Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini Rahasianya Kamu Bisa Dapat Rumah Murah Bersubsidi

by Surtan Siahaan on 4 Januari, 2016

rumah subsidi - CekAja.com

Memiliki rumah pribadi adalah impian semua orang, meski tidak semua orang bisa mewujudkannya. Alasannya bisa saja beragam, namun yang paling umum tentu keterbatasan dana untuk membeli rumah.

Meski lembaga keuangan menyediakan fasilitas KPR, banyak masyarakat Indonesia tetap kesulitan memiliki rumah karena harga yang semakin tak terjangkau. Untuk membantu masyarakat, tahun ini pemerintah melalui Kementerian PU dan Perumahan Rakyat membuat program sejuta rumah murah bersubsidi.

Dengan harga rata-rata rumah murah di Jabodetabek senilai Rp 126,5 juta, pemerintah berharap impian masyarakat memiliki rumah tidak lagi jadi soal. Nah, bagi kamu yang tertarik beli rumah murah bersubsidi tersebut, berikut ini langkah yang harus kamu terapkan:

Siapkan persyaratan

Tidak semua orang bisa membeli rumah ini. Sebab, program rumah murah lebih diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Jika kamu memiliki penghasilan maksimal Rp 4 juta per bulan, maka kamu orang yang tepat untuk membeli rumah ini.

Ini harus dibuktikan dengan slip gaji. Karena rumah murah hanya diperuntukkan bagi orang yang belum memiliki rumah sama sekali kamu harus melampirkan surat keterangan dari RT/RW atau instansi tempat bekerja.

Untuk pekerja sektor formal, kamu harus sudah bekerja selama minimal satu tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan dari perusahaan. Syarat lain yang harus disertakan yakni NPWP, SPT, dan PPh.

Sekadar informasi, kamu juga tidak diperbolehkan menjual rumah tersebut sebelum lima tahun yang dipertegas dnegan membuat surat pernyataan yang ditandatangani.

(Baca juga: Cara Membangun Bisnis Rumah Kos Lebih Menguntungkan)

Harga rumah

Selain harga rumah di Jabodetabek yang mencapai Rp 126,5 juta, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 113/PMK.03/2015, berikut ini kisaran harga rumah murah murah pemerintah: Pulau Jawa Rp 110,5 juta, Sumatera (kecuali Kepulauan Riau dan Bangka Belitung) Rp 110,5 juta, Sulawesi Rp 116 juta, Kalimantan Rp 121 juta.

Bali dan Nusa Tenggara Rp 126,5 juta, Papua dan Papua Barat Rp 174 juta dan Kepulauan Riau dan Bangka Belitung: Rp 116 juta.

Survei rumah

Setelah melengkapi seluruh persyaratan, kini waktunya kamu berburu Pengembang perumahan tapak sehat yang mengikuti program rumah murah. Setelah menemukan lokasi dengan pengembang yang diinginkan, lengkapi persyaratan BI cheking.

Setelah lolos BI cheking Memilih rumah tapak sehat yang dibangun dengan Pengembang yang bekerjasama dengan program FLPP. Selanjutnya, ajukan kredit atau pembiayaan ke bank yang ditunjuk pengembang.

(Baca juga: Bisnis Rumah Kontrakan: Cara Memulai dan Untung Ruginya)

Lokasi rumah murah

Menurut Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin di Jakarta, seperti dikutip dari JPNN.com (18/6), program rumah bersubsidi dapat ditemukan di seluruh wilayah Indonesia.

Agar lebih mudah mencari lokasi dan pengembang yang mengikuti program ini, disarankan untuk mengkases website yang disediakan pemerintah yakni sejutarumah.id. Dengan mengakses Web ini, kamu akan memperoleh data tentang lokasi pembangunan rumah dari berbagai provinsi di Indonesia mulai Aceh hingga Papua.

Berikut nama kompleks perumahan, lokasi, jumlah unit serta pengembang.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami