Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Pilihan Olah Raga Kala Musim Hujan Tiba

by Miftahul Khoer on 12 November, 2019

Memasuki akhir tahun, berarti juga memasuki musim hujan. Hujan tentu saja membawa berkah, namun ada juga yang merasa kalau musim hujan lebih banyak membatasi ruang gerak. Apalagi bagi kamu yang rutin berolah raga.

gym murah _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Kala musim hujan tiba, kamu harus bisa memilih olah raga terbaik yang tetap bisa dilakukan tanpa harus hujan-hujanan. Mau tahu olah raga apa saja yang cocok dilakukan saat musim hujan tiba? Ini daftarnya!

Olah raga dengan menggunakan skipping akan membantu kamu latihan kardio. Bukan cuma melatih pernapasan, skipping juga bisa mengolah fleksibilitas dan koordinasi anggota tubuh. Olah raga ini cenderung mudah dan bisa dilakukan siapa saja, dan ternyata juga memiliki dampak yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, skipping juga membantu membentuk pinggul, paha, dan paha bagian samping.

Ditambah lagi, skipping juga bukan sekadar lompat tali, namun berbagai variasi gerakan dengan fungsi yang berbeda pula. Jangan takut untuk mencoba, kamu bisa melihat di Youtube, untuk melihat gerakan skipping seperti apa saja yang mampu kamu lakukan agar tidak bosan dengan gerakan yang itu-itu saja. Untuk kamu ketahui, melakukan skipping dalam satu jam, setidaknya mampu membakar hingga 560 kalori.

Saat ini sangat mudah untuk mendapatkan alat-alat kebugaran, apalagi untuk banyak orang dengan mobilitas tinggi, tidak jarang perlengkapan olah raga mereka di rumah sudah setara dengan di gym.

(Baca juga: Pengantin Zumba Viral, Ini Manfaat Olahraga Dance Tersebut Bagi Tubuh)

Angkatlah dumbbell yang sesuai dengan kekuatan kamu. Kalau tidak punya dumbbell bisa menggunakan barang bekas di rumah, atau yang paling mudah adalah botol minum yang terisi. Mengangkat dumbbell selama satu jam kalori yang dibakar bisa mencapai 200 kalori.

  • Plank

Sudah kardio dan angkat beban, mungkin yang kamu ingin lakukan selanjutnya adalah memperkuat otot perut tanpa bantuan alat apapun. Plank adalah latihan yang paling cocok untuk kamu. Kamu hanya butuh matras agar tidak licin dengan lantai rumah.

Caranya juga sangat mudah, kamu harus melakukan posisi push-up, kemudian tekuk lengan dan taruh di lantai. Mulailah menahan tubuh minimal 30 detik. Saat baru memulai olah raga ini sangatlah berat, namun dengan gerakan teratur selama satu jam, setidaknya ada 350 kalori terbakar dengan melakukan plank.

  • Yoga

Ingin sehat bukan hanya jasmani namun juga rohani di kala musim hujan yang cenderung mendung dan membawa perasaan kurang nyaman? Cobalah untuk melakukan Yoga, yang memang ditujukan untuk menyatukan tubuh, pikiran, dan jiwa.

Selain membantu memberikan ketenangan diri, yoga juga akan membantu membentuk postur tubuh, keselarasan dan pola gerakan membuat tubuh menjadi lebih fleksibel dan rileks. Yoga sangat cocok dilakukan kala musim hujan, sebab bisa dilakukan di dalam ruangan. Satu jam beryoga, bisa membakar hingga 280 kalori.

  • Badminton

Bukan hanya untuk orang tua, badminton juga cocok dilakukan anak-anak saat musim hujan. Badminton juga bisa dilakukan seluruh keluarga, bukan hanya demi kesehatan namun juga kesenangan.

Baik bagi anak maupun orang tua, badminton sangat membantu meningkatkan koordinasi tubuh. Khusus untuk anak-anak, badminton bisa membantu meningkatkan kemampuan berhitung dengan mengingat sistem skor, serta mengajarkannya bermain sportif karena menang kalah adalah hal yang biasa dalam suatu pertandingan.

Pakaian Olah Raga

Nah mana yang paling cocok untuk kamu lakukan selama musim hujan? Jangan lupa untuk selalu mengecek cuaca dan suhu udara, jangan lupa pula untuk tetap terhidrasi, serta pilihlah pakaian olah raga dan sepatu yang sesuai, agar tidak tergelincir akibat hujan.

(Baca juga: Begini Cara Booking Fasilitas Olah Raga di Gelora Bung Karno)

Adapun untuk berolah raga di luar ruangan saat musim hujan, pakai baju berbahan sintetis seperti polypropylene, yang menyerap keringat dari tubuh. Hindari memakai katun yang akan menempel ke tubuh saat kita berkeringat.

Lalu tambahkan pakaian berbahan wol untuk insulasi panas, tutupi di atas dengan pakaian anti-air dan berbahan breathable atau mudah kering.

Pakaian khusus olah raga tersebut tentu saja bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan beragam promo kartu kredit menarik yang bisa kamu ajukan lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.