Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini Rencana Keuangan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

by Surtan Siahaan on 13 Januari, 2016

Mendapatkan anak berkebutuhan khusus bukanlah penderitaan. Seperti apapun kondisinya, anak adalah anugrah yang harus dirawat sebaik mungkin. Namun, seringkali orang tua menjadi putus asa begitu mengetahui anak yang dilahirkannya tidak seperti kebanyakan.

Maklum, ada banyak kebutuhan mulai dari pendidikan, biaya perawatan/terapi, obat hingga pendidikan khusus yang harganya cukup mahal. Agar kondisi keuangan tetap stabil dan anak berkebutuhan khusus terjamin hidupnya orang tua harus melakukan perencanaan keuangan khusus.

Sebagai masukan, berikut ini langkah yang harus dilakukan jika memiliki anak berkebutuhan khusus:

(Baca juga: Ini Biaya Kesehatan yang Harus Kamu Tanggung Bila Pensiun Tanpa Asuransi)

Buat target finansial

Target finansial tidak hanya diperlukan untuk keadaan normal. Sebab, meskipun kamu memiliki anak berkebutuhan khusus, tidak berarti mimpi-mimpi yang sudah disusun sebelumnya harus buyar. Justru sesuaikanlah, kondisi baru ini dengan gol yang sebelumnya sudah dibuat.

Tetapkan mimpi apa yang kamu inginkan untuk anakmu kelak. Bagaimana dia dirawat, di mana dan berapa lama dia akan sekolah, hidup seperti apa yang dijalankannya? Itu adalah contoh impian-impian yang harus kamu tetapkan lebih dulu.

Buat dana perwalian anak berkebutuhan khusus

Special need trust atau dana perwalian untuk anak berkebutuhan khusus adalah bagian penting dari rencana keuangan jangka panjang ini. dana perwalian inilah yang nantinya akan mengelola tabungan, pensiun hingga dana pertanggungan asuransi untuk kebutuhan anak setelah kamu meninggal dunia.

Langkah ini juga akan membuat orang tua tenang karena anak yang nantinya kamu tinggalkan, dipastikan selalu mendapat kebutuhannya. Anggotanya bisa berasal dari keluarga, teman atau profesional seperti advokat.

Buat surat wasiat

Temui advokat atau notaris untuk merancang surat wasiat. Bantuan profesional inilah yang nantinya akan memastikan aset yang dimiliki orang tua jatuh pada dana perwalian. Carilah konsultan hukum yang biasa menangani kasus seperti ini.

Cari pengasuh

Pengasuh atau penjaga adalah orang yang bertanggungjawab mengurus anak ketika orang tuanya meninggal. Sebelum menjatuhkan pilihan, carilah orang yang paling kamu kenal dan punya komitmen untuk mengurus anakmu. Jika dimungkinkan, cari dulu dari lingkungan keluarga besar.

(Baca juga: Biaya Kesehatan Wanita Tidak Sedikit, Ini Alasannya)

Buat tabungan khusus

Anak berkebutuhan khusus akan memiliki lebih banyak kebutuhan dibandingkan anak kebanyakan. Pastikan selalu dana untuk membiayai segala macam kebutuhannya mulai dari terapi, biaya sekolah, hingga kebutuhan sehari hari.

Alokasikan dana sebanyak mungkin. Targetkan berapa dana yang akan kamu miliki untuk membiayai anak. Dengan memilii target, orang tua juga akan dimudahkan untuk membuat perencanaan hidup bagi si anak.

Daftar asuransi

Asuransi jiwa adalah hal wajib yang harus kamu miliki jika dikaruniai anak berkebutuhan khusus. Sebab, tidak ada jaminan anak akan memiliki biaya untuk menghidupi dirinya ketika orang tua sudah tidak ada.

Biasanya asuransi jiwa dengan manfaat tambahan seperti itu akan lebih mahal, namun percayalah manfaatnya akan setimpal dengan pengorbanan yang dilakukan untuk membayar premi.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami