Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Ini Ragam Kurma yang Asyik Untuk Berbuka!

by Teti Purwanti on 3 Mei, 2019

Bulan puasa hanya tinggal menghitung hari. Untuk kamu yang melaksanakan ibadah puasa pastinya sudah tidak sabar menunggu bulan yang penuh dengan ampunan itu. 

Membincang puasa rasanya tak lengkap jika tidak menyinggung buah seksi asal negeri timur tengah, kurma. Ya, buah imut yang memiliki segudang manfaat itu bakal menjadi buruan bagi kaum muslim untuk dijadikan salah satu menu berbuka. 

Kurma atau dalam bahasa latin disebut Phoenix dactylifera ternyata memilki banyak jenis. Uniknya, setiap jenis kurma yang kamu makan memilki manfaat dan sejarah yang berbeda. 

Agar kamu tidak cuma sekadar makan, yuk kita simak jenis-jenis kurma apa saja yang biasa menjadi teman di kala buka puasa!

1. Kurma Ajwa

Bukan tanpa alasan kurma ini berada di peringkat satu. Karena konon kurma ini paling sering dikonsumsi oleh Nabi Muhammad.

Kalau biasanya kurma terkenal dengan rasa manis yang luar biasa, kurma ini tidak begitu. Kurma Ajwa memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan mirip seperti kismis.

Kurma Ajwa merupakan buah dengan serat tertinggi dibandingkan jenis kurma lainnya, kaya kandungan vitamin A dan C, mineral, zat besi, kalsium, sodium dan potasium serta tinggi protein.

Selain untuk buka puasa, Kurma Ajwa juga merupakan kurma terbaik untuk dikonsumsi ibu hamil dan juga ibu menyusui.

Konon, memakan Kurma Ajwa dapat mengurangi risiko keracunan. Kurma ini banyak ditanam di Madinah, Arab Saudi.

(Baca juga: Unik! Ini Makanan Khas Lebaran di Berbagai Daerah!)
2. Saidi

Kurma ini paling popuper di Negara Libya dan terkenal karena teksturnya yang sangat lembut. Berbeda dari Kurma Ajwa yang tidak terlalu manis, Kurma Saidy justru memiliki cita rasa yang sangat manis.

3. Zaghloul

Kurma jenis ini paling dikenal di Mesir dan harganya sangat mahal. Saking manisnya kurma ini, katanya hanya orang tertentu yang bisa membeli dan mengonsumsi kurma ini.

Kurma ini bukan cokelat namum berwarna merah gelap serta berbentuk lonjong. Hal yang menjadi keistimewaannya adalah karena kurma ini memiliki rasa manis yang tak habis-habis.

4. Sekki

Sudah ada kurma yang berwarna hitam dan kemerahan, Kurma Sekki berwarna kuning kecokelatan. Kurma ini juga tidak selembut kurma-kurma sebelumnya bahkan cenderung keras.

Bagi kamu yang tidak suka dengan kurma yang terlalu manis dan juga agak kenyal kurma ini mungkin cocok untuk teman buka puasa kamu.

5. Kurma Amer Hajj

Selain dikonsumsi saat buka puasa, kurma juga acap kali menjadi penganan untuk menjamu tamu. Oleh karena itu disebut buah ”the visitor’s date”.

Kurma Amer Hajj misalnya menjadi favorit masyarakat Irak, karena kurma ini memiliki daging yang terbal serta tekstur lembut dan kulit tipis.

(Baca juga: Ingin Sehat dan Bugar Saat Puasa, Perhatikan 7 Hal Ini!)
6. Khidri

Kurma Khidri memiliki tekstur yang agak kering, namun dengan rasa yang tetap manis. Uniknya, kulit kurma jenis ini keriput sehingga teksturnya agak aneh.

Meski begitu, cita rasanya tidak perlu diragukan dan tetap nikmat apalagi untuk diolah seperti dengan diisi almond dan juga lapisan cokelat.

7. Kurma Deglet Noor

Kurma Deglet Noor memiliki warna yang keemasan dan berarti cahaya. Kurma ini juga memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis dan banyak tumbuh di Tunisia dan Libya.

8. Thoory

Selain Mesir, Libya, dan Arab Saudi, Aljazair juga memiliki produksi kurma. Salah satu kurma yang paling populer dari negara tersebut adalah Kurma Thoory.

Kurma ini berwarna kemerahan, namun uniknya saat dikeringkan warnanya bisa berubah kebiruan dan kulitnya makin keriput.

Kurma thoory mempunyai daging buah yang sangat kering. Saking keringnya, kurma ini cenderung sangat keras dan susah untuk dimakannya tapi tetap banyak disukai.

Jenis kurma thoory ini disebut sebagai kurma thuri. Kurma thoory bisa bertahan lama dan banyak di temui negara kita Indonesia.

9. Majol

Kurma Majol adalah jenis kurma yang kering, akan tetapi mengandung banyak air. Meski begitu, kurma ini bisa awet hingga dua tahun asal disimpan di tempat dengan suhu di bawah -5 derajat. Kurma Majol lebih sering dikonsumsi saat masih segar.

(Baca juga: Tips Saat Puasa Bagi Ibu Hamil Menyusui)
10. Kurma Umelkhashab

Kalau kurma lain memiliki rasa manis atau kurang manis, Kurma Umelkhashab memiliki memiliki kombinasi yang sedikit berbeda yakni manis dan sedikit pahit.

Kurma Umelkhashab berasal dari Arab Saudi dengan warna yang sedikit kemerahan.

11. Halawi

Dalam bahasa Arab, Kurma Halawi sering disebut kurma ‘Holwah‘ yang berarti manis. Pasalnya kurma ini memiliki rasa yang sangat manis dibandingkan dengan jenis kurma lainnya.

12. Barhi

Kurma ini memiliki rasa manis yang biasa saja. Keunggulan kurma Barhi terletak pada masa simpannya yang panjang dan bisa dibebukan sehingga enak dikonsumsi selagi dingin.

Cocok sekali untuk teman buka puasa setelah seharian berkegiatan di cuaca Jakarta nan panas. Dari beragam jenis kurma di atas yang mana yang jadi favorit kamu?

Untuk kamu yang suka berbelanja dengan kartu kredit, kamu bisa manfaatkan promo menarik dari kartu kreditmu. Biasanya terdapat beberapa diskon untuk pembelian barang di pusat perbelanjaan tertentu. 

Dengan begitu belanja kamu jadi lebih hemat bukan?Siapa tahu ada promo menarik untuk pembelian kurma. Untuk kamu yang belum memiliki kartu kredit jangan khawatir, ajukan di CekAja.com

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.