Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

2 menit waktu bacaan

Ini Tandanya Perusahaan Tempat Kamu Bekerja Akan Bangkrut

by Surtan Siahaan on 19 February, 2016

Betapa ngerinya membayangkan perusahaan yang sudah kita tempati bertahun-tahun bangkrut dan berhenti beroperasi. PHK pun terjadi dan hilangnya mata pencaharian membayang di depan mata.

Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah secepatnya mencari pekerjaan baru. Bila perlu, kita harus sudah pindah ke tempat baru sebelum perusahaan bangkrut. Memang, kondisi ekonomi yang sulit membuat banyaki perusahaan terpukul dan bangkrut.

Agar kita tidak menghalami PHK, sebenarnya ada cara untuk mengidentifikasi perusahaan terancam bangkrut. Mau tahu lebih lanjut? mari simak ulasnya.

Perusahaan tidak menambah karyawan meski banyak yang keluar

Jika banyak sesama karyawan yang resign di kantormu itu hal yang biasa. Semua perusahaan tentu mengalami hal ini. Namun, kalau kepergian sejumlah karyawan tidak diikuti rekrutmen karyawan baru, bisa jadi perusahaan kamu tengah melakukan penghematan.

Parktis hal ini akan memberatkan karena beban pekerjaan semakin bertambah berat.

(Baca juga: Langkah Mudah Klaim BPJS Ketenagakerjaan)

Perusahaan mengurangi bonus

Biasanya perusahaan yang berada dalam kondisi stabil akan memberikan banyak insentif selain gaji dan THR. Contohnya seperti bonus kinerja. Perhatikan besaran bonus yang kamu terima.

Bila jumlahnya semakin berkurang tiap tahun dan bahkan ada rencana untuk menghilangkan bonus, bisa jadi keuangan perusahan tengah bermasalah. Sebaiknya, kamu mulai menyusun CV dan mencari pekerjaan baru.

Mulai mengurangi fasilitas kantor

Fasilitas kantor seperti kendaraan, peralatan kerja bahkan alat-alat hiburan biasanya disediakan perusahaan untuk mendukung kinerja. Kalau kantor kamu mulai mengurangi fasilitas cari tahu terlebih dahulu alasannya pada HRD atau atasan.

Bisa jadi pengurangan fasilitas dilakukan karena justru membuat pekerja tidak produktif. Namun, bila penjelasannya tidak memuaskan, kamu bisa curiga pengurangan fasilitas ini berhubungan dengan kondisi keuangan perusahaan.

Pembayaran gaji makin sering telat

Jika gaji yang kamu terima telat sehari-dua hari itu tidak masalah. Namun, kalau transfer gaji bisa tertunda hingga sepekan atau dua pekan, itu sudah tanda-tanda bahwa perushaan kesulitan cash flow. Sebaiknya cari pekerjaan baru.

(Baca juga: 7 Penyebab Interview Kerja Gagal Meski Sudah Pengalaman)

Menjual aset besar-besaran

Aset adalah hal paling penting dalam keuangan sebuah perusahaan. Biasanya aset digunakan untuk melakukukan pinjaman perbankan. Jika aset sudah dilego secara besar-besaran, janbgan-jangan perusahaan tidak mampu lagi membayar utang.

Kalau kondisinya sudah separah ini, jangan harap perusahaan bisa bertahan lebih lama lagi.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami