Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini Risiko yang Muncul Jika Kebanyakan Makan Daging!

by Achmad Fauzi on 24 Agustus, 2018

Biasanya pada Hari Raya Idul Adha, Anda akan dibanjiri oleh daging sapi atau kambing. Hal itu merupakan bagian dari tradisi hari raya memotong hewan kurban. Nah, daging hasil kurban tersebut umumnya diolah menjadi sajian yang enak nan lezat.

makanan tradisional

Tapi ingat, konsumsi daging secara berlebihan memiliki efek yang tidak bagi bagi tubuh. Salah satunya adalah bau yang tidak sedap pada tubuh Anda. Selain itu juga terdapat beberapa efek lainnya, simak yuk!

Bau mulut dan badan

Mengkonsumsi daging memang sangat baik untuk menurunkan berat badan secara perlahan, tetapi hal ini menimbulkan bau pada mulut Anda. Karena saat mengkonsumsi daging akan membuat tubuh membakar lemak.

(Baca Juga : INTERVIEW: Kiat Sukses Bisnis Hewan Kurban ala H. Doni)

Nah pembakaran lemak dalam tubuh yang terlalu banyak ini akan menghasilkan bahan kimia yang dinamakan keton. Keton inilah yang menyebabkan bau pada mulut Anda.

Selain itu, berdasarkan studi yang dipublikasikan di di jurnal Chemical Senses menunjukkan bahwa orang yang tidak memakan daging memiliki bau badan yang lebih baik daripada orang yang terlalu banyak memakan daging.

Masalah pencernaan

Masalah pencernaan juga akan timbul jika Anda sering konsumsi sajian berbahan daging. Karena, daging tidak memiliki serat yang dicerna oleh tubuh, sehingga Anda akan mengalami susah buang air besar.

(Baca Juga : Fakta-fakta tentang Joni, Bocah Pemanjat Tiang Bendera)

Maka dari itu, untuk melancarkan pencernaan, Anda perlu mengkombinasikan sajian dengan banyak sayuran. Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan setelah memakan daging.

Berat badan naik

Memang memakan sajian berbahan daging bisa menjadi solusi untuk menurunkan berat badan, tapi  hal itu hanya bersifat seementara. Efek selanjutnya adalah berat badan Anda perlahan tapi pasti mulai merangkak naik.

Hal itu terjadi lantaran tubuh akan mendapatkan protein yang lebih banyak. Sehingga bukannya berat badan turun malah merangkak naik.

Kanker

Anda juga akan menghadapi risiko kanker jika terlalu banyak konsumsi sajian berbahan daging. Salah satunya, terkena kanker usus. Menurut penelitian dari Harvard University, jika seseorang makan sajian daging lebih dari 3 kali sehari, maka akan berisiko terkena kanker usus.

Cepat lelah

Tubuh Anda akan mudah cepat lelah, jika Anda sering memakan sajian berbahan daging. Karena tubuh akan membutuhkan tenaga yang besar untuk mencerna daging. Seperti Anda ketahui, daging merupakan makanan yang sulit dicerna.

(Baca Juga : Atlet Juga Bisa Sukses Berbisnis, Ini Buktinya!)

Selain cepat lelah, Anda juga akan sering terasa pusing sebab kurangnya aliran darah ke otak, akibat tubuh yang bekerja keras untuk mencerna daging.

Itulah beberapa risiko yang ditimbulkan jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi sajian berbahan daging. Anda hanya perlu mengkombinasi bahan makanan lain yang mempunyai serat yang tinggi agar tidak terkena risiko tersebut. Dan jangan lupa mengkonsumsi buah-buahan.

Tentang Penulis

Achmad Fauzi

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami