ancaman merupakan faktor eksternal diluar kendali perusahaan yang memungkinkan strategi pemasaran gagal bila salah mengambil langkah.

Ancaman yang dimaksud biasanya berupa persaingan, pergeseran perilaku konsumen terhadap suatu produk, brand image yang tidak berkualitas, maupun kemerosotan ekonomi secara merata.

Meski ancaman selalu datang dan diluar kendali, setidaknya perusahaan harus menerapkan analisis SWOT, guna membantu terciptanya rencana yang tepat dalam menangani berbagai masalah secara efektif.

Manfaat Analisis SWOT dalam Marketing

Membahas pengertian analisis SWOT dalam marketing belum afdal nampaknya bila tidak membahas apa saja manfaat dari analisis tersebut. Mengingat tolak ukur kemajuan suatu perusahaan juga berdasarkan strategi pemasaran yang tepat.

Tanpa adanya strategi, mustahil perusahaan dapat mencapai perkembangan yang berkelanjutan dan bersaing dengan kompetitor serupa. Dan berikut beberapa manfaat analisis SWOT dalam marketing:

  • Mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi
  • Mampu mengatasi tiap kendala baik yang berasal dari internal perusahaan maupun eksternal
  • Memperluas relasi bisnis dan jaringan pemasaran
  • Meminimalisir kerugian besar
  • Perusahaan menjadi lebih maju karena adanya inovasi yang dilakukan
Analisis SWOT untuk Kegiatan Marketing Perusahaan 

Pembahasan mengenai pengertian analisis SWOT dalam marketing hingga manfaatnya sudah diketahui pada poin di atas. Selanjutnya, CekAja bakal berbagi informasi menarik masih seputar analisis SWOT, khususnya untuk kegiatan marketing perusahaan.

Marketing atau pemasaran merupakan salah satu cara efektif yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan brand image baik di mata konsumen. Lewat kegiatan ini, perusahaan dapat memprediksi berapa lama akan bertahan di tengah gempuran bisnis yang serupa.

Namun yang perlu dipahami, bahwa penerapan analisis SWOT dalam kegiatan marketing perusahaan mesti dilakukan secara bertahap. Tujuannya sendiri enggak hanya mengetahui kelebihan dan kekurangan perusahaan. Namun juga mencari celah peluang hingga menganalisis berbagai ancaman yang biasanya diluar kendali perusahaan.

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar gaya hidup, strategi kelola keuangan hingga cara memilih produk finansial yang tepat hanya di CekAja.com. Lewat situs ini juga kamu bisa apply kartu kredit serta mengajukan produk asuransi terbaik.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau