Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini Rekomendasi Wisata Kuliner Enak dan Murah di Medan

by Ayunindya Annistri on 25 Oktober, 2019

Medan selalu berhasil memikat hati para pelancongnya. Selain menonjolkan keindahan alam, ibu kota provinsi Sumatera Utara ini juga terkenal akan wisata kuliner enak dan murah. 

Jika biasanya kamu berburu wisata kuliner di pusat perkotaan atau restoran mewah, maka menikmati kuliner kaki lima bisa jadi alternatif yang menyenangkan dan patut kamu coba. Selain harganya murah, porsi yang ditawarkan warung kaki lima pun biasanya jauh lebih banyak.

Daripada penasaran, yuk simak rekomendasi warung kaki lima yang menjual kuliner enak dan murah di Medan, dengan harga tidak lebih dari Rp 50 ribu.

1. Roti Tisu Martabak Gapa, Perniagaan

Kalau makanan yang satu ini memang patut kamu cicipi saat menyambangi kota Medan. Berada di Jalan Perniagaan No. 15, Kesawan, warung kaki lima ini menyuguhkan beberapa kudapan manis dan asin yang sangat lezat.

Salah satu yang terkenal adalah roti tisu. Perpaduan rasa manis gurih dari lelehan susu cokelat yang dibalur dengan taburan keju melimpah bakal membuat kamu ketagihan untuk terus memesan roti tisu ini.

2.  Lontong Kak Lin

Satu lagi tempat wisata kuliner enak dan murah di Medan yaitu Lontong Kak Lin. Sesuai dengan namanya, warung kaki lima yang berada di Jalan Teuku Cik Ditiro ini menjual sajian lontong khas Medan yang bisa kamu nikmati mulai dari pukul 7 pagi.

Tak hanya lontong, warung Kak Lin juga menjual sate kerang dan aneka lauk sayur lainnya untuk kamu cicipi. Harga seporsinya sangat murah, kamu cukup membawa uang Rp10 ribu hingga Rp20 ribu untuk menikmati seporsi lontong kari.

(Baca juga: Lima Makanan Penjaga Stamina Buat Kamu yang Ikut Kawal MK)
3. Pokat Kocok Bu Lia

Cuaca panas di Medan yang terkenal menyengat memang paling cocok diademkan dengan mencicipi pokat kocok dari warung Bu Lia yang berada di Jalan KL Yos Sudarso.

Cara penyajiannya sangat unik, karena cuma di warung ini kamu bisa melihat buah alpukat dihancurkan bukan dengan blender, melainkan alat kocok kue. Untuk satu porsinya sendiri, pokat kocok dibanderol dengan harga Rp 9 ribu.

4. Mie Gomak Pasar Balige

Ingin mencicipi spaghetti ala suku Batak? Datangi saja pasar Balige yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Balige, Kabupaten Toba Samosir. Di pasar ini, kamu akan menemukan aneka sajian mie gomak dari harga Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu keatas.

Uniknya, mie gomak hanya dibuat di Sumatera Utara dan biasa disebut mie lidi oleh penduduk sekitar. Selain dimakan bersamaan dengan kuah lontong atau bumbu kacang pedas, mie gomak juga tetap enak dinikmati secara langsung.

5. Kedai Kopi Apek

Pecinta kopi pasti sudah tak asing lagi dengan Kedai Kopi Apek. Tempat wisata kuliner enak dan murah di Medan ini menghidangkan aneka kopi tradisional dengan harga murah yakni sekitar Rp15 ribu hingga Rp20 ribu.

Kopi ini cocok sebagai minuman pelengkap kala menikmati martabak telur dan roti bakar.

Terletak di Jalan Hindu No. 37, Kesawan, Kedai Kopi Apek sudah terkenal sejak tahun 1922. Maka tak heran kedai kopi ini memiliki interior desain yang bernuansa vintage dan tentunya bisa bikin kamu serasa kembali pada zaman dahulu.

