Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini Rahasianya Agar Pekerja Lapangan Kuat Berpuasa

by Surtan Siahaan on 8 Juni, 2016

pekerjaan bergaji besar _ KPR - CekAja.com

Bagi umat Islam, berpuasa adalah suatu kewajiban di bulan Ramadan. Puasa harus dijalani para muslim tanpa memandang usia, jenis kelamin, dan pekerjaaan. Baik mereka yang bekerja di dalam ruangan maupun pekerja lapangan wajib berpuasa. Meski demikian, puasa bagi pekerja lapangan jauh lebih berat.

Selain pekerjaannya membutuhkan kerja fisik lebih keras, bekerja di luar ruangan juga harus menghadapi tantangan cuaca yang kadang tak menentu. Nah, agar para pekerja lapangan kuat berpuasa, berikut ini ada sejumlah tips yang bisa kamu terapkan agar tetap kuat berpuasa. Berikut ini tipsnya:

Minum lebih banyak air

Bagi pekerja lapangan, salah satu tantangan berat saat berpuasa adalah menahan rasa haus. Terlebih jika cuaca sedang terik dan harus melakukan kerja fisik. Sebenarnya, rasa haus adalah sinyal bahwa tubuh kekurangan cairan. Agar kamu bisa menahan rasa haus meskipun kerja lapangan, cobalah untuk meminum air lebih banyak di antara waktu berbuka puasa dan sahur.

Jika sehari sebelumnya tubuh kamu banyak mengeluarkan cairan, coba tingkatkan jumlah air putih yang kamu minum. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan, kemungkinan merasakan haus bisa diminimalisir.

(Baca juga: 5 Trik Dapat Uang Dadakan Untuk Menambah THR)

Istirahat cukup

Selama Ramadan, kamu memang menjalankan tarawih dan sahur. Namun, usahakan agar kebutuhan tidurmu tetap tercukupi. Sebab, dengan wakti istirahat yang cukup, tubuh jadi tidak mudah lelah saat harus melakukan pekerjaan fisik yang berat.

Cobalah meningkatkan kualitas tidur dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Selain itu, kurangi atau hentikan samasekali konsumsi kafein selama puasa agar istirahat kamu makin berkualitas.

Jaga kualitas makan sahur

Di hari biasa, sarapan adalah waktu bersantap paling penting. Dengan tercukupinya kebutuhan nutrisi, karbohidrat, vitamin dan mineral, orang sanggup untuk beraktivitas berat sekalipun. Pada saat puasa, momen sarapan digantikan oleh sahur.

Coba perhatikan kualitas sahur. Meskipun selera makan biasanya tidak muncul saat sahur lantaran masih terlalu pagi, jangan pernah melewatkan jam makan ini bila ingin tetap kuat puasa saat melakukan pekerjaan fisik.

Tetap berolahraga

Salah bila kamu menganggap berolahraga tidak tepat dilakukan saat puasa. Jutru dengan tetap rutin berolahraga, kamu bisa menjaga daya tahan tubuh tetap baik di saat puasa. Untuk itu cobalah tetap melakukan olahraga. Namun, sesuaikan jam dan jenis olahraga yang paling cocok dilakukan saat puasa.

(Baca juga: Lima Hal yang Seharusnya Membuat Kamu Lebih Hemat Saat Puasa)

Manfaatkan jam istirahat

Saat menjalani puasa, kamu harus menghemat energi. Usahakan untuk tidakmembuang energi pada kegiatan yang tidak perlu atau tidak berkaitan dengan pekerjaan. Nah, buat kamu para pekerja lapangan, coba untuk memanfaatkan waktu istirahat kerja dengan beristirahat.

Meskipun kamu tidak bekerja di ruangan, saat jam istirahat cobalah cari tempat yang baik untuk berteduh dan memulihkan tenaga. Dengan begini, rasa haus dan lapar yang seringkali muncul pada jam-jam kritis bisa berkurang.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami