Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Ini Tanda Bahwa Ponsel Anda Perlu di Ganti

by Miftahul Khoer on 18 Oktober, 2018

Banyak yang bilang ponsel zaman sekarang lebih cepat rusak dibandingkan dengan ponsel zaman dulu. Mungkin jawabannya bisa iya dan juga bisa tidak.

smartphone 2018

Namun kalau melihat dari fitur-fitur yang ada pada ponsel zaman sekarang yang sebagian besar sistem operasinya sudah menggunakan Andorid atau iOs, fungsi dan kegunaannya pun semakin banyak.

Maka menjadi wajar jika ponsel zaman sekarang sering cepat rusak. Nah, kalau begitu, kapan waktu yang tepat untuk ganti ponsel. Simak ulasannya berikut ini.

(Baca juga: Dibanding Hanya Chat dan Socmed, Ini yang Bisa Ponsel Pintarmu Lakukan)

Ponsel sering ngehang

Bagi Anda yang setiap hari menggunakan ponsel sebagai alat komunikasi, kerja atau sekedar hiburan pasti sering kesal ketika ponsel sudah ngehang. Bukan hanya mengganggu aktivitas, ponsel ngehang juga bahkan sering merugikan bagi sebagian orang yang bekerja menggunakan ponsel.

Misalnya, seorang pengusaha online shop, admin media sosial, bahkan gamer profesional pasti bakal terganggu jika ponselnya sering ngehang. Maka dari itu, Anda sudah harus ganti ponsel jika mengalami kasus seperti ini.

(Baca juga: Cara Berhemat dengan Memanfaatkan Rekening di Ponsel)
Layar kaca retak

Pernah mengalami layar kaca ponsel retak atau bahkan pecah karena tak sengaja terjatuh? Ya, tentu saja jika layar ponsel Anda retak atau pecah akan sangat mengganggu aktivitas komunikasi atau bisnis Anda.

Sebaiknya, jika mengalami hal ini, Anda harus sesegera mungkin mengganti ponsel. Kalau tidak, komunikasi atau bisnis Anda yang tergantung pada ponsel bisa terus terganggu.

Mulai lemot

Penggunaan ponsel setiap hari serta banyaknya aplikasi yang diunduh bakal membuat performa ponsel Anda lemot. Bukan hanya karena kurangnya memori, ponsel lemot juga disebabkan banyaknya aplikasi yang sedang berjalan.

Ingat, hampir setiap aplikasi ponsel selalu update untuk setiap versinya. Dengan adanya update tersebut kapasitas aplikasinya pun cenderung terus bertambah. Dengan demikian untuk mendukung kinerja di ponsel Anda, sebaiknya memang harus mulai diganti.

(Baca juga: Lewat Ponsel, Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lebih Mudah)
Baterai cepat habis

Performa baterai di semua ponsel pasti akan selalu berkurang. Sering menggunakan ponsel untuk media sosial, game, melihat video bakal berdampak pada performa baterai.

Parahnya lagi, jika baterai sering cepat habis. Kadang pengguna ponsel mengisi daya baterai berjam-jam tapi ketika dipakai tak sampai satu jam sudah habis lagi.

Jika mengalami kasus ini maka sebaiknya Anda sudah harus membeli ponsel yang baru. Kalau tidak, Anda akan dibuat terus kesal.

(Baca juga: 6 Aplikasi Kultum Singkat Bagi Pengguna Ponsel Pintar Android)
Jaringan kurang update

Sebagian besar ponsel yang dikeluarkan saat ini sudah difasilitasi fitur internet. Namun, kalau ponsel Anda masih didukung jaringan maksimal 3G, maka ponsel Anda sudah ketinggalan zaman.

Sekarang sudah eranya jaringan 4G di mana performa internet semakin cepat. Belum lagi dalam waktu dekat ini sedang disiapkan jaringan 5G yang akan mendukung aktivitas berselancar Anda. Jadi jika ponsel Anda masih 3G, maka segeralah beralih ke yang lebih canggih.

(Baca juga: 7 Cara Mudah Merawat Ponsel)
Speaker dan kamera sudah gak bersahabat

Sering mengalami saat menelepon suara kecil atau ketika mendengarkan musik di ponsel suranya tidak keluar? Ya, ini sudah pasti ada yang tidak beres di speaker Anda. Kemungkinan speaker ponsel Anda sudah jebol.

Bukan hanya speaker, kamera Anda juga sudah ketinggalan zaman karena sudah tidak menghasilkan gambar yang bagus. Maka sudah saatnya Anda ganti ponsel yang baru.

Ponsel keluaran baru bermunculan

RAM dan memori penyimpanan data di ponsel Anda masih di bawah 1 GB? Wah, kemana saja. Coba periksa ponsel teman-teman Anda, RAM dan memorinya sudah lebih dari 2 GB. Dan ternyata inilah yang bikin ponsel teman-teman Anda berlari kecang jauh ketimbang ponsel Anda yang berjalan lemot seperti siput.

Memang, kegunaan ponsel yang utama adalah sebagai alat komunikasi. Di mana Anda bisa saling berbicara di udara atau saling berkirim pesan. Namun, jika aktivitas sehari-hari Anda sangat bergantung kepada ponsel, maka sudah saatnya Anda harus ganti telepon genggam Anda dengan yang lebih mendukung kinerja Anda.

Jangan salah, ketika teknologi terbaru banyak bermunculan dan mendukung aktivitas Anda, maka Anda pun akan diuntungkan dengan adanya perkembangan zaman tersebut. Asalkan Anda memang benar-benar memanfaatkan teknologi seperti ponsel terbaru sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan sampai sering gonta-ganti ponsel baru hanya sekedar untuk gengsi dan gaya-gayaan. Nah, jika memang butuh panduan finansial untuk membeli ponsel baru, Anda bisa akses CekAja.com sekarang juga. Yuk Cek!

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.