6. Bakso Aston

Medan memang memiliki banyak penjual bakso, akan tetapi ada satu warung kaki lima yang paling terkenal karena kelezatannya yaitu Bakso Aston.

Warung bakso yang ada di ujung Jalan Raden Saleh tepatnya di sebrang hotel Aston ini menawarkan seporsi bakso dengan harga relatif murah Rp10 ribu yang tentunya pas untuk kamu yang berkantong tipis.

(Baca juga: Ini 4 Hotel Murah untuk Keluarga di Banjarmasin. Ada yang Dibawah 100 Ribu!)
7. Mie Ayam Jamur Amigos

Selain bakso, kamu juga bisa menikmati semangkuk mie ayam dari warung Mie Ayam Jamur Amigos. Menurut penjualnya sendiri, nama Amigos yang digunakan bukan berasal dari bahasa Spanyol, melainkan singkatan dari kata “Agak Minggir Got Sikit”.

Meski begitu, warung mie ayam yang terletak di jalan Abdullah Lubis ini tak pernah sepi dari konsumen dan cita rasanya bisa dibilang tak kalah lezat dengan mie ayam ala restoran mewah.

Untuk satu porsinya, kamu hanya perlu membayar Rp12 ribu saja. Murah bukan?

8. Teh Susu Telur Pak Haji

Selain untuk menghangatkan tubuh, Teh Susu Telur Pak Haji konon katanya berkhasiat baik untuk menambah vitalitas. Warung kaki lima yang berada di Jalan Puri Kota Matsum IV ini memang sedap diminum pada malam hari.

Perpaduan antara telur, susu dan teh yang kuat menjadi alasan warung ini banyak didatangi oleh masyarakat sekitar dan tak jarang pula pelancong ikut mencicipi keunikan rasa dari Teh Susu Telur Pak Haji.

9. Rujak Kolam Takana Juo

Rujak memang bisa kamu temukan dimana saja, tetapi setiap provinsi memiliki cara tersendiri dalam menghidangkan makanan yang diolah dari berbagai buah-buahan ini.

Salah satu yang paling terkenal dan katanya berbeda dengan rujak biasa adalah Rujak Kolam Takana Juo. Yang membuat rujak ini berbeda sebenarnya dari sambal ulegnya. Pelengkap teman makan rujak bergaya Minang ini dibuat dengan gula merah dan kacang.

Untuk menikmati satu porsi rujak kolam yang harganya cukup terjangkau, hanya Rp18 ribu, kamu bisa mendatangi daerah Jalan Mahkamah seberang Masjid Raya Medan.

Kalau tertarik menjajal kelezatan Rujak Kolam Takana Juo, kamu bisa datang di pagi hari yaitu pukul 10 pagi. Karena biasanya semakin malam, warung makan ini ramai dikunjungi masyarakat.

10. Kerang Rebus Sumatera

Tempat wisata kuliner enak dan murah di Medan yang terakhir adalah Kerang Rebus Sumatera. Warung kaki lima yang cukup terkenal dikalangan pecinta seafood ini berada di Jalan Arteri Ring Road, Nomor 107, Tj. Rejo.

Varian yang dihidangkan di warung Kerang Rebus Sumatera cukup beragam, ada kerang bulu, kerang ijo, kerang dara, kerang panggang pulut, kerang piso lipat dan siput macam.

Untuk penyajiannya, kerang rebus tersebut diletakkan di atas piring kecil bersama dengan sambal pedas yang bisa kamu cocol sepuasnya. Satu porsi kerang rebus bisa kamu nikmati mulai dari harga Rp 15 ribu.

Itulah sederet tempat wisata kuliner enak dan murah di Medan. Bagaimana murah meriah bukan? Yuk segera tetapkan liburan akhir tahunmu bersama kerabat terdekat dengan berkunjung ke Medan.

Sebelum liburan, jangan lupa untuk menggunakan asuransi perjalanan dari CekAja.com ya. Akses sekarang dan pilih asuransinya yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau